Cara Mempercepat Koneksi Internet Di HP Dan Laptop Tanpa Aplikasi

  • Share
Cara Mempercepat Koneksi Internet

BantenDay.co.id – Banyak cara mempercepat koneksi internet yang bisa dilakukan, baik itu di perangkat HP atau PC, dengan menggunakan layanan data atau Wi-Fi. Tentunya masing-masing cara ada yang sama dan ada pula yang berbeda. Tergantung dari perangkat yang digunakan serta menggunakan jaringan apa. Salah satunya anda bisa memilih jaringan yang digunakan, maksudnya memilih jaringan yang mempunyai kualitas sinyal dan sudah mendukung 5G. Namun itu saja masih belum cukup, ada hal penting lain yang harus diketahui.

Kebutuhan sehari-hari tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Dalam hal belanja saja, anda bisa melakukannya melalui perangkat PC maupun HP yang sudah tersambung dengan jaringan yang dimaksud. Dalam hal belajar dan bekerja? Akses internet cepat dan kencang tentu menjadi salah satu pendukung utama.

Koneksi internet menjadi hal yang sangat penting dan krusial saat ini. Koneksi yang lemot bisa jadi menjengkelkan karena kebanyakan orang tidak betah menunggu lama-lama. Apalagi jika kebutuhan tersebut untuk akses informasi penting, baik berupa video maupun tampilan website. Terlebih jika kepentingan yang dimaksud untuk pekerjaan sehari-hari, pastinya menjengkelkan. Lalu, bagaimana cara yang efektif untuk mempercepat koneksi internet tersebut? Tergantung dari perangkat dan jenis jaringan yang anda gunakan saat ini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP

Anda menggunakan HP sebagai penunjang aktivitas sehari-hari? Koneksi pada perangkat tersebut tidak sesuai keinginan? Pertama anda harus mengecek terlebih dahulu jenis jaringan yang digunakan. Jika sudah yakin bahwa kualitasnya bagus dan mencukupi untuk internet kencang, namun masih saja lemot jika digunakan di HP, cara berikut mungkin bisa anda coba lakukan!

Baca Juga :   Cara Menambah Followers Instagram Gratis Aman Tanpa Password

Hapus Cache

Setiap data atau aplikasi yang anda gunakan pastinya meninggalkan cache di perangkat tersebut. Jika sudah menumpuk banyak, kemungkinan koneksi internet terganggu dengan semakin menipisnya kapasitas memori. Untuk itu, sebaiknya anda hapus cache secara berkala.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android dengan Ad-blocker

Bisa jadi permasalahan bukan dari perangkat HP yang digunakan, baik itu iPhone maupun Android, melainkan dari halaman yang anda akses. Misalkan begini, anda sedang mengakses situs tertentu, kebetulan situs tersebut menampilkan banyak iklan pop up. Tentu saja hal ni dapat mempengaruhi kecepatan loading dari situs yang dibuka. Menggunakan Ad-blocker di HP bisa jadi memberikan solusi praktis dan efektif sebagai cara mempercepat koneksi internet.

Tutup Aplikasi yang tidak Terpakai

Seringkali yang dilakukan ketika tidak lagi menggunakan aplikasi yang sebelumnya dipakai yaitu dengan menekan tombol home. Padahal langkah itu tidak sepenuhnya menutup aplikasi tersebut, artinya masih berjalan di latar belakang.

Oleh karena itu, pastikan anda menutup aplikasi yang tidak digunakan sebelum menggunakan aplikasi lain. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang perangkat, semakin memberatkan kinerja ponsel yang akan berakibat menurunnya kecepatan internet.

Menggunakan Aplikasi VPN

Jangan hanya beranggapan bahwa aplikasi VPN hanya bermanfaat untuk membuka situs yang diblokir. Sebenarnya aplikasi yang satu ini mempunyai peran penting dalam hal mempercepat koneksi internet, tentu saja tergantung dari server yang dipilih.

Cara Mempercepat Koneksi Internet PC

Selain di Android, cara mempercepat koneksi internet juga perlu dilakukan jika bermasalah pada perangkat PC. Tentunya ada beberapa cara yang berbeda dari kedua perangkat tersebut. Namun sebelumnya, anda harus memastikan penggunaan jaringan pada perangkat tersebut. Meskipun sebenarnya semua provider memberikan koneksi yang kencang, namun beberapa daerah pasti memiliki kelemahan sinyal dan jaringan. Berikut beberapa cara yang mungkin anda butuhkan!

Clear Cookies dan History

Sama halnya dengan membersihkan cache di HP, perangkat PC berupa laptop maupun komputer juga sangat penting untuk menghapus cache, cookies dan history dari browser yang digunakan.

Jangan Membuka Tab Berlebihan

Kelebihan PC jika dibandingkan dengan HP memang bisa dilihat dari efektivitas dalam melakukan browsing. Anda bisa membuka banyak tab sekaligus dengan cara yang mudah. Namun perlu diketahui, membuka tab secara bar-bar bisa membuat kinerja PC semakin menurun, hal ini bisa menjadi salah satu alasan kenapa koneksi internet bisa lemot.

Baca Juga :   Cara Berlangganan Netflix Di HP / Laptop Tanpa Kartu Kredit

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC dengan Modem

Jika anda menggunakan modem sebagai media koneksi internet, sebaiknya terus melakukan pengecekan secara berkala. Modem yang digunakan terlalu lama bisa menjadi panas sehingga kinerjanya semakin menurun. Membiarkan dan mendinginkan terlebih dahulu bisa menjadi langkah efektif sebagai cara mempercepat koneksi internet pc.

Update Antivirus

Apakah anda yakin bahwa lambatnya koneksi tersebut bukan karena disebabkan oleh serangan virus atau malware? Jika tidak yakin, sebaiknya gunakan antivirus yang selalu di update. Sangat disarankan untuk menggunakan versi dari developer aslinya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wi-Fi

Saat ini Wi-Fi telah banyak digunakan di beberapa tempat, baik itu rumah, sekolah, instansi pemerintah bahkan tempt umum. Jika anda menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah dan sedang dalam keadaan lemot, cara berikut mungkin bisa anda lakukan!

Perhatikan Jangkauan Router

Semakin tinggi router bukan berarti semakin kencang koneksi atau jaringan yang didapat. Sekilas mungkin bisa jadi benar, namun jika jangkauan di perangkat HP atau laptop terlalu jauh, justru bisa menjadi salah satu penyebab koneksi lambat.

Batasi Jumlah Pengguna

Hal yang tidak banyak diketahui pengguna Wi-Fi yakni dari jenis kecepatan paket yang disediakan. Misalkan anda memilih paket dengan kecepatan 50 Mbps, bukan berarti semua perangkat yang tersambung mendapatkan kecepatan tersebut. Melainkan akan dibagi sesuai dengan perangkat yang tersambung. Jadi dengan membatasi jumlah pengguna, otomatis juga bisa sebagai salah satu cara mempercepat koneksi internet Wi-Fi.

Kesimpulan

Cara mempercepat koneksi internet dari berbagai perangkat dan juga jenis jaringan yang digunakan diatas tidak selalu berhasil. Artinya, semua tergantung dari penyebab utama kenapa koneksi menjadi lambat. Namun setidaknya secara garis besar, solusi dan tips diatas bisa anda jadikan langkah awal sebelum menghubungi pihak provider.

  • Share