Cara Membuat Link WA Dengan Bitly Di IG & Tiktok Untuk Olshop

  • Share
Cara membuat link WA

BantenDay.co.id – Memulai obrolan langsung di aplikasi Whatsapp bisa dilakukan dengan cara membuat link WA terlebih dahulu. Ketika membuka link yang dimaksud, anda bisa langsung melakukan obrolan dari nomor yang telah disematkan di dalamnya. Seperti yang diketahui, ketika ingin memulai obrolan atau chatting di aplikasi Whatsapp, tentunya anda harus menyimpan nomor kontak terlebih dahulu. Namun dengan adanya fitur baru yang bernama ‘click to chat’, cara kuno tersebut tidak dibutuhkan lagi. Akan tetapi harus tetap menggunakan link sebagai media utamanya.

Whatsapp menjadi aplikasi penting bagi pengusaha, terutama yang bergerak dalam bisnis online. Fitur yang ditawarkan cukup bervariasi dan semuanya dibutuhkan untuk kelancaran komunikasi dengan calon pelanggan. Misalkan saja ketikan anda memasarkan produk atau jasa, pasti harus mencantumkan nomor kontak yang harus dihubungi. Whatsapp adalah salah satu yang paling banyak digunakan sebagai nomor kontak dengan calon pelanggan tersebut.

Bagaimana jika ketika mereka ingin menghubungi anda yang akan menanyakan sesuatu yang ditawarkan, namun harus menyimpan kontak terlebih dahulu? Jika anda di posisi mereka, apa yang anda rasakan? Tentunya malas bukan? Hal yang anda inginkan tentunya langsung bisa menghubungi mereka dengan nomor kontak yang dicantumkan.

Kehadiran fitur ‘click to chat’ seakan menjawab kebutuhan anda demi kelancaran bisnis atau usaha yang sedang dijalankan. Dengan demikian, calon konsumen bisa menghubungi dengan cara yang mudah dan praktis. Namun tetap saja anda harus mengetahui bagaimana cara membuat link WA yang menuju chat langsung.

Bagaimana Cara Membuat Link WA?

Link WA umumnya digunakan sebagai nomor kontak dari promosi atau pemasaran yang dilakukan. Di era teknologi digital yang semakin berkembang saat ini, promosi seringkali dilakukan melalui media sosial, baik itu Facebook, Instagram, atau bahkan di sebuah situs pribadi. Beberapa pelaku bisnis online yang masarkan produk mereka di online shop seperti Shopee juga membutuhkan fitur ini.

Baca Juga :   Cara Ganti Password Wifi IndiHome ZTE Lewat HP Android Terbaru 2021

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat link Whatsapp, yang penting anda harus tahu menggunakan media apa. Maksud dari media tidak lain yaitu sebuah situs yang nantinya mengarahkan calon konsumen ke nomor chat Whatsapp anda. Berikut beberapa metode yang bisa dilakukan!

1. Cara Membuat Link WA Me

Cara yang paling sering anda temu pastinya dengan situs atau layanan resmi dari pengembang Whatsapp itu sendiri. Ya, WA.me adalah situs atau cara pertama yang bisa anda coba. Karena resmi dari pihak Whatsapp LLC, tentunya tidak harus ada kekhawatiran pada diri anda bukan? Berikut langkah yang bisa anda lakukan!

  1. Buka aplikasi Notes di perangkat HP atau notepad pada perangkat PC.
  2. Copy link berikut https://wa.me/nomorHP dan paste di aplikasi yang telah disiapkan tadi.
  3. Anda juga bisa menggunakan format berikut https://api.whatsapp.com/send?phone=nomorHP.
  4. Ganti tulisan nomorHP dengan nomor yang ingin anda gunakan sebagai kontak layanan.
  5. Penting untuk diketahui, penulisan nomor harus sesuai dengan kaidah internasional, jadi menggunakan 62, bukan 0.
  6. Contoh yang benar seperti ini, https://wa.me/628098765432 atau https://api.whatsapp.com/send?phone=628098765432.

2. Membuat Link WhatsApp di Instagram dengan Bitly

Menggunakan situs Bitly memiliki keuntungan tersendiri, yaitu URL yang didapat lebih pendek sehingga mudah diingat. Meskipun demikian, anda tetap harus menggunakan link Whatsapp yang sudah jadi. Kami beri contoh cara membuat link WA di Bitly dengan menggunakan link yang sudah jadi diatas ya!

  1. Buka aplikasi browser di laptop atau PC.
  2. Kunjungi situs https://bitly.com.
  3. Masukkan link WA yang sudah jadi diatas pada kolom yang tersedia (Shorten your link).
  4. Klik ‘shorten’.
  5. Link yang anda masukkan tadi sudah berubah menjadi lebih pendek, silahkan copy dan masukkan di bio Instagram.
Baca Juga :   5 Cara Download Story IG Dengan & Tanpa Aplikasi Terbaru 2021

3. Tutorial Membuat Link WA di Linktree

Cara membuat link WA selanjutnya bisa  dilakukan dengan menggunakan situs Linktree. Cara yang satu ini juga sangat ampuh untuk digunakan pada akun media sosial, terutama IG dan Facebook. Caranya? Simak baik-baik ya!

  1. Buka aplikasi browse di HP atau PC, kemudian kunjungi website https://linktr.ee.
  2. Sign up (daftar akun) jika masih belum punya, jika suda punyai bisa langsung login.
  3. Klik tombol dengan tulisan ‘Add New Link’.
  4. Masukkan informasi yang diminta, pada bagian ‘alamat link’, maksudnya ialah alamat link WA yang sudah jadi seperti pada contoh pertama.
  5. Setelah semua kolom terisi, anda bisa copy hasilnya.

4. Cara Membuat Link WA Grup

Selain bisa digunakan untuk chat langsung dengan nomor pribadi, anda juga bisa membuat link WA grup. Caranya tidak sama ketika menggunakan nomor seperti diatas. Dalam hal ini, anda tidak memerlukan link WA.me untuk mendapatkan link nya. Tetapi pastikan bahwa anda menjadi admin pada grup yang dimaksud.

  1. Buka aplikasi Whatsapp.
  2. Silahkan menuju grup yang ingin dibagikan link nya.
  3. Tap pada nama grup.
  4. Tekan ‘undang ke grup via tautan’.
  5. Pilih ‘salin tautan’.
  6. Silahkan bagikan link WA grup tersebut.

Meskipun tidak memerlukan wa.me link seperti pada langkah pertama, namun anda tetap bisa menggunakan short link WhatsApp jika ingin memendekkan link yang didapat.

Penutup

Usai sudah pembahasan mengenai cara membuat link WA yang maki rasa sudah cukup mendetail. Intinya, jika ingin membuat link untuk media promosi atau apapun, proses yang wajib dilalui yakni menggunakan situs resmi dari Whatsapp, yakni wa.me.

  • Share