Ukuran Kertas A2 Dalam MM, CM, Inchi, & Pixel dan Penggunaannya

  • Share
ukuran a2

BantenDay.co.id – Penggunaan kertas memang tidak jauh dari kegiatan sehari-hari. Seperti contohnya pekerjaan, baik dalam kegunaan untuk menulis, membuat karya, dan mencetak dokumen, pastinya selalu memakai kertas. Salah satu jenis kertas yang cukup familiar adalah ukuran kertas A2. Dalam pembahasan kali ini akan dikupas tuntas mengenai satuan, jenis dan kegunaan kertas A2.

Selama ini, standar penggunaan kertas memang memakai seri A. Apalagi jenis kertas ini juga mudah sekali dianggarkan perkantoran. Semua toko kertas selalu menyediakan ukuran dan ketebalan kertas menyesuaikan kebutuhan para penggunanya. Jika kamu belum memahami mengenai langkah mudah untuk mengetahui ukuran kertas tersebut, berikut ini penjelasannya.

Jenis Kertas Ukuran A2 dari Berbagai Satuan

Saat kamu membeli kertas ukuran A2, sebaiknya langkah pertama supaya tidak salah beli adalah melihat kemasannya. Disana sudah dituliskan jenis kertas dalam berbagai merk beserta ukurannya. Sesuaikan denga kebutuhan yang akan kamu gunakan. Inilah cara paling mudah untuk menghitung secara rinci ukuran kertas A2.

Kertas A2 dalam satuan MM ( 420 mm x 594 mm).

Artinya kertas A2 memiliki lebar 420 mm dan panjang 594 mm. Untuk mendapatkan hasil cetakan dokumen memakai jenis kertas A2, silahkan kamu menyesuaikan besaran kertas dengan rincian tersebut. Apabila kurang dari ukuran tersebut, sudah bisa dipastikan jika hasil cetakan tidak akan penuh atau terpotong.

Baca Juga :   Ukuran Kertas A3 Dalam Satuan Inci, Sentimeter, Milimeter, dan Pixel

Kertas A2 dalam satuan CM ( 42,0 cm x 59,4 cm).

Artinya kertas A2 memiliki lebar 42,0 cm dan panjang 59,4 cm. Untuk mendapatkan hasil cetakan dokumen memakai jenis kertas ini, silahkan kamu menyesuaikan ukuran kertas dengan rincian tersebut. Apabila kurang dari ukuran tersebut, sudah bisa dipastikan jika hasil cetakan tidak akan penuh atau terpotong.

Kertas A2 dalam satuan Inci ( 16,54 inci x 23,39 inci).

Artinya kertas ini memiliki lebar 16,54 inci dan panjang 23,39 inci. Untuk mendapatkan hasil cetakan dokumen memakai jenis kertas ini, silahkan kamu menyesuaikan ukuran kertas dengan rincian tersebut. Apabila kurang dari ukuran tersebut, sudah bisa dipastikan jika hasil cetakan tidak akan penuh atau terpotong.

Kertas A2 dalam ukuran Pixel

Apabila kamu ingin memakai kertas ukuran A2 dalam kebutuhan software editing, sebaiknya untuk memaksimalkan hasil cetakan silahkan mengetahui besaran pixelnya. Hal ini bisa diliat dari besarnya resolusi DPI yang ada pada menu pilihan. Secara umum resolusi yang sering digunakan dalam mencetak adalah 300 dpi dengan ukuran 3508 pixel x 4961 pixel.

Sedangkan jika kamu ingin melakukan konversi kertas A2 ke pilihan pixel lain, silahkan memahami ukurannya dibawah ini.

  • Kertas A2 -72 PPI memiliki besaran pixel (1191 x 1684).
  • Kertas A2 – 96 PPI memiliki besaran pixel ( 1587 x 2245 ).
  • Kertas A2 – 150 PPI memiliki besaran pixel ( 2480 x 3508 ).
  • Kertas A2 – 300 PPI memiliki besaran pixel (4960 x 7016).
  • Kertas A2 – 600 memiliki besaran pixel (9933 x 14043).
  • Kertas A2 -720 memiliki besaran pixel ( 11906 x 16838 ).
  • dan Kertas A2 -1200 PPI memiliki besaran pixel ( 19842 x 28066 ).

Tingkat pengaturan PPI memang akan menentukan kualitas dokumen saat kamu ingin mencetak dan memakai kertas A2. Semakin bagus PPI maka kualitasnya juga semakin baik. Namun semakin besar PPI juga akan mempengaruhi besarnya dokumen ketika kamu menyimpannya.

Baca Juga :   SssTikTok : Situs Download Video TikTok Tanpa Watermark & Lagu TikTok

Penggunaan dan Cara Mengatur Kertas A2

Kertas ukuran A2, jika dilihat dari segi kegunaannya memang begitu unik. Bukan hanya mudah ketika kamu memakainya, tetapi juga memiliki kegunaan lain seperti berikut ini.

  • Jika dilipat menjadi dua bagian sama, maka sisi terpendek kertas bisa digunakan sebagai kertas ukuran A3.
  • Dua halaman ukuran kertas A2 jika digabungkan akan menjadi ukuran kertas A1.
  • Resolusi minimal pemakaian kertas ini 2480×3508 pixel dengan size 150 ppi. Resolusi yang sama saat pencetakan koran dan poster.
  • Saat dicetak dengan ukuran 4960 x 7016 pixel, maka hasilnya sangat optimal karena memiliki resolusi bagus.

Untuk lebih maksimal dari segi cetakan, maka kertas ukuran tersebut harus diatur maksimal. Jika PC atau laptop yang kamu gunakan belum otomatis, langkah untuk melakukan setting adalah berikut ini.

  • Silahkan masuk ke menu “Page Layout”, kemudian klik “Margin”.
  • Klik selanjutnya “Size”, temukan pilihan dan silahkan menentukan jenis A2.
  • Klik “OK” untuk menyetujui maka dokumen langsung bisa dicetak.

Ketika kamu ingin mencetak kertas ukuran A2, sebaiknya perhatikan lebih dulu ukuran resolusi dan size gambar tersebut. Dengan menempatkan ukuran sedang, poster dan cetakan A2 memang lebih rapat dan cerah. Meski memakai resolusi sedang sudah bagus, gunakan resolusi normal untuk hasil yang jauh lebih menjanjikan. Sekian semoga bermanfaat!

  • Share