Cara Mengatasi Laptop Hang (Tidak Bisa Bergerak) Saat Baru Dinyalakan

  • Share
Cara Mengatasi Laptop Hang

BantenDay.co.id – Saat ini laptop menjadi peran penting dikehidupan sehari-hari untuk beraktivitas. Pasalnya, dengan laptop pekerjaan yang kita jalani akan lebih mudah dan cepat. Terlebih jika laptop memiliki tampilan yang sederhana dan bisa dibawa kemana saja untuk berbagai kebutuhan. Sehingga laptop sangat mustahil untuk dipisahkan dengan aktivitas kita selama ini. Lantas bagaimana Cara Mengatasi Laptop Hang ? Berikut ulasan lengkapnya.

Masalah yang tidak bisa dihindari bagi pengguna komputer / laptop yaitu hang. Tentu hal ini membuat kita tidak nyaman dan membuat aktivitas kita menjadi terganggu. Penyebab hang dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya terlalu banyak aplikasi yang terinstall didalam perangkat, sehingga membuat laptop menjadi hang atau not responding. Tentunya masih banyak faktor lainnya.

Laptop yang hang, tidak bisa kita duga sebelumnya karena kerap sekali datang secara tiba-tiba. Masalah ini bisa terjadi pada sistem operasi windows jenis apapun seperti Windows 7, Windows 8, atau Windows 10. Maka dari itu diulasan kali ini kami akan menyimak tentang Cara Mengatasi Laptop Hang yang bisa kalian coba menerapkannya. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Penyebab Laptop Menjadi Hang

Sebelum masuk ke pembahasan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab laptop / komputer menjadi hang ketika digunakan yang wajib kalian ketahui dan harus kalian perhatikan. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  • Memory tidak cukup
  • Banyak program yang terinstall
  • Banyak startup program dan service yang berjalan
  • Masalah hardisk
  • Terdapat corrupt didalam system files / hilang
  • Banyak program yang berfungsi sebagai security program
  • Terdeteksi virus, malware, atau spyware
  • Koneksi pada jaringan
Baca Juga :   Social Spy WhatsApp : Kelemahan & Cara Menggunakannya Terbaru 2021

Kalian bisa mengecek kondisi laptop yang tiba-tiba hang untuk segera diperbaiki. Sebelum kalian membawanya ke tukang service, sebaiknya lakukan cara mandiri dengan dua cara yang bisa kalian coba. Kami akan membagikan tutorial lengkapnya dibawah ini untuk kalian ikuti. Simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Laptop Hang Mode BIOS

Jika laptop mengalami hang ketika proses booting, langkah pertama yang bisa kalian coba adalah menggunakan mode BIOS. Lantas bagaimana caranya? Silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama-tama, silahkan restart laptop dan tekan beberapa saat tombol F2 sampai muncul tampilan jendela untuk masuk ke BIOS
  2. Setiap merk laptop berbeda-bedam selain F2 terdapat pula tombol lain yang harus ditekan
  3. Setelah berhasil masuk ke BIOS, Pilih bagian Advanced BIOS Features
  4. Kemudian carilah Bios Cache >> Klik Disable >> lalu save dengan cara klik F10 >> Enter
  5. Selesai

Jika laptop mengalami masalah gang ketika baru dinyalakan, kemungkinan besar penyebab utamanya adalah program windows yang bermasalah. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya missing file system, corrupt hingga terkena virus. Dan cara mengatasinya yaitu scan registry dengan menggunakan CCleaner serta Scan Virus dengan menggunakan antivirus. Jika laptop mengalami masalah not responding ketika menjalankan program, maka cara mengatasinya adalah membuka task manager yang bisa kalian simak caranya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Google Terus Berhenti Di HP Samsung, Xiaomi, Oppo, Dll

Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Task Manager

Cara selanjutnya yakni dengan task manager, dimana keadaan laptop not responding ketika membuka suatu program. Tas manager biasanya dibukan ketika mematikan aplikasi atau program yang berjalan dibelakang layar. Begini cara mengatasinya.

  1. Pertama, silahkan buka task manager dengan cara shortcut tombol Ctrl+Shift+Esc
  2. Kemudian klik More Details, agar bisa melihat lebih banyak tas manager
  3. Dan untuk emmatikan program atau aplikasi yang berjalan di background, silahkan pilih Startup
  4. Kalian akan ditampilkan dengan banyak program atau aplikasi yang berjalan di background, silahkan pilih Aplikasi / Program yang dianggap mengganggu kinerja perangkat yang kalian miliki >> Klik kanan dan pilih Disable
  5. Selesai
Baca Juga :   Sound of Text WA : Unbah Teks Di WhatsApp Jadi Suara Terbaru 2021

Tak perlu cemas jika kalian berfikir aplikasi tersebut tidak bisa digunakan lagi, melainkan program ini hanya akan berhenti ketika kalian menyalakan laptop lagi. Silahkan lakukan cara diatas jika laptop kalian menampilkan masalah not responding, agar masalah cepat terselesaikan dan laptop tidak hang.

Akhir Kata

Sekian ulasan dari kami mengenai Cara Mengatasi Laptop Hang, silahkan terapkan dua cara yang telah kami bagikan diartikel ini sesuai dengan kondisi laptop yang kalian miliki. Lakukan cara mandiri agar tidak perlu lagi membawanya ke tukang service. Semoga bermanfaat, terimakasih.

  • Share