Cara Edit PDF Secara Online Gratis Di HP Dan Laptop

  • Share
Edit PDF Online

BantenDay.co.id – Edit PDF online bisa dilakukan dengan beberapa cara, asalkan tahu dimana tempat untuk mengeditnya. Seperti yang diketahui, agar bisa mengubah tulisan atau file PDF secara online, kita perlu sebuah situs atau aplikasi untuk melakukannya. Banyak situs yang bisa digunakan, namun tentunya tidak semua gratis dan memiliki fitur lengkap untuk disajikan. Maka dari itu, harus tahu betul mengenai kelebihan yang diberikan pada salah satu website yang digunakan.

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format yang dikhususkan untuk pembuatan dan pengiriman file dalam bentuk digital. Bisa dikatakan sama halnya dengan MS Word, namun ada perbedaan diantara keduanya yang sangat mencolok. Salah satunya, PDF lebih aman digunakan karena memiliki fitur security yang lebih lengkap. Misalkan dokumen PDF yang tidak bisa diedit langsung dari file tersebut, dapat mengunci berkas agar tidak disalahgunakan, serta tidak dapat di copy atau disalin.

Tentunya fitur-fitur tersebut menguntungkan pemilik dokumen karena kerahasiaan tetap terjaga. File yang dibuat tidak dapat copy paste untuk menjaga keasliannya. Namun bukan berarti tidak ada jalan lain untuk melakukan itu semua, pastinya ada celah yang bisa dimasuki untuk dapat mengedit file PDF, baik itu online maupun offline.

Bagaimana Cara Edit PDF Online ?

Pertanyaan diatas tentunya sejalan dengan apa yang kita bahas kali ini, yaitu cara edit dokumen PDF online. Dikatakan online berarti membutuhkan koneksi internet untuk melakukannya. Selain itu, harus ada aplikasi atau web tools sebagai tempat pengeditan. Untungnya, banyak tempat yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas tersebut, baik berupa aplikasi atau situs ternama.

Tidak banyak orang yang tahu akan keberadaan situs dan aplikasi yang dimaksud. Oleh karena itulah mereka mencari informasi yang terkait. Padahal, jika diteliti lebih mendalam, menemukan website sejenis yang bisa digunakan untuk edit tulisan PDF online tidaklah sulit. Hal penting yang harus diperhatikan yakni melihat fitur yang disajikan dan juga apakah gratis digunakan!

Baca Juga :   4 Cara Cek Kuota Axis Dengan Mudah & Praktis Terbaru 2021

Intinya, supaya bisa mengedit PDF online diperlukan salah satu dari dua hal, yaitu aplikasi atau web tools. Pada kesempatan kali ini, BantenDay.co.id mencoba membagikan kedua cara tersebut agak nantinya bisa ditentukan sendiri man yang cara yang terbaik.

Cara Mudah Edit PDF Online di Laptop dengan Website

Website atau situs bisa menyediakan layanan yang bermacam-macam, termasuk edit PDF langsung di dalamnya. Dari sekian banyak situs yang menyediakan layanan tersebut, hanya ada beberapa yang memberikan layanan gratis. Selain itu, menu dan user interface yang disajikan sangat mudah dipahami. Berikut beberapa situs yang bisa digunakan untuk edit teks PDF online!

Soda PDF

Ingin melakukan editing dokumen PDF menggunakan perangkat laptop atau komputer? Silahkan gunakan Soda PDF sebagai penyedia layanan yang kamu butuhkan saat ini. Selain gratis, website yang satu ini juga memberikan tampilan yang mudah dipahami. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, siapkan dulu file PDF yang akan diedit.
  2. Kunjungi situs https://online.sodapdf.com.
  3. Klik ‘open’ dan cari file yang ingin diedit, tunggu proses upload selesai.
  4. Lalu Klik ‘edit’ pada tampilan yang muncul.
  5. Klik 2 kali pada bagian yang diedit.
  6. Lakukan pengeditan sesuai kebutuhan.
  7. Simpan jika sudah selesai dengan klik tombol ‘save’.

Sejda

Selain Soda PDF, situs lain yang bisa digunakan untuk edit file PDF yakni Sejda. Bisa dikatakan website yang satu ini lebih ringan dari yang pertama. Dari segi tampilan, kami rasa sejda masih perlu dipelajari lebih lanjut. Namun bagi yang sudah pengalaman dan sering menggunakan layanan sejenis, pastinya tidak kerepotan jika menggunakannya.

  1. Buka browser andalan di perangkat laptop.
  2. Kunjungi https://www.sejda.com/pdf-editor.
  3. klik ‘upload PDF’ dan cari dimana file tersebut disimpan, kemudian klik ‘open’.
  4. Setelah dokumen terbuka, silahkan diedit dengan klik bagian yang ingin diubah.
  5. Apabila sudah selesai, simpan perubahan dengan cara klik ‘apply changes’ di bagian bawah.
  6. Kemudian klik ‘download’ pada tampilan baru yang muncul.
Baca Juga :   Cara Cek RAM Laptop Windows 7, 8, 10 Dengan Mudah Terbaru 2021

Edit PDF Online di Android dengan Aplikasi

Mengedit file atau dokumen PDF online dengan menggunakan aplikasi di Android tidak kalah mudahnya dengan menggunakan website. Kamu hanya perlu mencari aplikasi yang tepat untuk melakukannya, karena banyak aplikasi yang tersedia di Playstore. Apabila bingung memilih salah satunya, berikut rekomendasi dari kami beserta caranya!

SmallPDF

Aplikasi Smallpdf lebih dari bisa digunakan untuk mengedit teks dari jenis PDF, melainkan banyak fitur lain yang terbilang lengkap. Contohnya dapat mengubah file PDF ke format DOCX (word), mengubah file JPG ke PDF, menggabungkan beberapa file DLL. Namun jika kebutuhan hanya sekedar mengedit file, silahkan ikuti langkah berikut!

  1. Buka aplikasi SmallPDF, jika belum punya, silahkan download terlebih dahulu.
  2. Tekan menu ‘edit PDF’.
  3. Pilih ‘ikon choose’ untuk upload file PDF yang akan diedit.
  4. Setelah berhasil terbuka, edit file sesuai kebutuhan.
  5. Simpan dan download setelah selesai.

iLovePDF

Aplikasi kedua yang bisa digunakan untuk edit tulisan PDF online yakni iLovePDF. Fitur yang disediakan hampir sama dengan aplikasi yang pertama. Namun cara penggunaanya agak berbeda dari menu yang ditampilkan. Sebelum menggunakan, pastikan sudah menginstal aplikasinya di perangkat, selanjutnya ikuti langkah berikut!

  1. Buka aplikasi iLovePDF.
  2. Pilih menu ‘edit PDF’.
  3. Tekan ‘select file PDF’ dan cari dokumen yang ingin diubah.
  4. Silahkan mengedit tulisan sesuai keinginan.
  5. Simpan dan download jika sudah selesai.

Penutup

Jika boleh disimpulkan, mengedit file dalam bentuk PDF sangat mudah dilakukan meskipun sebenarnya format tersebut lebih aman digunakan. Dengan menggunakan cara edit PDF online yang telah diberikan diatas, pastinya saat ini tidak ada yang merasa kesulitan lagi ya!

  • Share