Cara Transfer Shopeepay Ke Bank Dengan Mudah

Di tengah maraknya layanan belanja online, banyak orang yang juga menggunakan dompet digital bawaan aplikasi belanja online tersebut. Salah satunya Shopee yang menyediakan dompet digital shopeepay. Selain digunakan sebagai alat pembayaran, saldo di shopeepay juga bisa ditransfer ke rekening bank. Berikut cara transfer shopeepay ke bank.

Saldo dari shopeepay dapat dikirim ke berbagai bank, mulai dari BRI, BNI, BCA, dan juga bank lainnya. Caranya juga cukup mudah sehingga kita bisa melakukannya secara mandiri.

Cara Transfer Shopeepay ke Bank

Secara garis besar, cara transfer Shopeepay ke bank adalah sama. Meski ada yang membedakan antara bank satu dan bank lainnya, namun hanya beda beberapa langkah. Secara otomatis kita dapat mengikutinya setelah berhadapan dengan aplikasi tersebut.

Sebagian dari kita yang baru pertama kali menggunakan, mungkin masih kebingungan. Namun jangan khawatir karena caranya tidak sulit dan kita akan dengan mudah terbiasa. Untuk lebih jelasnya berikut cara transfer dari Shopeepay ke bank :

  1. Buka aplikasi dan pilih layanan

Untuk melakukan transfer saldo Shopeepay ke bank, pertama kita harus membuka aplikasi shopee yang telah terinstal di ponsel kita. Pada halaman utama, klik pada pilihan ‘saya’ yang berada ada di pojok kanan bawah. Selanjutnya untuk transaksi penarikan saldo atau dikirim ke rekening bank, klik pada pilihan ‘shopeepay’. Selanjutnya kita klik pada menu ‘penarikan’ untuk mengirim saldo shopeepay ke rekening bank yang kita maksudkan.

Baca Juga :   Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM di Android & Iphone
  1. Memilih bank tujuan dan menginput nomor rekening

Selanjutnya kita harus memilih bank tujuan dimana saldo Shopeepay akan kita kirimkan. Jangan lupa untuk menuliskan berapa nominal saldo yang akan kita kirim ke rekening. Setelah menginput nominal saldo, selanjutnya kita klik tombol konfirmasi.

Sebelum melanjutkan penarikan, cek terlebih dahulu apakah data-data yang kita masukkan sudah benar. Jika sudah sesuai dengan data yang ada, selanjutnya kita klik pada pilihan tombol konfirmasi.

Kita tunggu beberapa saat hingga proses pengiriman saldo Shopeepay ke rekening bank tujuan selesai dilakukan. Setelah beberapa saat, saldo Shopeepay kita akan secara otomatis berkurang atau dipotong karena terkirim ke rekening bank tujuan.

  1. Mengecek mutasi rekening

Setelah saldo shopeepay terpotong, proses transfer saldo Shopeepay kita telah sukses. Namun terakhir kita harus mengecek pada mutasi rekening.

Meskipun tampak sepele, hal ini penting dilakukan untuk memastikan lebih lanjut. Karena setiap transaksi shopeepay yang kita lakukan pasti akan tertera di mutasi rekening.

Cara Mengisi Saldo Shopeepay

Selain mengetahui cara transfer Shopeepay ke bank, tentunya Kita juga harus mengetahui cara untuk mengisi saldo Shopeepay. Hal ini penting kita lakukan, utamanya jika kita suka belanja online lewat Shopee. Karena memiliki saldo shopeepay akan mempermudah kita dalam melakukan transaksi pembayaran.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengisi saldo Shopeepay. Diantaranya seperti melalui m-Banking, ATM, setor tunai, Alfamart dan juga melalui mitra Shopee. Berikut kita bahas satu-persatu terkait cara pengisian saldo Shopeepay :

1. Mengisi Saldo Shopeepay Lewat Mitra Shopee

Perlu diketahui, bahwa mitra Shopee adalah suatu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan penjualan produk digital. Semisal pulsa, token, paket internet, voucher, tiket, dan juga berbagai produk digital lainnya. Berikut cara mengisi saldo shopeepay lewat mitra Shopee :

  • Pertama kita login seperti biasa di aplikasi Shopee yang kita miliki.
  • Selanjutnya pada halaman utama klik ‘saya’ kemudian pilih menu ‘Shopeepay’.
  • Kemudian klik pilihan ‘bayar’ dan selanjutnya kita akan diberi pengarahan oleh mitra Shopee untuk scan QR.
  • Selanjutnya kita harus klik pada pilihan ‘scan kode QR top up’ dan selanjutnya klik pilihan konfirmasi.
  • Kemudian kita bisa scan QR pada merchant. Lebih lanjut nominal top up akan ditampilkan dan kita bisa memilihnya di halaman pembayaran.
  • Setelah transaksi sukses, kita bisa mengecek riwayat transaksi pada halaman top up detail.
Baca Juga :   Cara Daftar Mobile Banking BRI

2. Mengisi Saldo Shopeepay Lewat ATM

Kita juga bisa melakukan pengisian saldo Shopeepay melalui ATM. Kita bisa menggunakan berbagai ATM, tergantung rekening bank yang kita miliki. Sebagai contoh berikut kita gunakan ATM BCA :

  • Pertama masukkan kartu ATM dan input PIN seperti biasa.
  • Selanjutnya pada halaman utama klik pilihan ‘transaksi lainnya’.
  • Kemudian kita pilih menu ‘transfer’ dan klik pada pilihan ‘BCA virtual account’.
  • Lalu kita input nomor virtual account yaitu 122 plus nomor telepon. 122 adalah kode bank, kita bisa menyesuaikannya dengan jenis bank yang kita gunakan untuk mengisi shopeepay.
  • Selanjutnya kita input nominal saldo yang ingin dimasukkan, minimalnya adalah Rp 10.000.
  • Sebelum melanjutkan, sebaiknya kita periksa kembali informasi yang ada di layar ATM. Pastikan nama akun sudah benar dan selanjutnya klik pada pilihan ‘ya’.

3. Mengisi Saldo Shopeepay Lewat m-Banking

Menggunakan m-banking adalah cara yang sangat praktis untuk mengisi saldo Shopeepay. Setelah mengetahui cara transfer Shopeepay ke bank, tentunya kita juga harus mengetahui cara yang satu ini. Kita tidak perlu pergi ke ATM dan hanya melakukannya lewat ponsel. Berikut langkah-langkahnya :

  • Login ke akun m-banking yang kita miliki.
  • Pada halaman utama, kita klik pilihan ‘bayar’ dan selanjutnya pilih pada ‘multipayment’.
  • Kemudian kita pilih salah satu penyedia layanan shopeepay dan memasukkan nomor virtual account. Tiga digit angka sebagai kode bank ditambah dengan nomor shopeepay.
  • Selanjutnya kita input nominal saldo yang ingin kita masukkan, minimalnya adalah Rp 10.000.
  • Sebelum melanjutkan, periksa kembali apakah informasinya sudah benar. Jika sudah, input pin dan klik ‘ok’ untuk menyelesaikan transaksi.

Mengisi Saldo Shopeepay dengan Metode Setor Tunai

Selain menggunakan ATM atau mitra shopee, kita juga bisa mengisi saldo shopeepay melalui setor tunai. Cara yang satu ini juga perlu kita ketahui disamping cara transfer Shopeepay ke bank. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama datang ke cabang bank terdekat dan isi formulir penyetoran tunai.
  • Pada menu input nama rekening tujuan, kita isi dengan ‘shopeepay’.
  • Jangan lupa untuk memasukkan nomor rekening tujuan, yaitu tiga digit angka sebagai kode bank ditambah dengan nomor shopeepay pada halaman pembayaran.
  • Sama seperti pengisian lewat ATM dan mitra shopee, minimalnya adalah Rp 10.000.
  • Selanjutnya formulir ini kita bawa ke teller untuk diproses lebih lanjut.
  • Tunggu beberapa saat dan pengisian saldo shopeepay telah berhasil dilakukan. Selanjutnya kita sudah bisa menggunakan saldo ini untuk bertransaksi.
Baca Juga :   Inilah Cara Membuat ATM BRI Online Paling Mudah

Demikian cara transfer Shopeepay ke bank yang dapat kita lakukan dengan mudah. Tersedia juga berbagai macam cara mengisi saldo shopeepay.

Kita bisa menggunakan salah satu tergantung mana cara yang menurut kita paling praktis untuk bertransaksi.

Belanja online, khususnya di shopee, shopeepay memang salah satu alat pembayaran yang wajib kita miliki.