Cara Daftar Mobile Banking BRI

Rasanya sangat kurang kalau kita yang merupakan nasabah di suatu bank tidak memiliki aplikasinya. Apalagi kalau Anda merupakan nasabah dari bank terbesar di Indonesia, yaitu BRI. Bila diperhatikan, masih banyak juga yang belum menggunakan layanan mobile banking BRI, padahal layanan tersebut sangat memudahkan untuk para nasabahnya. Jadi kalau Anda belum tahu cara daftar mobile banking BRI maka bacalah artikel ini sampai habis.

Kita harus mengingat bahwa teknologi ini semakin berkembang, dan jangan sampai ketinggalan. Anda harus menggunakan layanan mobile banking dari BRI agar lebih mudah dalam mengendalikan keuangan yang ada di bank atau ditabung. Dengan menggunakan layanan ini, maka Anda tidak perlu repot-repot lagi pergi ke ATM untuk bertransaksi. Bahkan dengan mobile bangking ini, Anda juga tidak diharuskan membawa kartu ATM jika sewaktu-waktu ingin tarik tunai di mesin ATM.

Pemahaman Layanan Mobile Banking BRI

Nah, begitu pentingnya mobile banking ini perlu digunakan. Dan sekarang dipermudah lagi, layanan m-Banking dari BRI ini kini sudah merambah ke internet, jadi bukan via SMS saja seperti dahulu. Jadi hal pertama yang Anda perlukan untuk mendaftar m-Banking BRI tentunya adalah dengan memiliki buku tabungan. Untuk itu, jangan buru-buru mendaftar secara online dulu kalau belum memiliki rekening.

Untuk membuka rekening baru juga mudah, Anda tinggal mengunjungi unit BRI terdekat dan bilang kepada CS untuk hal tersebut. Atau jika masih ragu, maka tinggal tanya satpam yang biasanya didekat pintu masuk, maka dia akan menunjukkan jalannya secara jelas. Nah, kalau sudah punya rekening, maka Anda akan mudah mendaftarkan akun rekening untuk mobile banking BRI.

Baca Juga :   Cara Transfer Shopeepay Ke Bank Dengan Mudah

Cara Daftar Mobile Banking BRI dan Aktivasinya

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan layanan via internet yang memudahkan dari bank BRI. Jadi tidak semudah kita mendaftarkan diri ke Facebook. Sebab, alasannya adalah akun ini sebagai perangkat lunak yang menyimpan sejumlah harta Anda. Jadi diperlukan pendaftaran yang ketat agar semua nasabah BRI merasakan kenyamanan serta keamanan dalam menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, berikutlah beberapa metode yang bisa Anda pakai untuk daftar:

Daftar Mobile Banking Via Mesin ATM

Kalau Anda sudah punya buku rekening dan kartu ATM, maka cobalah daftar via mesin ATM terlebih dahulu. Begini langkah-langkahnya:

  • Masukkan kartu dan login dengan pin.
  • Pilih di menu Transaksi Lain dan klik “Lainnya”
  • Pilih menu Registrasi
  • Klik menu Mobile Banking
  • Masukkan nomor HP yang aktif
  • Kemudian buatlah pin mobile banking baru
  • Setelah itu, struk akan keluar dari mesin ATM yang menandakan bahwa registrasi telah berhasil.

Lalu setelah semua langkah-langkah di atas Anda selesaikan, kemudian pergilah ke satpam unit BRI dengan membawa kartu ATM dan e-KTP. Kalau dia sibuk, maka Anda bisa mengantri di CS untuk mengurus mengkonfirmasi. Dengan konfirmasi ini segala transaksi BRI Anda bisa dilakukan dengan mobile banking.

Tapi ingat, cara daftar mobile banking BRI ini berfokus pada layanan SMS. Hal tersebut berbeda dengan internet banking yang seperti kebanyakan orang gunakan. Jadi dengan mobile banking ini Anda bisa menerima segala bentuk informasi dari transaksi rekening Anda. Misalnya ada uang masuk, maka Anda akan menerima pemberitahuan melalui SMS.

 Cara Daftar Internet Banking Via ATM

Nah, cara kedua ini adalah untuk internet bankingnya. Jika sudah berhasil daftar, maka Anda dapat melukan transaksi via website dan aplikasi BRImo. BRImo ini adalah sebuah aplikasi pengendali transaksi untuk para nasabah BRI. Sedangkan untuk daftarnya juga bisa via ATM. Untuk langkah-langkahnya seperti ini:

  • Masukkan kartu ATM ke mesin dan login dengan pin
  • Pilih menu Transaksi, kemudian klik “Lainnya”
  • Pilih menu Internet Banking
  • Buatlah pin baru kemudian konfirmasi pin
  • Jika sudah, maka mesin ATM akan mengeluarkan struk yang berusi username dan pin
Baca Juga :   Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM di Android & Iphone

Apabila sudah selesai daftar via ATM, maka bawalah struk tersebut ke petugas BRI dengan membawa e-KTP dan kartu ATM. Jangan lupa juga untuk mengunduh aplikasi BRImo yang ada di Appstore jika Anda menggunakan iPhone. Atau bisa mengunduhnya di Playstore kalau Anda menggunakan HP Android. Nanti disitu Anda tidak perlu bingung, tinggal menuruti petunjuk dari petugas  maka langsung jadi dan bisa menikmati mobile internet banking di aplikasi BRImo.

Daftar ke Kantor Langsung

Kedua cara sebelumnya adalah cara semi mandirinya, kalau yang ini bisa Anda lakukan jika tidak ingin ribet. Caranya ialah datang langsung ke unit BRI terdekat. Disitu yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Buku Tabungan
  • Kartu ATM BRI
  • HP yang sudah terinstall aplikasi BRImo
  • E-mail yang aktif
  • Dan e-KTP

Jika persyaratan tersebut sudah siap, maka datanglah langsung ke customer service BRI yang berada di kantor. Disitu Anda akan disuruh mengisi formulir untuk mengaktivasi akun BRI Mobile dan memberikan m-Token. Jadi tanpa m-Token ini, Anda hanya bisa melihat saldo dan mutasi saja pada internet banking. Maka dari itu harus diaktivasi oleh CS BRI agar semua layanan dalam aplikasi bisa digunakan.

Cara Daftar Mobile Banking BRI Via HP

Bagi orang-orang yang sudah lihai dalam pemrograman aplikasi, maka cara ke-4 ini sering dipilih. Karena dengan ini Anda bisa daftar secara mandiri via HP tanpa harus ke mesin ATM. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Unduh dan install aplikasi BRImo di HP kesayangan Anda lalu bukalah aplikasinya.
  • Pada menu utama, silahkan tap menu Internet Banking. Menu ini bisa Anda pilih jika mau bertransaksi tanpa menggunakan jalur SMS.
  • Selanjutnya pilihlah menu Aktivasi IB Mobile BRI
  • Apabila sudah berhasil, maka Anda akan menerima pemberitahuan via SMS.
Baca Juga :   Ketahui Kode Keamanan Kartu Debit BRI

Tapi perlu diingat, meskipun cara ke-4 ini bisa dilakukan di HP, maka Anda harus tetap mendatangi kantor atau unit BRI terdekat dengan menunjukkan SMS-nya. Dengan SMS tersebut nanti CS akan membantu mengaktivasi akun m-Banking sekaligus memberikan m-Token. Perlu diketahui juga bahwa m-Token ini hanya bisa dikonfirmasi oleh CS BRI yang merupakan tugasnya.

Jadi sejauh ini layanan internet mobile banking BRI sepenuhnya tidak bisa dilakukan sendiri oleh nasabah tanpa campur tangan CS BRI. Hal itu terjadi karena memang keamanan internet banking BRI sangat ketat, sehingga harus ada petugas yang mengkonfirmasi. Jadi jangan heran dengan layanan BRI yang seperti ini, karena cara ini memang demi keamanan para nasabahnya.

Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan salah satu caranya? Sebenarnya cara daftar mobile banking BRI tidaklah ribet, tinggal Anda mau pergi ke unit BRI atau tidaknya. Semua perlu proses yang autentik demi keamanan akun keuangan Anda yang tersimpan dalam bank. Jadi kalau bosan pulang pergi ke mesin ATM hanya untuk bertransaksi, maka buatlah akun internet banking BRI sekarang juga.