Ukuran Kertas A3 Dalam Satuan Inci, Sentimeter, Milimeter, dan Pixel

  • Share
Ukuran Kertas A3

BantenDay.co.idUkuran kertas A3 menjadi salah satu ukuran dari kertas jenis A yang telah merujuk pada standar internasional. Standar tersebut ditentukan oleh International Organization for Standardization atau biasa disingkat dengan ISO. Ukuran kertas ini, ditentukan oleh ISO 216 dalam satuan sentimeter yang bisa dikonversi menjadi satuan inci dan juga satuan milimeter.

Penentuan ukuran kertas ini, ditentukan berdasarkan dimensi panjang dan juga lebar suatu kertas dalam beragam satuan termasuk milimeter dan juga bisa diubah menjadi satuan lainnya. Hal ini ditentukan oleh ISO 216.

Sebenarnya, untuk kertas seri ataupun jenis A memiliki kurang lebih 11 ukuran yang berbeda. Ukuran tersebut di antaranya adalah A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan juga A10. Perbedaan ukuran kertas ini juga punya fungsinya masing-masing, loh.

Misalnya untuk ukuran kertas A3, biasanya digunakan untuk keperluan poster dan juga sebagai ukuran buku gambar yang ada di Indonesia. Selain buku gambar, ukuran tersebut juga digunakan sebagai ukuran suatu diagram, desain grafis, dan juga suatu poster.

Itu berdasarkan fungsi dan juga kegunaannya. Tapi, seberapa besar sih kertas A3 itu? Nah, berikut ini, akan diberikan penjelasan rinci mengenai ukuran kertas tersebut dalam satuan inci, sentimeter, milimeter, dan juga pixel. Penasaran? Yuk lanjut untuk membacanya!

Ukuran Kertas A3

Walaupun sudah diketahui bahwa ukuran kertas tersebut adalah ukuran yang digunakan untuk suatu poster, desain grafis, dan juga ukuran buku gambar yang ada di Indonesia, kamu tetap perlu untuk mengetahui ukurannya secara rinci dalam berbagai satuan. Berikut ini adalah rincian ukuran dari kertas tersebut :

Baca Juga :   10 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Tercepat Dan Terbaru 2021

1. Ukuran A3 dalam Satuan Inci

Dalam menghitung sebesar apa kertas ini, panjang dan lebarnya dalam satuan inci adalah sebagai berikut :

  • Dalam satuan inci, kertas A3 adalah sebesar 11,69 x 16,54 inci

2. Ukuran A3 Dalam Satuan Sentimeter

Untuk satuan ukuran selanjutnya adalah sentimeter. Besar dari kertas tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dalam satuan sentimeter, kertas A3 adalah sebesar 29,7 x 42,0 cm

3. Ukuran A3 Dalam Satuan Milimeter

Untuk satuan milimeter, besaran dari kertas A3 memiliki panjang dan lebar sebagai berikut:

  • Dalam satuan milimeter, kertas A3 adalah sebesar 210 x 297 mm

4. Ukuran A3 Dalam Satuan Pixel

Dan untuk ukuran A3 dalam satuan pixel, hal ini ditentukan dengan penyesuaian dengan konfigurasi jumlah dari titik warna dalam setiap inci. Biasanya disebut dengan Dots Per Inch (DPI). Dalam ilmu desain grafis, titik warna tersebut biasa disebut dengan pixel. Nah, panjang dan lebar kertas A3 dalam satuan pixel adalah sebagai berikut:

  • Ukuran A3 dalam satuan pixel 300 DPI adalah sebesar 3509 x 4980 pixel
  • Ukuran A3 dalam satuan pixel 150 DPI adalah sebesar 1754 x 2480 pixel
  • Ukuran A3 dalam satuan pixel 96 DPI adalah sebesar 1123 x 1587 pixel
  • Ukuran A3 dalam satuan pixel 72 DPI adalah 842 x 1191 pixel

Ukuran kertas seri A ini, awalnya ditentukan pada pertengahan abad ke-20. Pada mulanya, standar ukuran ini hanya diterapkan di Eropa. Namun menyebar untuk dijadikan standar ukuran di seluruh dunia dan hingga saat ini masih digunakan sebagai ukuran kertas berstandar internasional yang merujuk pada ISO 216 (International Organization fo Standardization)

Itu untuk ukuran A3 yang biasa. Ternyata, ada juga loh ukuran khusus untuk kertas A3 plus. Nah kalau A3 plus, ukuran panjang dan lebarnya adalah sebagai berikut:

  • Panjang dan lebar kertas A3 plus dalam satuan inci : 12 x 19,17 inci
  • Panjang dan lebar kertas A3 plus dalam satuan sentimeter : 30,5 x 48,7 cm
  • Panjang dan lebar kertas A3 plus dalam satuan milimeter : 320 x 483 cm
Baca Juga :   Aplikasi Penghasil Uang Halal Tanpa Undang Teman Tanpa Modal

Nah, kertas A3 plus ini ternyata memiliki fungsi dan kegunaannya tersendiri, loh. Kertas ini biasanya banyak digunakan oleh para desainer grafis sebagai medianya dalam menelurkan karya. Selain itu, kertas A3 plus juga biasa digunakan untuk keperluan printer dengan laser untuk keperluan biasa maupun untuk keperluan besar dalam skala bisnis.

Tidak hanya itu, kertas A3 plus juga biasa digunakan untuk karya kartun, kartun bw, art paper, dan juga stiker cromo, serta banyak kegunaan lainnya. Kamu pernah disuruh mencetak proposal skripsi atau file skipsi final yang kamu miliki? Ukuran kertas yang digunakan itu adalah jenis A3, loh.

Ternyata, banyak juga ya fungsi maupun kegunaan dari kertas jenis ini. Dengan diketahuinya ukuran kertas A3 dari penjelasan di atas, tentunya kamu makin mengerti dong terkait rincian ukuran dalam berbagai satuan yang ada. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membawa manfaat bagi kamu, ya!

  • Share