Cara Registrasi Kartu Telkomsel Secara Online Dan Lewat SMS

  • Share
Cara Registrasi Kartu Telkomsel

BantenDay.co.id – Cara registrasi kartu Telkomsel baru bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan SMS dan melalui website resmi Telkomsel. Kedua cara tersebut tidak sulit, asalkan persyaratan sudah terpenuhi. Adapun syarat yang dimaksud yaitu menyiapkan KK (kartu keluarga) untuk setiap kartu yang digunakan. Dalam satu NIK dan KK, diberikan kesempatan maksimal tiga kartu SIM dari berbagai provider yang ada di Indonesia.

Seperti yang diketahui bahwa syarat agar kartu SIM bisa digunakan yaitu melakukan registrasi terlebih dahulu. Hal ini merupakan langkah pemerintah untuk menghindari penipuan yang berkedok hadiah. Pastinya kamu sudah mengetahui bukan modus yang satu ini? Dengan mengirimkan SMS berupa hadiah undian, nantinya kamu disuruh untuk melakukan transfer sejumlah uang sebagai syarat awalnya.

Langkah yang dilakukan pemerintah Indonesia sudah benar. Jika sesorang menjadi korban penipuan, pihak berwajib bisa melacak nomor tersebut untuk menindaklanjuti laporan korban. Ingat, sebelumnya harus ada laporan yang masuk. Artinya, jika tidak ada korban yang melapor, otomatis pihak berwajib juga tidak melakukan tindakan apapun.

Telkomsel sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia menyetujui persyaratan yang diberikan pemerintah tersebut. Maka dari itu, kamu juga harus melakukan registrasi kartu Telkomsel sebelum menggunakannya.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Baru

Apakah saat ini kamu belum mengetahui cara registrasi kartu baru dari provider yang menempati posisi ke-6 terbesar di dunia ini? Santai, kamu tidak sendirian kok! Ada banyak teman lain yang juga tidak atau belum mengetahui caranya. Untuk itulah kami mencoba membantu dengan membuat artikel khusus ini.

Untuk pengguna kartu baru, ada dua cara yang bisa dilakukan. Sebenarnya cara ini jug bisa dilakukan dengan menggunakan kartu lain, seperti Indosat dan XL. Mungkin hanya terdapat sedikit perbedaan dari format yang dimasukkan. Cara yang dimaksud yaitu menggunakan SMS, dan melalui website resmi Telkomsel.

Baca Juga :   Cara Setting X8 Speeder Di Higgs Domino Tanpa Root Terbaru 2021

1. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Prabayar via SMS

Apakah kamu pengguna kartu Simpati, kartu As, Loop dan jenis kartu prabayar Telkomsel lainnya? Cara registrasi bisa melalui SMS yang ada di semua tipe dan merek HP. Jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan registrasi karena tidak adanya fitur yang mendukung. Sebelumnya, pastikan kamu sudah menyiapkan KK yang ingin didaftarkan.

  1. Masukkan kartu SIM pada perangkat telepon, pastikan sudah benar dan terbaca oleh perangkat.
  2. Buka layanan pesan seperti biasa ketika kamu ingin membuat pesan.
  3. Tambahkan nomor 4444 pada kolom penerima.
  4. Pada kolom pesan, silahkan isi dengan format berikut ‘REG(spasi)NIK#Nomor KK#’.
  5. Supaya tidak bingung, berikut satu contoh yang bisa kamu lihat ‘REG 11125677770114444#223337565621000000#’ (pastikan tanpa tanda petik).
  6. Cek terlebih dahulu apakah sudah benar atau belum, karena salah satu angka saja, proses registrasi dipastikan gagal.
  7. Setelah yakin, silahkan kirim dengan menekan tombol ‘kirim’.
  8. Tunggu balasan dari provider yang menginformasikan kartu yang digunakan telah aktif.

2.  Melalui Situs Resmi Telkomsel

Setiap provider pasti mempunyai situs resmi yang digunakan untuk berbagai kepentingan, salah satunya yaitu sebagai jalan alternatif untuk melakukan registrasi. Sebenarnya bukan hanya bisa melakukan registrasi kartu Telkomsel secara online saja, kamu juga bisa melihat informasi seputar kartu yang terdaftar tersebut. Misalkan info mengenai sisa kuota Talkomsel, cek nomor Telkomsel, sisa pulsa DLL.

  1. Buka aplikasi browser.
  2. Kunjungi situs https://www.telkomsel.com.
  3. Pilih menu ‘MyTelkomsel’ yang ada di kanan atas.
  4. Pada halaman baru yang muncul, klik ‘masuk’.
  5. Masukkan nomor telepon yang ingin didaftarkan.
  6. Jika nomor tersebut belum terdaftar, kamu akan disuruh memasukkan NIK diikuti dengan nomor KK.
  7. Ikuti petunjuk yang diberikan hingga kartu yang kamu daftarkan siap untuk digunakan.
Baca Juga :   Cara Mengatasi Google Terus Berhenti Di HP Samsung, Xiaomi, Oppo, Dll

Cek Registrasi Kartu Telkomsel

Sudah melakukan semua langkah yang diberikan namun tidak mendapatkan balasan apakah sudah berhasil atau belum? Kamu masih ragu? Silahkan mengecek status dari kartu tersebut. Dalam hal ini bukan merupakan proses registrasi ulang, melainkan proses pengecekan apakah pendaftaran sudah sukses atau belum.

  1. Buka layanan telepon di HP.
  2. Ketik *4444# dan tekan ‘panggil’.
  3. Akan ada tampilan baru pada layar telepon dengan pilihan menu yang disediakan. Silahkan pilih ‘cek status registrasi’ dengan memasukkan angka sesuai dengan menu tersebut, kemudian tekan ‘kirim’.
  4. Tunggu beberapa saat, balasan berupa status beserta nomor NIK yang digunakan akan dikirim melaui SMS. Jika belum terdaftar, laporan yang diterima juga menyebutkan ‘belum terdaftar’.

Sebenarnya cara registrasi kartu perdana Telkomsel bisa secara otomatis. Artinya, ketika kamu membeli kartu baru dan memasangnya pada perangkat HP, otomatis provider membaca kartu tersebut belum terdaftar. Kemudian akan ada pop up yang muncul untuk melakukan registrasi, tinggal ikuti saja petunjuk yang disediakan.

Namun sayangnya, terkadang hal yang dimaksud tidak muncul pada beberapa kasus. Untuk itulah kamu memerlukan cara alternatif yang sudah kami sebutkan diatas.

Saran dan Penutup

Bagaimana, apakah menurut kamu cara registrasi kartu Telkomsel merupakan hal yang mudah dilakukan? Kami kira tidak mudah, melainkan sangat mudah jika sudah mengetahui cara dan syarat yang dibutuhkan. Sebagai saran, jika kamu tidak yakin bisa, silahkan bawa KK dan HP ketika membeli kartu perdana. Minta tolong penjaga konter untuk sekalian melakukan registrasi kartu yang kamu beli.

  • Share