Cara Kompres Video Di HP Android & Laptop Agar Bisa Dikirim WA

  • Share
Cara Kompres Video

BantenDay.co.id – Mengecilkan ukuran video, atau dikenal juga dengan istilah kompres bisa dilakukan dengan berbagai metode. Satu hal yang pasti, kita harus tahu bagaimana cara kompres video tersebut sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Metode yang dimaksud yaitu dengan menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi tambahan. Baik itu ketika melakukannya pada perangkat Android maupun laptop atau PC.

Semakin berkembangnya teknologi digital dengan penggunaan kamera yang mempunyai resolusi tinggi, tentunya menghasilkan kualitas video yang jernih, tajam dan detail. Seiring dengan kualitas tersebut, pastinya kapasitas yang dibutuhkan juga semakin besar. Jika digunakan untuk koleksi pribadi mungkin tidak terlalu masalah, namun jika dibagikan di beberapa media sosial atau aplikasi pesan online, tentunya menjadi masalah.

Sebagai pemilik video, waktu yang dibutuhkan untuk upload video dengan kapasitas besar pastinya lebih lama. Koneksi atau jaringan kuota internet yang dibutuhkan juga semakin besar. Artinya, kuota yang dibutuhkan untuk upload video dengan kapasitas MB yang besar bisa semakin lama dan menghabiskan kuota.

Sedangkan untuk penerima video, atau seseorang yang ingin download video yang dibagikan tersebut, juga mengalami hal yang sama. Itulah kenapa banyak yang ingin mencari alternatif bagaimana cara kompres video sehingga mempunyai ukuran lebih kecil, tentunya tidak mengurangi kualitas video tersebut.

Bagaimana Cara Kompres Video di Laptop?

Salah satu cara memperkecil ukuran video bisa dilakukan di laptop, seperti yang sudah disinggung diatas. Dengan salah satu perangkat PC ini, anda bisa menggunakan aplikasi, atau yang lebih dikenal dengan software. Cara lain juga bisa dilakukan tanpa software atau program tambahan, tentunya menggunakan situs atau website sebagai gantinya.

Baca Juga :   Cara Registrasi Kartu Telkomsel Secara Online Dan Lewat SMS

1. Cara Kompres Video di Laptop tanpa Aplikasi

Oke, kita bahas dulu bagaimana cara mengecilkan kapasitas video di laptop tanpa aplikasi tambahan. Seperti yang disebutkan diatas, anda harus menggunakan situs yang menyediakan layanan video kompres. Salah satunya bisa menggunakan videosmaller.com, lebih jelasnya silahkan ikuti langkah berikut!

  1. Buka browser di PC atau laptop, kemudian kunjungi https://www.videosmaller.com.
  2. Klik tulisan ‘browse’ pada kolom kuning untuk upload file video yang ingin di kompres.
  3. Sesuaikan menu yang disediakan dengan kebutuhan.
  4. Pilih skala video output.
  5. Centang bagian ‘Remove audio from video’ jika ingin menghilangkan suara pada video yang di kompres. Anda bisa membiarkan secara default jika tetap ingin menggunakan suara.
  6. Klik ‘upload video’ dan tunggu proses selesai.
  7. Jika proses upload dan kompres sudah selesai, klik ‘link download file’ untuk menyimpan di hardisk.

2. Memperkecil Ukuran Video dengan Aplikasi Kompres Video PC

Jika mengecilkan video tanpa aplikasi mengharuskan anda harus terhubung dengan koneksi internet, berbeda dengan menggunakan aplikasi kompres video PC. Anda tidak memerlukan jaringan internet untuk melakukannya.

Hal ini dikarenakan aplikasi atau program yang dimaksud sudah terpasang pada perangkat PC tersebut. Jadi akan sangat berguna jika sewaktu-waktu anda sedang tidak mempunyai hubungan internet pada perangkat yang dimaksud. Salah satu aplikasi yang dimaksud yakni HandBrake, silahkan anda download kemudian ikuti instruksi penggunaan berikut!

  1. Buka software atau aplikasi HandBrake yang sudah diinstal tadi.
  2. Pilih menu ‘file’ kemudian lanjutkan dengan klik ‘open’ untuk memilih video yang akan di kompres.
  3. Atur dan sesuaikan hasil video nantinya pada menu ‘video’ yang ada di aplikasi tersebut.
  4. Anda bisa mengatur dimana hasil akan tersimpan pada menu ‘Destination’.
  5. Jika sudah yakin pengaturan sudah sesuai, klik ‘Start Encode’.
  6. Tunggu proses selesai hingga muncul ‘Queue Finished’.
Baca Juga :   Cara Beli Chip Ungu Higgs Domino Island Pakai Pulsa, OVO, Dana, Dll

Kompres Video Online Tercepat di HP

Perangkat HP merupakan salah satu yang selalu berada di sisi kita, jika ingin kompres video online tercepat, anda bisa menggunakan HP, baik itu Android maupun IPhone. Sama halnya dengan perangkat laptop, anda bisa mengecilkan ukuran video di Android tanpa aplikasi dan dengan aplikasi, begitu juga dengan perangkat iPhone.

1. Kompres Video di Android Online tanpa Aplikasi

Untuk memperkecil ukuran video di Android tanpa aplikasi, anda bisa menggunakan bantuan website youcompress.com. Menurut kami, layanan yang diberikan situs tersebut cukup bagus dengan tampilan yang sederhana. Selain untuk Android, situs tersebut bisa juga untuk perangkat iPhone.  Berikut cara detail agar anda tidak bingung!

  1. Buka aplikasi browser di HP Android atau iPhone.
  2. Kunjungi https://www.youcompress.com.
  3. Tap tulisan ‘select file’.
  4. Pilih video yang ingin anda kompres.
  5. Tekan ‘upload file & compress’ dan tunggu proses pengecilan selesai.
  6. Download file hasil dari kompres tadi.

2. Mengecilkan Ukuran Video di iPhone dan Android

Metode terakhir sebagai cara kompres video di iPhone dan Android yaitu menggunakan aplikasi tambahan. Sebenarnya banyak aplikasi yang dimaksud, namun kami merekomendasikan VidCompress karena bisa digunakan di Android maupun iPhone.

  1. Buka aplikasi Playstore (pengguna Android), dan AppStore (pengguna iPhone).
  2. Tuliskan VidCompress pada kolom pencarian.
  3. Klik ‘install’ dan tunggu proses pemasangan selesai.
  4. Buka aplikasi VidCompress yang sudah terinstal tadi.
  5. Pilih menu ‘compress’.
  6. Cari video yang akan di kompres.
  7. Klik ‘OK’ untuk proses pengecilan.
  8. Terakhir, tab ikon ‘download’ dan hasil otomatis tersimpan di galeri.

Penutup

Banyak sekali cara kompres video yang bisa dilakukan, baik itu menggunakan perangkat ponsel pintar atau PC. Tidak perlu bingung harus menggunakan metode yang mana, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda saat itu. Karena semua cara yang digunakan memberikan hasil yang hampir sama, hanya dari langkahnya saja yang berbeda.

  • Share