Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM di Android & Iphone

BantenDay.co.id – Beberapa merek dan tipe HP terbaru saat ini sudah banyak yang memiliki fitur NFC. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahuinya, termasuk bagaimana cara menggunakan NFC dengan benar. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba berbagi seputar fitur NFC, yang mana hanya terdapat pada ponsel pintar menengah ke atas. Artinya, HP yang mempunyai fitur tersebut harganya cukup mahal karena termasuk kelas high-end.

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, dimana fungsi utamanya sebagai alat transfer data. Tidak seperti fitur lain seperti Bluetooth atau menggunakan kabel data, cara memindahkan file menggunakan NFC cukup mudah dilakukan. Hanya dengan mendekatkan HP yang mempunyai fitur sama, file yang akan di transfer bisa berjalan dengan sendirinya. Namun tentunya anda harus mengaktifkan fitur tersebut sebelumnya.

Jika anda penasaran apakah HP terbaru tersebut sudah mendukung fitur NFC, silahkan dicek terlebih dahulu sebelum mengetahui caranya. Beberapa merek HP memberikan tanda khusus jika perangkat tersebut telah tersemat fitur NFC. Sebagai contoh Sony Xperia yang memberi tanda huruf ‘N’ pada casing belakangnya. Selain itu, anda juga bisa mengecek spesifikasi dari ponsel yang digunakan untuk memastikannya.

Fungsi Penting dan Cara Menggunakan NFC

Sebelum mengetahui cara menggunakan NFC, penting juga untuk diketahui beberapa fungsi penting dari fitur HP mahal tersebut. Sebagian orang hanya mengenal dan mengetahui fitur NFC sebagai transfer file, baik berupa video, foto, berkas DLL. Namun sebenarnya fungsi dari fitur yang masih jarang digunakan di beberapa HP ini lebih luas. Berikut diantara yang wajib diketahui!

Baca Juga :   Cara Daftar Mobile Banking BRI

Transfer File dengan Mudah

Tentu saja anda sudah mengetahui bahwa ada banyak fitur yang bisa digunakan untuk transfer file atau kontak telepon. Bedanya, NFC bisa melakukannya dengan cara yang mudah dan cepat. Bahkan anda tidak memerlukan koneksi internet seperti Wi-Fi, ataupun koneksi Bluetooth yang harus melakukan pairing terlebih dahulu. cukup dekatkan kedua ponsel yang mempunyai fitur NFC, pilih file atau kontak yang ingin dibagikan.

NFC tag

Fungsi lain yang jarang diketahui sebagian besar pengguna ponsel pintar yaitu NFC tag. Anda bisa melakukan apa saja sesuai keinginan dengan fungsi yang satu ini. Misalkan untuk berbagai jaringan Wi-Fi, tidak perlu melakukan share atau membisikkan password nya.

Membuka Aplikasi secara Otomatis

Aplikasi yang dimaksud tidak hanya yang berada di [perangkat HP saja. Semua aplikasi di rumah atau kantor yang sudah terhubung dengan NFC tag dapat dibuka secara otomatis. Misalkan mematikan atau menghidupkan lampu, membuka dan menutup pintu garasi DLL.

Cara Menggunakan NFC untuk Menandai Lokasi

Adanya sistem LBS (Location Based Service) yang tersemat pada fitur NFC memungkinkan anda untuk menandai lokasi tertentu. Misalkan ketika ingin check-in atau check-out, memesan tempat dan menu di restoran, atau bisa juga digunakan untuk absen di perkantoran.

Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran

Menggunakan NFC untuk pembayaran bisa sangat memungkinkan di era teknologi modern saat ini. Jadi anda tidak membutuhkan uang cash ketika belanja, cukup tap pada ponsel dan gunakan fitur NFC untuk pembayaran. Sebagian kasus hanya memerlukan scan atau kode validasi.

Cara Menggunakan NFC untuk Transfer File

Setelah mengetahui fungsi penting dari NFC, rasanya tidak mungkin jika anda mengabaikannya. Pastinya anda juga ingin tau bagaimana cara menggunakan NFC untuk kemudahan akses sehari-hari. namun sebelum menggunakannya, pastikan bahwa fitur tersebut telah aktif di kedua perangkat. Caranya yaitu dengan melihat di pengaturan, pada bagian wireless & network, silahkan atur posisi ‘ON’ pada bagian NFC.

  1. Buka galeri di perangkat, kemudian pilih file yang akan dikirim.
  2. Dekatkan kedua ponsel dengan posisi saling membelakangi.
  3. Biarkan tetap seperti itu hingga muncul suara notifikasi bahwa kedua perangkat telah tersambung.
  4. Di HP pengirim, anda tekan ‘touch to beam’, sedangkan di HP penerima akan berjalan secara otomatis.
  5. Jika transfer file sudah berjalan, jangan pisahkan kedua perangkat tersebut sebelum selesai.
  6. Ada tanda khusus jika proses transfer sudah selesai, yaitu nada atau audio konfirmasi.
Baca Juga :   Cara Registrasi Kartu Telkomsel Secara Online Dan Lewat SMS

Kelebihan dan Kekurangan NFC

Dibalik semua kecanggihan dari fitur NFC, ternyata ada beberapa kekurangan yang wajib anda ketahui. Sebagai media untuk transfer data, NFC bisa dibandingkan dengan Bluetooth. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan NFC jika dibandingkan Bluetooth!

Kelebihan NFC

Dalam situasi tertentu NFC lebih unggul jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Bluetooth.

  • Membutuhkan daya yang jauh lebih kecil daripada Bluetooth, bahkan infrared.
  • Kecepatan koneksi lebih unggul, koneksi artinya waktu dari kedua perangkat tersebut tersambung dengan rata-rata kurang dari 10 detik.

Kekurangan NFC

Seberapa canggih apapun perangkat dan fitur yang digunakan, pastinya memilki kekurangan yang harus kita relakan. Berikut adalah kekurangan dari NFC yang perlu anda ketahui!

  • Jangkauan koneksi antar perangkat terlalu pendek, hanya sekitar 10cm. Jauh dibandingkan Bluetooth yang bisa menjangkau hampir 10 meter.
  • Kecepatan transfer minim, hanya sekitar 400 kbps. Pendahulunya yaitu Bluetooth bisa mencapai kecepatan hingga 2mbps.
  • Belum banyak perangkat yang mempunyai fitur NFC sehingga sia-sia jika hanya anda sendiri yang punya.

Penutup Artikel Cara Menggunakan NFC

Itulah pembahasan mengenai cara menggunakan NFC, fitur, kelebihan serta kekurangannya. Sampai di sini seharusnya anda sudah memahami semua yang berhubungan dengan NFC. Jika anda ingin menggunakan NFC untuk pembayaran, cek saldo e-Toll, atau yang lain, silahkan dekatkan kedua perangkat yang dimaksud. Namun pastikan bahwa perangkat atau metode yang dipilih sudah mendukung ya!