Cara Siaran Langsung di Tiktok & Syarat Live TikTok Terbaru 2021

  • Share
Cara Siaran Langsung di Tiktok

BantenDay.co.id – Beberapa waktu lalu, Tiktok merilis fitur barunya yang bisa dilakukan untuk video live streaming. Dengan demikian, kamu bisa melakukan komunikasi langsung ‘dua arah’ dengan audience. Namun tetap saja kamu harus mengetahui cara siaran langsung di Tiktok dengan cara yang benar agar bisa memanfaatkan fitur baru tersebut secara optimal. Tapi tenang, caranya tidak terlalu sulit kok, asalkan kamu sudah memenuhi semua syarat yang diberikan.

Aplikasi Tiktok menjadi alternatif sebagai media sosial dengan platform video pendek. Meskipun ada beberapa saingan yang ada, namun Tiktok tidak merasa terganggu dengan kedatangan mereka. Pasalnya, banyak kelebihan dan unggulan fitur dari aplikasi yang berasal dari china ini yang tidak mungkin ditinggalkan penggunanya. Salah satunya bisa digunakan sebagai aplikasi penghasil uang yang menjanjikan dengan sistem koin sebagai mata uang digital nya.

Dengan keberadaan fitur baru Tiktok, yaitu dapat melakukan live streaming pada aplikasi tersebut, tentunya semakin banyak pengguna yang tidak ingin ketinggalan untuk mencobanya. Hal ini terbukti dari banyaknya akun yang melakukan siaran langsung di beberapa waktu, entah itu pagi, siang atau malam. Menariknya, tidak hanya streaming musik, perjalanan atau hal yang biasa, namun kamu juga bisa melakukan live game di Tiktok. Hal ini tentu saja menjadi hal yang menguntungkan bagi konten kreator game, seperti FF, ML atau PUBG.

Syarat Melakukan Siaran Langsung di Tiktok

Semenjak diluncurkan 5 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2016, Tiktok selalu memberikan sesuatu yang menarik. Sebut saja fitur filter yang bisa membuat video semakin unik dan lucu. Selain itu, durasi video yang diberikan juga pas untuk menghibur pemirsa. Tidak terlalu lama yang akan membuat jenuh pemirsa, juga tidak terlalu pendek untuk memberikan maksud dan tujuan video tersebut.

Baca Juga :   Cara Berlangganan Mola TV di Android & IOS Untuk Nonton Liga Inggris

Bagi kamu yang membutuhkan durasi video lebih panjang untuk berkomunikasi dengan penonton, silahkan memanfaatkan fitur siaran langsung Tiktok. Namun yang perlu diketahui, ada persyaratan yang harus dipenuhi sebelum bisa melakukannya. Apa saja persyaratan yang dimaksud?

1.  Terdaftar Sebagai Akun Tiktok Musik

Ketika mendaftar akun baru di Tiktok, kamu tidak langsung terdaftar sebagai akun musik. Untuk itu, pastikan kamu telah terdaftar di sana. Setelah yakin sudah terdaftar, silahkan lihat syarat berikutnya.

2. Cara Siaran Langsung di Tiktok, Syarat Usia Diatas 16 Tahun

Kebanyakan media sosial memang mengatasi usia penggunanya, termasuk pada aplikasi video pendek Tiktok. Hal ini untuk melindungi pengguna dari kejahatan dunia maya, karena dibawah usia 16 tahun bisa dikatakan memiliki emosi yang labil. Jadi pastikan usia kamu saat ini sudah melebihi 16 tahun ya. Meskipun kamu bisa ‘membodohi’ sistem dengan memanipulasi tahun kelahiran namun langkah tersebut bukan cara yang bijak.

3. Aplikasi Tiktok Versi Terbaru

Syarat berikutnya sebagai cara mengaktifkan fitur live Tiktok yaitu aplikasi yang digunakan sudah paling update. Maksudnya, versi Tiktok yang digunakan untuk siaran langsung harus sudah yang terbaru, baik itu Tiktok bisa atau Tiktok Lite.

4. Minimal Mempunyai 1000 Followers

Oke, katakanlah kamu sudah menggunakan akun musik, usia diatas 16 tahun dan memakai versi Tiktok terbaru, apakah sudah bisa melakukan siaran langsung di Tiktok? Maaf, ternyata masih ada syarat terakhir, yaitu sudah memiliki minimal 1000 followers. Untuk mendapatkan follower sebanyak itu, kamu perlu aktif upload video terbaru dan unik serta menghibur.

Cara Siaran Langsung di Tiktok

Beberapa video pendek yang ada di Tiktok yang bisa dinikmati yaitu dari jenis humor, sandiwara, romance, prank dan challenge. Meskipun ada banyak lagi genre yang bisa menghibur dan mengisi waktu luang kamu. Namun tidak dapat di pungkiri bahwa video Tiktok challenge merupakan yang terbanyak dan terbaik akhir-akhir ini.

Sebagai salah satu platform media sosial video pendek yang mempunyai banyak pengguna, sudah sepatutnya Tiktok memberikan yang terbaik, baik dari segi fitur maupun kemudahan menggunakannya (user interface). Kemudahan ini juga disematkan pada fitur baru mereka, berikut tutorial live di Tiktok yang bisa dilakukan dengan cara paling mudah.

  1. Buka aplikasi Tiktok (Android atau iOS).
  2. Tekan simbol ‘+’ pada halaman utama (bagian paling bawah).
  3. Berikan ‘judul’ yang menarik dan sekiranya membuat calon penonton penasaran.
  4. Buat ‘caption’ yang unik dan informatif yang menggambarkan tujuan kamu membuat Tiktok live streaming.
  5. Jika sudah yakin dengan semuanya, juga sudah siap action, silahkan klik ‘Go Live’.
Baca Juga :   Cara Anonymous Chat Telegram Dengan Bot Telegram Terbaru 2021

Tanya Jawab Seputar Cara Siaran Langsung di Tiktok

Diatas sudah diketahui bagaimana cara siaran langsung di Tiktok, pastinya semua bisa melakukan langkah diatas kan! Namun ada beberapa pertanyaan yang masuk seputar live Tiktok tersebut, berikut sudah kami kumpulkan pertanyaan dan masalah yang sering terjadi.

1. Kenapa tidak bisa live di Tiktok?

Kemungkinan besar kamu tidak memenuhi salah satu persyaratan diatas, atau bahkan semuanya. Namun jika sudah yakin sudah terpenuhi, kamu bisa cek koneksi internet yang digunakan. Coba tutup aplikasi Tiktok, clear cache dan ulangi lagi membuat live streaming seperti contoh diatas.

2. Kenapa tidak bisa berkomentar di live Tiktok?

Komentar merupakan salah satu fitur yang terdapat pada video streaming aplikasi tersebut. Artinya, hal itu tergantung dari pembuat siaran langsung. Jadi jika tidak bisa berkomentar di live Tiktok, hal itu berarti fitur komentar di nonaktifkan oleh pembuat.

3. Apakah Live di Tiktok Mendapatkan Uang?

Secara teknis iya, kamu bisa mendapatkan uang dari donasi penonton jika mereka terhibur atau merasa siaran langsung kamu bermanfaat. Maka dari itu, buat video live streaming yang unik dan menarik, serta menghibur.

Penutup

Itulah pembahasan detail mengenai cara siaran langsung di Tiktok beserta syarat yang harus dipenuhi. Jika kamu merasa bahwa melakukan streaming Tiktok bermanfaat, silahkan langsung bergabung di dalamnya. Siapa tahu banyak penonton yang memberikan donasi, sehingga banyak uang yang bisa kamu dapatkan.

  • Share