Contoh Iklan Menarik ( Produk, Minuman, Minuman, & Layanan Masyarakat )

  • Share
contoh iklan

BantenDay.co.id – Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, persaingan bisnis juga semakin ketat. Saat anda ingin menawarkan atau memperkenalkan produk baru, iklan adalah slah satu cara yang harus dilakukan untuk hal tersebut. Namun tentunya anda membutuhkan contoh iklan terbaik agar bisa membujuk dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang apa tujuan dari iklan yang anda lakukan.

Iklan seringkali kita jumpai dalam bentuk promosi, baik itu barang atau jasa. Tidak dapat di pungkiri, promosi merupakan jantung dari perkembangan bisnis yang anda jalankan. Coba saja kalau tidak percaya, silahkan membuat produk atau jasa yang tidak dilakukan proses promosi. Dalam beberapa hari, minggu atau bulan, pasti sudah lenyap dengan sendirinya. Alasannya sangat simple, siapa yang akan mengenal dan mengetahui usaha bisnis anda jika tidak melakukan promosi melalui iklan?

Begitu pentingnya iklan, maka kita harus mengetahui semua aspek yang berkaitan. Mulai dari menentukan tujuan, target konsumen, konten iklan yang dibuat dan masih banyak lagi. jika kita bahas semua hal tersebut dalam satu artikel saja, pastinya tidak akan cukup dan semakin membuat anda bingung. Untuk itu, kali ini kami hanya membahas jenis-jenis dan contoh iklan sehinga ke depan, anda bisa membuat iklan sendiri tanpa harus menggunakan jasa periklanan.

Fungsi Iklan

Diatas sudah sedikit disinggung bahwa iklan berfungsi untuk mengenalkan produk atau jasa yang dijalankan. Artian secara umum memang demikian, namun sebenarnya ada beberapa fungsi lain yang juga harus anda ketahui. Berikut adalah fungsi iklan secara spesifik!

  • Sebagai media informasi, dengan mengenalkan produk berupa barang atau jasa.
  • Sebagai media persuasi, yang berfungsi untuk ‘membujuk’ audience agar membeli dan berminat terhadap apa yang ditawarkan.
  • Sebagai pengingat akan produk atau event yang akan diadakan dalam beberapa waktu ke depan. Bisanya seringkali digunakan oleh toko online ketika ada event atau promo tertentu.
Baca Juga :   IB BRI ❤ Apk Penambah Saldo Gratis ? Ini Penjelasannya

Struktur dan Kaidah Iklan Secara Umum

Contoh iklan yang baik harus sesuai dengan struktur dan kaidah penulisan. Artinya, anda harus benar-benar memberikan urutan iklan yang sesuai agar mudah dipahami oleh audience. Bayangkan saja jika anda menemukan iklan dengan struktur acak, pastinya bingung mengenai apa maksud dan tujuan dari iklan tersebut.

1. Struktur Iklan

Secara umum, struktur iklan berbeda dengan struktur makalah, skripsi atau hal lain yang membutuhkan teks panjang dengan penjelasan yang mendetail. Dikarenakan space iklan hanya terbatas, maka harus bisa disesuaikan dengan space yang diberikan. Untuk itu, pastikan ada beberapa poin berikut pada iklan yang anda buat!

Judul: Anda bisa meletakkannya di bagian paling atas dengan font yang lebih besar agar mudah dilihat. Beberapa pembuat iklan juga menaruhnya di bagian tengah, tidak masalah asalkan membedakan ukuran huruf yang dibuat.

Nama Produk: Perkenalkan produk yang anda pasarkan, baik berupa barang maupun jasa. Umumnya font yang digunakan lebih besar atau lebih kecil sedikit dari judul.

Deskripsi produk: Buat deskripsi yang singkat, padat namun jelas dimengerti oleh audience. Memang tidak mudah membuat deskripsi, intinya anda harus menyesuaikan dengan tujuan dan memancing audience.

2. Kaidah Penulisan Iklan

Jika anda ingin membuat contoh iklan yang bagus, sebaiknya mematuhi kaidah penulisan sesuai yang ada pada jenis-jenis iklan. Penting untuk diketahui kaidah penulisan iklan berikut agar membuat calon konsumen mudah mengingat apa yang anda tawarkan!

Memakai Slogan: Pastinya anda juga setuju jika pemakaian slogan pada sebuah ikln santlah penting. Hal ini yang biasanya menjadikan audience selalu mengingat apa yang kit tawarkan. Misalkan slogan yang sering kita dengar dan cukup kere yaitu Teh Botol Sosro, “Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro”.

Baca Juga :   Urutan Rank Mobile Legends ( ML ) Dari Yang Bawah Sampai Tertinggi

Bersifat Persuasif: Kalimat persuasif sangat penting untuk merayu atau membujuk seseorang yang melihat contoh iklan anda. Salah satu contoh yang sering kita temukan yaitu “Murah”, padahal sebenarnya juga belum tentu murah jika dibandingkan dengan produk lain.

Gunakan POV: Point of view, atau bisa diartikan sebagai sudut pandang juga sangat penting dalam pembuatan iklan. Sebisa mungkin jangan menggunakan kata mereka atau dia, tapi gunakan aku, kamu atau kita.

Contoh Iklan dari Jenisnya

Banyak sekali jenis iklan yang ditemui saat ini, setiap jenis tersebut tentunya menggunakan iklan yang berbeda. Semua tergantung dari tujuan dari pembuatan iklan tersebut. Supaya anda tidak bingung mencari, berikut sudah kami kumpulkan contoh iklan dari berbagai jenis yang berhasil kami kumpulkan!

1. Contoh Iklan Produk

Produk bisa berarti barang seperti sabun, shampoo, makanan, minuman DLL. Selain itu, produk juga bisa berupa jasa yang ditawarkan, misalkan tambal ban, tukang jahit, salon DLL. Sebagai salah satu contoh, kami berikan satu saja dari produk minuman Teh Z.

“Mau makan sate, rendang, gulai, yang penting kenyang dan minumnya Teh Z dengan kesegaran alami”.

2. Contoh Iklan Baris

Dinamakan iklan baris karena memang hanya terdiri dari beberapa garis saja dengan space yang minim. Biasanya mereka yang iklan ditempat seperti ini selalu menyingkat kata demi kata sehingga menjadi kalimat yang efektif. Tujuannya tidak lain agar maksud dari iklan tersebut tersampaikan. Contohnya bisa anda lihat dibawah!

“Tnh Djual Mrh, luas 184m²&180m², akses strtgis dr psr&mall, Hub 08123456789.”

3. Contoh Iklan Kolom

Iklan kolom masih sering dijumpai di beberapa media cetak, seperti koran dan majalah. Lebih luas space yang diberikan, jadi anda bisa membuat iklan yang lebih detail dengan ejan kata yang benar.

Baca Juga :   Kode Bug Event 11.11 ML & Cara Menggunakan Kode Bug Subtype

“Dibutuhkan Segera

Perusahaan yang bergerak di bidang industri dengan posisi sebagai Manager Operasional dengan gaji diatas UMK.

Kualifikasi yang dibutuhkan: Laki-laki atau perempuan, usia maksimal 35 tahun, minimal lulusan SMA, bisa bekerja dibawah tekanan.

Silahkan kirim surat lamaran ke PT. Apa Saja, jl, pelan-pelan gang buntu nomor 007”

4. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Contoh iklan layanan masyarakat tidak bersifat komersial, jadi tidak ada keuntungan dari pihak pengiklan. Biasanya bersifat sebagai pengingat dalam hal tertentu. Pembuat jenis iklan umumnya dari instansi pemerintah dan jug sekolah. Berikut salah satu contohnya!

“Mari selamatkan bumi dengan membuang sampah pada tempatnya”

5. Contoh Iklan Penawaran

Tidak jauh berbeda dengan iklan produk, iklan penawaran juga sering digunakan untuk menawarkan produk baru atau jasa. Bedanya, iklan jenis ini tanpa mengandung unsur ‘paksaan’, lebih mengedepankan rayuan dan bujukan yang bersifat persuasif.

“hanya hari ini, diskon 99% untuk semua kategori produk dan bebas ongkos kirim”

6. Contoh Iklan Jasa

Sesuai namanya, jika anda mempunyai skill tertentu dan ingin membuka layanan jasa, silahkan membuat iklan untuk dijadikan promosi. Tentunya anda tidak boleh sembarangan, harus tetap menggunakan kaidah periklanan dan sesuai tujuan. Berikut adalah contoh iklan jasa antar jemput!

“Ingin anak datang tanpa telat dan pulang tepat waktu? Gunakan jasa antar jemput kami yang sudah terpercaya sejak ribuan tahun”

Penutup

Seperti yang dikatakan diatas tadi, jika dibahas menyeluruh tentang iklan, tidak akan cukup hanya satu artikel saja. Masih banyak lagi jenis iklan beserta contohnya, namun setidaknya contoh iklan diatas sudah dapat memberikan anda sedikit inspirasi dan pemahaman akan pentingnya sebuah iklan.

  • Share