Cara Ganti Password Gmail Yang Lupa Di Hp Atau Laptop

  • Share
Cara Ganti Password Gmail
Cara Ganti Password Gmail

BantenDay.co.id – Pada jaman dahulu, mengirim surat bisa dilakuakn melalui pos atau diantarkan secara langsung pada pihak yang berkaitan satu sama lain. Namun, di jaman yang serba mudah dan canggih seperti sekarang, semuanya bisa dilakukan dengan praktis karena memanfaatkan beberapa teknologi yang telah tersedia. Salah satunya Email. Siapa yang tidak mengenai Cara Ganti Password Gmail ? Berikut ulasan lengkapnya.

Email atau surat elektronik, pengiriman surat jauh lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dulu. Dan yang lebih menarik lagi, hampir semua pengguna telah memiliki akun Email masing-masing secara pribadi. Dan salah satu layanan penyedia email yang banyak diminati dan digunakan oleh para pengguna adalah Gmail. Gmail menyajikan banyak fitur dan keunggulan lainnya yang bisa digunakan.

Terutama pada sistem keamanan yang tersedia didalamnya, gmail bisa memberikan kepuasan tertentu bagi siapa saja yang menggunakannya. Karena hal ini bertujuan agar bisa menghindari pelacakan hacking, kebocoran informasi dan sebagainya. Maka dari itu penting untuk kalian mengganti password secara rutin. Lantas bagaimana cara mengganti password? Sebaiknya simak artikel ini sampai selesai.

Cara Ganti Password Gmail Menggunakan PC atau Hp

Bagi kalian yang ingin mengganti password gmail, bisa dilakukan dengan menggunakan PC atau perangkat android yang kalian miliki. Cara-caranya juga tergolong mudah dan cepat, kalian hanya perlu menyimak beberapa cara yang akan kami jelaskan sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, buka Gmail yang kalian miliki lalu pilih menu Setting yang terletak dipojok kanan atas gmail tersebut
  2. Untuk versi smartphone, kalian bisa menekan garis tiga yang terletak disebelah kiri Gmail. Jika sudah silahkan scroll kebagian bawah serta klik Setting yang terletak dibawah kiri halaman
  3. Selanjutnya, pilih bagian Account and Import yang terletak di menu bagian atas gmail
  4. Setelah itu, kalian akan ditampilkan sebuah kotak berisi kolom
  5. Lalu pilih Change Account Setting dan klik Change Password
  6. Untuk versi smartphone ketika mengubah password gmail, silahkan pilih bagian Kelola Akun Google Anda
  7. Kemudian klik Change Password, kalian akan menemukan form agar bisa mengisi password. Buatlah password yang mudah di ingat
  8. Tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi bahwa orang yang mengganti password merupakan sang pemilik akun
  9. Setelah itu klik Next agar bisa masuk ke proses selanjutnya
  10. Dan untuk pengguna smartphone, silahkan klik Sandi >> Masukkan Password gmail yang lama
  11. Setelah itu, silahkan masukkan password baru kalian pada kolom yang telah disediakan
  12. Lalu klik Change Password
  13. Selesai
Baca Juga :   4 Cara Cek Kuota XL Dengan Mudah Dan Cepat Terbaru 2021

Baca Juga : Aplikasi Penghasil Uang Halal Tanpa Undang Teman Tanpa Modal

Pastikan kalian harus mengkonfirmasi password baru tersebut dan menyusunnya dengan benar. Kalian bisa klik bagian ikon mata agar bisa melihat password lebih detail dan jelas lagi, hal ini juga dilakukan untuk menghindari kesalahan ketika membuat password baru.

Jika proses pergantian gmail telah berhasil, kalian bisa melog out atau keluar email dari perangkat lain serta mencoba kembali masuk menggunakan password baru yang telah kalian buat tadi. Sebenarnya, ada cara lain yang bisa kalian coba untuk mengganti password gmail. Simak selengkapnya dibawah ini.

  • Pertama, silahkan sign out akun kalian dari seluruh session gmail yang dimiliki
  • Setelah itu, silahkan lakukan verifikasi jika kalian mengenali seluruh layanan serta orang yang menggunakan akun gmail tersebut
  • Selanjutnya, aktifkan 2 step authentication gmail agar bisa memberikan perlindungan ekstra pada akun

Tidak sulit bukan untuk mengganti password gmail. Silahkan lakukan cara yang telah kami berikan diatas. Baik menggunakan perangkat PC atau smartphone yang kalian gunakan. Kalian bisa mengubah password selama 6 bulan sekali sesuai keinginan masing-masing.

Cara Membuat Password yang Akurat

Pada saat kalian membuat kata sandi disebuah akun tertentu, tentu saja kalian akan disarankan untuk membuat kata sandi yang kuat dan akurat. Salah satunya mengganti password lama dengan password yang baru. Maka, perintah agar membuat susunan kata sandi yang akurat juga akan muncul lagi.

Dan tujuannya adalah agar bisa menjaga keamanan akun yang kalian miliki. Lantas bagaimana cara membuat password gmail yang akurat dan kuat? Penasaran bukan? Yuk, simak selengkapnya dibawah ini.

  • Kalian bisa menggunakan kombinasi angka serta nomor. Kalian bisa menyesuaikannya sendiri karena secara umum tidak ada syarat dan ketentuan tertentu. Sebaiknya atur posisi dengan cara acak, seperti menggunakan angka pada tengah huruf dan sebaliknya
  • Silahkan gunakan capital pada beberapa huruf ke bagian depan, tengah atau belakang
  • Sebaiknya hindari penggunaan angka serta huruf yang berurutan sempurna, misalnya ABCDE atau 123456

Jika menunjukan warna hijau, maka password sangat aman dan layak untuk kalian gunakan. Sebaiknya ikuti cara yang telah kami berikan diatas untuk bisa kalian coba. Biasanya, tanda juga akan muncul ketika langkah cara ganti password gmail ke-4 yakni ketika kalian memasukkan kata sandi yang baru.

Sebaiknya kalian harus mengingat jika indikasi keamanan masih menunjukan berwarna merah. Dan ubahlah dengan kata sandi yang baru. Karena jika dilanjutkan akan sangat rawan terkena hacking hingga tingkat keamanan yang lemah. Dan untuk grade berwarna orange, kalian bisa coba meningkatkannya kembali dengan menggunakan kombinasi yang kompleks. Namun, grade orange sendiri sudah lumayan aman.

Baca Juga :   Cara Download Sound ( lagu ) Tiktok MP3 Tanpa & Dengan Aplikasi

Mengganti Password Gmail Secara Berkala

Seperti yang kita ketahui bahwa gmail merupakan sebuah layananemail yang menyajikan banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan penyedia layanan lainnya. Hal ini juga ditunjukkan karena banyaknya pengguna gmail. Lantas apa saja keuntungan dengan menggunakan serta mengganti password gmail secara berkala? Yuk, simak dibawah ini.

Login untuk Semua – Cara Ganti Password Gmail

Pada saat kalian memiliki akun gmail serta login di satu perangkat. Maka secara otomatis kalian bisa langsung masuk saja ke blog, google play, youtube dan lainnya tanpa perlu login kembali.

Sistem Keamanan – Cara Ganti Password Gmail

Gmail memiliki sistem keamanan yang tinggi, meskipun kalian akan diminta untuk mengganti password secara berkala. Para pengguna juga bisa mendapatkan perlindungan data dengan sangat baik, dan mampu melindungi akun kalian dari spam. Maka dari itu, keunggulan ini sangat sulit ditemukan pada penyedia layanan lainnya.

Fitur yang Lengkap

Gmail juga menawarkan software pada pihak ketiga. Selain itu, gmail menyediakan fitur yang sangat lengkap untuk bisa digunakan. Dimana akan memudahkan para penggunanya ketika mengakses gmail atau membagikan email kepada yang lain.

Bukan hanya itu saja, gmail pun mempunayi berbagai fitur lainnya dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya pesan berbintang, layanan hangout dan sebagainya.

Memori Penyimpanan Besar

Pada satu akun gmail saja, gmail menawarkan banyak sekali kuota yang bisa hingga 2828 MB. Sehingga para pengguna tidak perlu kesulitan atau merasa repot untuk sering menghapus gmail yang menumpuk, tentu saja jika kuota ini bisa kalian nikmati secara gratis.

Tanpa Iklan

Seperti yang kita ketahui bahwa gmail menyediakan fitur bebas iklan. Ketika kalian mengakses gmail, tidak akan ada iklan yang tiba-tiba muncul atau mengganggu aktivitas kalian didalamnya. Dengan begini, para pengguna bisa lebih nyaman dan keamanan akun yang kalian miliki sangat terjamin.

Antivirus

Gmail juga dilengkapi dengan scan antivirus lewat anivirus avg. Jadi ketika email masuk ke akun kalian, maka tidak akan muncul ancaman virus lagi. Tentu saja layanan ini bisa kalian akses secara otomatis tanpa kesulitan. Dan tak perlu lagi melakukan scan manual.

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan mengenai Cara Ganti Password Gmail yang bisa kalian coba. Ikuti langkah-langkah yang telah kami bagikan diartikel ini untuk bisa mengubah kata sandi akun gmail yang kalian miliki. Semoga apa yang kami sampaikan dikesempatan kali ini bisa berguna untuk semuanya. Terimakasih.

  • Share