Ukuran ID Card : Fungsi dan Standar Yang Perlu Diketahui

  • Share
Ukuran ID Card

BantenDay.co.id – ID Card merupakan salah satu barang yang penting bagi beberapa orang. Pemakaiannya sudah sering kita lihat di berbagai perusahaan. Jika kamu seorang karyawan, maka kamu perlu untuk memiliki ID card untuk beragam keperluan. Ukuran ID card dan jenisnya juga bermacam-macam. Ada sekian perbedaan yang perlu kamu ketahui untuk bisa membuatnya sesuai standar.

Fungsi ID Card Secara Umum

Pada umumnya, memang ID card digunakan sebagai tanda pengenal dan juga sebagai kartu identitas tentang diri kamu. Tapi sekarang ini, ID card tidak hanya berfungsi sebagai tanda pengenal, loh. Ada sekian kegunaan dari ID card ini jika kamu memilikinya:

1. Presensi Seorang Karyawan

Memang, dulu ID card hanya digunakan sebagai kartu identitas untuk tanda pengenal kamu. Tapi sekarang, sudah banyak perusahaan yang menggunakan ID card untuk presensi seorang karyawan yang bekerja di dalamnya. Penggunaannya juga sangat canggih, kamu hanya tinggal melakukan scan dengan tap pada mesin absen yang telah disediakan.

Kemudian, alat tersebut secara otomatis akan mendeteksi sesuai dengan pin yang ada dalam ID card yang kamu miliki. Jadi, fungsi ID card untuk saat ini sangat penting bagi seorang karyawan. Jika sewaktu-waktu kamu lupa membawanya, kamu bisa dianggap bukan karyawan perusahaan tempatmu bekerja, loh. Dan kamu akan dianggap absen dengan alasan yang tidak jelas.

2. Mendapatkan Kesan Formal

Salah satu fungsi lain dari adanya ID card adalah untuk mendapatkan kesan formalitas dari diri kamu. Hal ini bisa dipakai saat kamu mendapatkan tugas kunjungan kerja ke suatu tempat yang ditentukan perusahaan, bertemu dengan klien, atau juga melakukan rapat khusus bersama dengan orang-orang penting.

Baca Juga :   5 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Online Terbaru 2021

Dengan adanya ID card, selain menjadi identitas kamu dan dari perusahaan mana kamu berasal, kamu juga akan mendapatkan tampilan yang tepat untuk melakukan berbagai kegiatan formal yang diselenggarakan oleh perusahaan. Kalau tidak membawanya, wah bisa gawat.

Kurang lebih, itulah yang menjadi fungsi dan kegunaan lain dari ID card selain untuk tanda pengenal. Bisa dibilang, saat ini ID card menjadi salah satu barang yang multifungsi. Selain untuk kegunaan perusahaan, dengan ID card ini kamu juga bisa terlihat fashionable. ID card bisa juga digunakan sebagai aksesoris dari pakaian yang kamu gunakan.

Nah, selain punya perbedaan fungsi, ternyata ukuran ID card juga beragam, loh. Mungkin memang pada umumnya orang-orang menganggap bahwa ukuran dari ID card tidak memiliki perbedaan. Tapi sebenarnya, banyak loh ukuran dari ID card. Fungsi, desain, dan kegunaannya juga berbeda, loh. Simak penjelasan berikut ini, ya!

Baca Juga : Ukuran Kertas A3 Dalam Satuan Inci, Sentimeter, Milimeter, dan Pixel

Berbagai Ukuran ID Card

1. ID Card B1

Untuk ukuran pertama, ini adalah ID card B1. ID card ini merupakan ukuran terkecil dari beragam ukuran lainnya. Desain yang digunakan juga simpel dan biasanya juga ringan. ID card B1 juga biasa digunakan oleh panitia yang menyelenggarakan suatu event. Selain karena murah, desain dengan tali lanyard dan juga indah bisa didapatkan oleh panitia suatu event.

2. ID Card B2

Untuk ukuran kedua, yakni ID card B2. Ukuran yang dipakai sedikit lebih besar dari ukuran B1. ID card ini  biasanya masih dipakai untuk kepanitiaan suatu event. Selain itu, kartu ini digunakan untuk pengenal peserta dari suatu kegiatan termasuk tes masuk kerja dan lain-lain. Di dalamnya, berisi detail gambar dan tulisan yang lebih jelas lantaran ukurannya sebesar 12,6 x 7,9 cm.

Baca Juga :   Aplikasi Survey Penghasil Uang / Saldo Dana Terbaik Dan Aman 2021

3. ID Card B3

Ukuran ID card ini tentu lebih besar daripada dua ukuran dari kartu identitas yang ada di atas. Paling mencolok adalah dari segi kegunaanya. Biasanya, ID card B3 ini sering digunakan dalam acara-acara resmi dan formal dalam suatu seminar ataupun kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan. Jarang terlihat ID card ini dipakai saat acara-acara santai dan non-formal.

4. ID Card B4

Untuk ukuran dalam satuan sentimeter, ID card B4 adalah sebesar 13,5 cm x 9,5 cm. ID card ini biasanya digunakan sebagai name-tag banyak perusahaan besar dan terkadang juga dari perusahaan start-up. Kelebihannya ada pada bungkus plastik waterproof yang bisa melindungi identitas kamu saat hujan deras.

5. ID Card A1

Nah, untuk ukuran ini, jika kamu memakainya maka akan tampil kesan eksklusif. Ini biasa digunakan oleh para pegawai agar pemakainya terlihat lebih formal. ID card ini juga hampir sama dengan ukuran B4, ia juga memiliki plastik pelindung agar identitas yang ada di dalamnya tidak mudah rusak dan tahan lama.

6. ID Card A2

Dan, terakhir ada ukuran dari ID card A2. Tentang kegunaannya, ukuran ini biasa digunakan untuk tempat kartu nama. Selain itu, jika menggunakan ID card ini, kamu bisa memuat beberapa informasi secara detail lantaran ukurannya yang agak besar. Selain itu, kamu masih bisa meletakkan foto dan identitas lengkap tentang diri kamu di dalamnya.

Itulah keenam jenis ukuran dan juga fungsi serta kegunaan dari ID card. Dengan adanya informasi ini, semoga ada manfaat yang bisa kamu dapatkan, ya!

  • Share