Ukuran KTP Di MS Word, Pixel, Photoshop, Coreldraw, & Paint

  • Share
ukuran KTP
ukuran KTP

BantenDay.co.id – Sebagai warga di suatu negara, kamu diberikan kewajiban untuk memiliki identitas diri yang resmi dibikin oleh negara terkait. Identitas diri yang diwajibkan biasa disebut dengan Kartu Tanda Penduduk atau disingkat KTP. Tapi kamu tahu nggak, ternyata ukuran KTP yang ada di Indonesia itu berbeda loh dengan KTP dari negara lain di dunia.

Setiap negara di dunia, memiliki perbedaan mendasar terkait dengan KTP yang dibuatnya. Salah satunya adalah ukuran dari tanda pengenal tersebut. Mau tahu ukuran KTP yang ada di Indonesia dan juga yang ada di beberapa negara di dunia? Mari simak penjelasan berikut ini.

Ukuran KTP di Indonesia

Untuk menetukan ukuran dari tanda pengenal warga suatu negara,  ada standar internasional yang telah ditetapkan. Di Indonesia, ukuran dari kartu identitas merujuk pada International Organization for Standardization atau biasa disingkat ISO. Sebenarnya, untuk ukuran dasar dari KTP di Indonesia hanya punya selisih sekitar 1 sampai 2 cm dengan negara lain.

Ukuran dari KTP penting untuk diketahui. Apalagi di Indonesia, sekarang masih memiliki dua jenis KTP yakni KTP biasa dan KTP elektronik. Ukuran dari kedua KTP tersebut, harus kamu ketahui entah dalam satuan inchi, milimeter, sentimeter, dan juga ukuran pixel agar kamu lebih mudah ketika butuh untuk melakukan pencetakan KTP.

Bagi kamu yang saat ini membutuhkannya, inilah ukuran secara lengkap KTP yang ada di Indonesia

KTP Biasa

  • Satuan dalam Inci : 2,12 x 3,38
  • Satuan dalam Milimeter : 86 mm x 54 mm
  • Satuan dalam Sentimeter : 9 cm x 5 cm
  • Satuan dalam Pixel : 323 x 204 px
Baca Juga :   Cara Top Up DANA Lewat BCA [ ATM, BCA Mobile, & klikBCA ] 2021

Itulah ukuran dari KTP biasa yang ada di Indonesia. Dan, berikut ini ukuran dari KTP elektroniknya:

  • Satuan dalam Inci : 2,12 x 338 Inch
  • Satuan dalam Milimeter : 85,60 mm x 53,98 mm
  • Satuan dalam Sentimeter : 8,56 cm x 5,39 cm
  • Satuan dalam Pixel : 323 x 204 px

Nah, dengan ini, sekarang kamu jadi mengetahui besaran dari masing-masing jenis KTP yang ada di Indonesia. Begitu juga dengan orang yang mungkin membuka jasa fotokopi, print, atau yang sejenis. Dengan tau besaran dari masing-masing KTP, kamu bisa melayani para pelanggan dengan cepat dan mudah.

Baca Juga : Ukuran ID Card : Fungsi dan Standar Yang Perlu Diketahui

Ukuran dari ID Card Negara-negara di Dunia

Seperti yang tertulis di atas, ternyata negara-negara di dunia memiliki ukuran dari ID Card-nya sendiri, loh. Walaupun beda, tapi mereka tetap memakai standar internasional yang diberikan oleh ISO. Sebab pembuatan kartu tanda penduduk suatu negara, itu tidak boleh dilakukan sembarangan. Berikut ini beberapa ukuran dari berbagai negara:

1. Negara-negara di Amerika Serikat

Di negara superpower ini, ukuran untuk kartu tanda penduduknya dalam satuan sentimeter adalah 8,9 cm x 5,1 cm. Ini digunakan oleh beberapa negara yang ada di sekitaran Amerika Serikat juga, loh. Tak hanya untuk KTP, ukuran ini juga dipakai untuk kartu identitas lain seperti tanda pengenal, ID card, dan beberapa kebutuhan pengenal diri lainnya.

2. Negara-negara di Eropa

Untuk negara-negara di kawasan Eropa seperti Spanyol, Inggris, Italia, dan juga Prancis, mereka menggunakan ukuran 8.5 cm x 5,5 cm untuk ketentuan pembuatan kartu identitasnya. Hampir sama dengan negara-negara di Amerika Serikat. Ukuran ini juga digunakan untuk kartu pengenal lainnya yang terdapat di beberapa negara tersebut.

Baca Juga :   Savefrom Tiktok : Cara Menyimpan Video TikTok Tanpa Watermark

3. Belanda

Nah, untuk di negara Belanda, ukuran dari kartu identitas yang ada di sana adalah 8,9 cm  x 5,1 cm. Sama dengan kedua negara-negara di benua yang telah disebutkan di atas, ukuran ini menjadi standar untuk pembuatan kartu identitas lain yang digunakan oleh warga negara Belanda.

4. Negara-negara di Asia

Untuk negara-negara di benua Asia seperti China, Singapura, dan juga Hongkong juga memiliki perbedaan ukuran kartu identitasnya, loh. Tapi, jaran ukuran kartu identitasnya tidak terlalu jauh dengan negara-negara sebelumnya, kok. Ukurannya adalah 9,0 cm x 5,4 cm. Dan ini juga digunakan untuk kartu identitas yang digunakan oleh warga negaranya.

5. Jepang

Jepang, merupakan negara yang memiliki ukuran kartu identitas warga negara yang paling besar di dunia. Akan tetapi, selisihnya tidak jauh berbeda kok. Perbedaannya hanya berkisar antara satu sampai dua sentimeter saja. Ukuran kartu identitas yang ada di Jepang adalah sebesar 9,1 cm x 5,5 cm. Nggak jauh berbeda, kan?

Baca Juga : Ukuran Kertas A3 Dalam Satuan Inci, Sentimeter, Milimeter, dan Pixel

Ukuran kartu identitas dari berbagai negara-negara di dunia ini memang memiliki perbedaan. Akan tetapi, perbedaannya tidak terlalu mencolok. Sebab tadi, ada standar internasional yang telah ditentukan oleh ISO. Jadi perbedaanya tidak terlalu jauh. Lagipula, kalau KTP terlalu besar ukurannya, akan memakan banyak tempat.

Dengan ukuran KTP yang telah ditetapkan dan harus merujuk standar internasional, kita tidak perlu susah-susah membawa kartu identitas yang terlalu besar dan tidak masuk di dompet. Semoga dengan diketahuinya beberapa perbedaan dari kartu KTP di dunia, pengetahuan kamu bertambah dan juga bermanfaat ya!

  • Share