Sound of Text WA : Unbah Teks Di WhatsApp Jadi Suara Terbaru 2021

  • Share
Sound of Text WA

BantenDay.co.id – Pernahkah kamu menulis sesuatu di Google translate, kemudian menekan tombol dengan ikon speaker? Saat itu muncul suara mbak-mbak dari Google yang mengucapkan teks yang kamu tulis, persis apa yang sudah kamu tulis di kolom. Seperti itulah gambaran sound of text WA yang akan kami bahas secara mendetail kali ini.

Sayangnya, pada Google translate tersebut tidak ada menu download, sehingga kamu tidak bisa menyimpan hasil konversi teks menjadi suara tersebut untuk dijadikan nada dering atau hal lain yang berhubungan dengan Whatsapp. Namun jangan khawatir, kami akan membahas dengan lengkap mengenai hal tersebut tanpa melewatkan detail sedikitpun.

Kelebihan Sound of Text WA

Sound of Text merupakan teknologi yang sudah lama dipakai Google dalam mengaplikasikan kemudahan pada salah satu fitur nya, yakni Google translate. Hal inilah yang menjadikan kreator menciptakan sesuatu yang unik dan menarik dari mesin pengubah suara tersebut. Tidak lain dan tidak bukan dengan menggunakan hal serupa namun bisa disimpan untuk bisa dijadikan nada dering Whastapp.

Apa saja kelebihan dari situs sound of text WA yang satu ini? Iya, kamu tidak salah baca, memang Sound Of Text merupakan sebuah situs seperti halnya Google translate yang mampu mengubah tulisan menjadi suara.

1. Gratis

Tidak perlu membeli aplikasi atau membayar jasa untuk membuat suara mirip google. Kamu bisa menggunakan situs soundoftext.com yang bisa digunakan kapan pun dan dimana pun tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

2. Mudah Untuk Digunakan

Selain gratis, kamu juga bisa menggunakannya walaupun masih terbilang “bau kencur” dalam hal macam ini. Tinggal masukkan teks, pilih gaya bahasa dan download hasilnya. Mudah bukan? Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada bab khusus.

Baca Juga :   Batas FUP Indihome 2021 & Cara Mengecek FUP Indihome

3. Banyak Pilihan Gaya Bahasa

Sebenarnya beberapa situs lain juga ada yang bisa digunakan sebagai pengubah suara, namun soundoftext lebih unggul karena mempunyai berbagai pilihan gaya bahasa. Gaya tersebut nantinya yang menentukan pelafalan dari teks yang kamu tulis.

Cara Menggunakan Sound of Text Whatsapp

Sudah tahu kan kelebihannya? Saatnya kamu juga harus tahu bagaimana cara membuat nada dering Whatsapp dari hasil sound of text ini. Sebelumnya, kamu siapkan kalimat atau teks yang ingin diubah menjadi suara, kemudian ikuti langkah berikut!

  1. Kunjungi situs soundoftext.com.
  2. Masukkan teks atau kalimat yang sudah disiapkan kedalam kolom “Text”.
  3. Dibawah ada tulisan “voice”, itulah nantinya yang akan dijadikan pilihan gaya bahasa. Silahkan kamu pilih bahasa apa yang diinginkan. Jika mau coba-coba juga silahkan, mumpung gratis.
  4. Kalau sudah, klik “submit”.
  5. Scroll sedikit ke bawah, pada bagian “sound” kamu bakal menemukan teks yang tadi dimasukan. Klik “play” untuk mencoba hasilnya, atau “download” untuk langsung menyimpan di memori.

 Bagaimana, mudah bukan? Sudah paham semua langkah diatas? Pastinya sudah dong, cara diatas sudah cukup lengkap dan detail untuk kamu ikuti. Selanjutnya, bagaimana caranya agar bisa digunakan sebagai nada dering WA?

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp

Sejatinya, ringtone Whatsapp menggunakan file jenis MP3 atau file dengan format suara lainnya. sedangkan file yang kamu download dari soundoftext.com tadi sudah berupa file yang dibutuhkan, yakni MP3, jadi bisa langsung dipakai sebagai pengganti nada dering lama.

  1. Buka aplikasi Whatsapp.
  2. Pilih ikon “tiga titik vertikal”.
  3. Tekan “setting” atau “pengaturan”.
  4. Pilih “notifikasi”.
  5. Selanjutnya, kamu pilih bagian nada dering mana yang ingin diganti, misalkan “nada notifikasi”, kamu tekan itu dan pilih file yang sudah di download tadi.
  6. Terakhir kamu tekan “OK”.
Baca Juga :   Savefrom Tiktok : Cara Menyimpan Video TikTok Tanpa Watermark

Untuk mengetahui apakah sudah berhasil atau belum, kamu coba langsung saja ya, yakni dengan memulai obrolan dengan salah satu teman. Tunggu sampai dia membalas dan dengarkan apakah ringtone sudah berubah atau belum.

Cara Membuat Sound of Text Bahasa Jawa

Bagi suku Jawa dan ingin membuat sound of text bahasa jawa, kamu juga bisa kok menggunakan mesin pengubah teks menjadi suara ini. Namun kamu butuh situs lain untuk membuatnya, karena situs diatas belum tersedia untuk layanan bahasa jawa.

  1. Kunjungi situs https://www.voiceoftext.com.
  2. Scroll ke bawah, cari dan buka “Download Google Voice Javanese”.
  3. Masukkan teks bahasa jawa pada kolom “VOICE OF TEXT”.
  4. Tekan “convert to voice”.
  5. Tekan lagi “ikon download” berwarna biru di bawahnya.
  6. Cek apakah sudah sesuai dengan cara klik “ikon play”.
  7. Download hasilnya jika sudah pas dengan cara klik “ikon tiga titik vertikal” kemudian klik “download”.

Selanjutnya, kamu ganti nada dering Whatsapp dengan sound of text seperti cara diatas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan untuk bahasa sunda lho!

Baca Juga : Aplikasi Penghasil Saldo DANA Tercepat 2021 Tanpa Mengundang Teman

Kesimpulan

Sampai saat ini, sound of text whatsapp hanya sebatas digunakan untuk mengganti teks menjadi suara p[ada umumnya. Jadi masih belum support  untuk mengubah suara bayi, anak kecil dan bahkan spongebob. Walaupun begitu, rasanya sudah cukup lucu dan unik menggunakan suara standar bawaan Google.

  • Share