Cara Cek RAM Laptop Windows 7, 8, 10 Dengan Mudah Terbaru 2021

  • Share
Cara Cek RAM Laptop

BantenDay.co.id – Cara cek RAM laptop bisa dilakukan dengan berbagai metode yang mudah. Namun pastinya tidak semua orang tau akan hal itu. Bahkan sebagian pengguna laptop justru tidak mengetahui spesifikasi apa saja dari perangkat yang digunakan. Memang ironis, namun begitulah kenyataannya, terlebih bagi pengguna yang mau tau akan hal itu dan hanya sekedar memakainya saja.

Dari semua spesifikasi yang ada pada perangkat laptop, RAM mempunyai peran penting dalam mendukung kinerja perangkat tersebut. Semakin besar RAM yang tersemat dalam sebuah laptop, semakin bagus pula kinerja yang kana diberikan. Namun tentu saja harus melihat spesifikasi lain yang mendukung akan hal itu.

Laptop masih banyak digunakan meskipun dunia digital telah diramaikan oleh ponsel pintar. Ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan melalui ponsel pintar, baik itu berbasis iOS maupun Android. Maka dari itu, laptop masih menjadi favorit bagi mereka yang ingin melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan di HP. Selain itu, beberapa aktivitas lebih mudah menggunakan perangkat PC tersebut daripada menggunakan HP. Misalkan saja untuk edit video, menggunakan laptop jauh lebih mudah dan lebih cepat dilakukan.

Bagaimana Cara Cek RAM Laptop?

Selain VGA dan storage, RAM juga sangat penting untuk diperhatikan. Pemakaian RAM yang berlebihan dapat menyebabkan perangkat tersebut menjadi lemot. Selain itu, penggunaan software atau aplikasi pada salah satu jenis PC ini juga harus dilihat berapa besar RAM yang digunakan.

Misalkan saja anda ingin menginstal software edit video, dimana aplikasi tersebut membutuhkan RAM yang cukup besar. Jika tidak mengetahui berapa RAM yang tersemat pada laptop yang digunakan, tentu saja hal itu menjadi sia-sia jika ternyata kapasitas RAM tidak mencukupi.

Baca Juga :   Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp Dengan & Tanpa Aplikasi

Cara cek RAM laptop bisa melalui beberapa metode, baik itu dengan membuka casing laptop, atau melalui perintah (command) yang ada di dalam windows atau OS lain yang digunakan. Beberapa cara juga bisa melihat sisa RAM yang terpakai dari versi windows yang digunakan. Apakah menggunakan windows 10, windows 7 atau 8.

Cara Cek RAM Laptop Tanpa Buka Casing

Bagaimana cara dek RAM laptop tanpa buka casing? Seperti yang telah disinggung diatas, anda bisa menggunakan cara memasukkan perintah pada windows yang digunakan. Dengan cara tersebut, akan tampil beberapa informasi mengenai  spec penting yang ada pada PC atau laptop.

1. Melihat Stiker atau Kardus Kemasan

Jika anda membeli laptop baru, pastinya mendapatkan kardus yang melindungi perangkat tersebut. Di sana tertera informasi kapasitas RAM dan juga spec lainnya, seperti jenis CPU atau prosesor yang digunakan, OS atau versi windows dan juga kapasitas memori internal (Hardisk).

Namun jika anda membeli laptop bekas, biasanya kardus tidak termasuk dalam pembelian tersebut karena rata-rata sudah dibuang atau dibuat kerajinan.  Apakah anda sudah memeriksa stiker yang ada pada perangkat yang dibeli? Jika belum, coba anda lihat sekarang, anda akan menemukan informasi yang sama persis dengan yang ada di kardus.

2. Cek RAM Laptop Windows 10 dengan CMD

Cara cek RAM laptop windows 10 atau versi lain seperti widows 7 dan 8 bisa dilakukan dengan menggunakan command prompt (CMD). Cara yang satu ini juga tanpa membuka casing. Anda hanya harus mengetahui perintah apa yang harus diberikan pada laptop atau PC. Lihat cara detail berikut!

  1. Klik ikon ‘windows’ disebelah kiri bawah.
  2. Ketik perintah ‘CMD’ lalu tekan ‘enter’.
  3. Pada tampilan CMD, ketik perintah ‘systeminfo’ kemudian tekan ‘enter’.
  4. Untuk mengetahui besar RAM yang digunakan pada perangkat tersebut, cari tulisan ‘Total Physical Memory’.
Baca Juga :   4 Cara Cek Kuota Indosat Dengan Mudah Dan Praktis Terbaru 2021

Perintah tersebut juga bisa digunakan sebagai cara cek RAM laptop yang terpakai. Untuk mengetahuinya, cari tulisan ‘Virtual Memory in Use’ yang artinya total memori RAM yang digunakan saat itu.

3. Cek Sisa RAM Laptop ASUS

Sebenarnya tidak hanya merek ASUS saja yang bisa menggunakan metode kali ini, melainkan hampir semua merek dan tipe laptop. Caranya yaitu menggunakan fitur Task Manager. Supaya lebih jelas, silahkan ikuti langkah mudah berikut!

  1. Buka fitur ‘Task Manager’. Ada tiga cara yang bisa dilakukan. Pertama dengan fasilitas pencarian, menggunakan shortcut ctrl+shift+esc, dan yang terakhir dengan klik kanan pada task bar bagian bawah kemudian pilih task manager.
  2. Setelah terbuka, pilih menu ‘performance’ yang ada pada jendela windows task manager tersebut.
  3. Lihat pada bagian ‘memory’, di situlah anda bisa melihat total RAM, yang terpakai dan juga yang masih tersisa.

Cara Cek RAM Laptop Rusak

Bagaimana cara cek RAM laptop rusak? Pastinya cara diatas tidak dapat digunakan. Namun jangan panik, karena kami di sini selalu memberikan solusi terbaik untuk setiap permasalahan yang anda hadapi. Cara satu-satunya yakni dengan membongkar dan membuka casing perangkat tersebut. Pastikan dulu bahwa anda sudah tahu seluk beluk dari laptop yang akan dibongkar. Jika tidak, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, alias laptop semakin rusak parah.

Membongkar casing bisa juga digunakan sebagai cara cek RAM laptop DDR berapa. Karena pada hardware RAM yang digunakan terdapat jenis DDR dari RAM tersebut. Selain itu, anda juga bisa melihat apakah slot yang diberikan perangkat itu menggunakan dual channel atau tidak.

Penutup

Tidak ada kata sulit sebelum mencoba, termasuk pada cara cek RAM laptop yang ternyata bisa dilakukan dengan banyak metode. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang sedang kebingungan mencari cara mengecek memori RAM yang digunakan pada perangkat laptop.

  • Share