4 Cara Cek Kuota XL Dengan Mudah Dan Cepat Terbaru 2021

  • Share
Cara Cek Kuota XL

BantenDay.co.idCek kuota XL sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara cek kuota Axis, dimana kedua perusahaan tersebut telah melakukan merger beberapa tahun lalu. Meskipun begitu, aplikasi dan apapun yang ada di dalamnya tidak bisa disatukan, alias masih berdiri sendiri-sendiri. Termasuk cara mengecek sisa kuota atau nomor kartu.

XL merupakan SIM card yang dikeluarkan oleh PT XL Axiata sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, selain Telkomsel dan Indosat tentunya. Dengan banyaknya persaingan yang di dunia penyedia layanan jaringan internet, XL masih bertahan dengan baik hingga saat ini. Bahkan pada tahun 2014 lalu, PT XL Axiata berhasil menggandeng slah satu provider ternama, yaitu AXIS.

Dengan bersatunya kedua perusahaan telekomunikasi tersebut, tentunya berdampak besar bagi perkembangan teknologi informasi, terutama pada layanan internet yang diberikan. Tidak salah, di beberapa daerah yang dulunya belum terjangkau jaringan dari provider tersebut, kini bisa menikmati layanan internet mereka.

Cara Cek Kuota XL Cepat

Apakah ada cara cek kuota XL yang cepat dan mudah? Sejatinya, semua cara cek pulsa, kuota, masa aktif DLL tidak mempunyai proses lama. Semua tergantung dari kesibukan provider tersebut. jadi misalkan pada jam sibuk, mungkin proses akan sedikit terhambat. Namun jika sinyal mencukupi dan layanan pusat sedang longgar, proses cek kuota dan pulsa XL bisa berjalan sangat cepat.

Begitu juga jika kamu menggunakan aplikasi sebagai cara cek kuota XL, proses bisa berjalan cepat ketika akses internet sedang lancar. Jika sebaliknya, bisa jadi proses agak lama karena telat melakukan update. Sedikit tambahan info, cek kuota pada kartu SIM XL bisa dilakukan melalui 4 cara. Dari masing-masing cara tersebut, BantenDay.co.id sudah menyiapkan detail lengkap untuk kamu ikuti.

Baca Juga :   Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp Dengan & Tanpa Aplikasi

4 Cara Cek Kuota XL Axiata Terbaru 2021

Cara pertama yaitu tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Ada tiga cara dari jenis pengecekan sisa kuota yang satu ini. Pertama dengan menggunakan SMS, kedua bisa melalui kode dial dan yang ketiga menggunakan website resmi dari PT XL Axiata.

1. Cara Cek Kuota XL Lewat SMS

Dari semua tipe dan mereka HP, baik itu tipe Android maupun iOS, pasti ada layanan pesan singkat (SMS). Nah, dengan layanan tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengecek kuota XL dengan beberapa langkah mudah. Supaya tidak penasaran, silahkan ikuti langkah mengecek kuota dan beberapa info penting berikut!

  1. Buka aplikasi pesan (message).
  2. Isi nomor penerima dengan 868.
  3. Pada bagian kolom teks, ketik “KUOTA” tanpa tanda petik.
  4. Tekan kirim dan tunggu balasan dari provider berupa pesan singkat.

2. Melalui Kode Dial

Selain melaui SMS, cara cek sisa kuota XL bisa juga menggunakan kode dial. Artinya, kamu bisa melakukannya dengan layanan telepon yang pasti ada di setiap ponsel. Caranya juga sangat mudah, tidak kalah dengan cara melalui SMS. Berikut ulasan lengkapnya!

  1. Buka layanan telepon di HP.
  2. Masukkan (dial) kode berikut *123#.
  3. Pilih menu paling bawah, yaitu INFO.
  4. Lanjutkan dengan memilih menu “Info Kartu XL-ku”.
  5. Pilih paket yang ingin kamu cek kuota nya.
  6. Tunggu  proses berjalan dan informasi mengenai sisa kuota akan ditampilkan di layar ponsel.

Catatan: Pada proses nomor 5, kamu bakal diberikan daftar paket yang digunakan. Artinya, jika pada saat yang bersamaan kamu menggunakan lebih dari satu paket (unlimited turbo, combo lite, prioritas DLL), maka semua akan ditampilkan pada proses tersebut.

3. Menggunakan Website

Meskipun jarang digunakan, cek sisa kuota XL dengan website atau situs resmi dari PT. XL Axiata juga harus diketahui. Mungkin suatu saat bisa berguna bagi kamu ketika yang lain sedang mengalami gangguan. Caranya mudah, tapi kamu harus terhubung dengan koneksi internet.

  1. Buka aplikasi browser di HP atau PC, kemudian kunjungi https://my.xl.co.id.
  2. Sebelum melangkah lebih jauh, ubah tampilan sites menjadi bahasa Indonesia dengan memilih opsi “Saya berbahasa Indonesia”.
  3. Tekan atau klik “lanjutkan”.
  4. Login dengan klik “Masuk dengan Nomor XL”.
  5. Masukkan nomor XL yang ingin kamu cek sisa kuota nya.
  6. Masukkan kode OTP (verifikasi) yang dikirim ke nomor tersebut.
  7. Silahkan lihat sisa kuota pada menu utama yang ditampilkan.
Baca Juga :   4 Cara Cek Kuota Telkomsel Dengan Mudah Terbaru 2021

4. Dengan aplikasi MyXL

Usai sudah membahas tentang cek kuota XL tanpa aplikasi. Saatnya kita beralih pada cara berikutnya, yaitu menggunakan aplikasi. Hanya ada satu aplikasi resmi dari PT XL Axiata, yaitu MyXL. Artinya, selain aplikasi tersebut, sebisa mungkin jangan kamu gunakan.

  1. Ambil HP Android dan buka Google Playstore.
  2. Instal aplikasi MyXL. Supaya lebih cepat, gunakan fitur pencarian yang ada di Playstore.
  3. Buka aplikasi jika sudah terpasang di ponsel, kemudian pilih opsi “Masuk dengan Nomor XL”.
  4. Masukan nomor yang ingin di cek kuota nya, kemudian klik “lanjutkan”.
  5. Masukkan kode verifikasi (OTP) yang dikirim ke nomor tersebut, kemudian klik “lanjutkan” lagi.
  6. Jika sudah berhasil masuk, sisa kuota dan informasi lain mengenai nomor kartu tersebut tertera di halaman utama.

Penutup

Semua cara diatas memang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Namun cara cek Kuota XL yang paling efektif yaitu menggunakan kode dial dan melalui SMS. Alasannya, kamu tidak perlu koneksi internet, atau terhubung ke jaringan apapun untuk melakukannya. Berbeda dengan cara menggunakan website dan aplikasi, kamu harus menggunakan kuota data atau jaringan Wi-Fi.

  • Share