Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22 Online Lewat HP

  • Share

BantenDay.co.id – Ingin tau cara daftar kartu prakerja? Mudah banget kok! Namun sebelumnya anda harus mengetahui beberapa hal yang terkait dengannya. Diantaranya yaitu syarat, tes yang harus dilalui, dan juga seleksi gelombang yang dipilih. Dari semuanya itu, kami mencoba berbagai pengalaman agar anda tidak hanya mendaftar saja, akan tetapi kemungkinan diterima juga lebih besar.

Sejak bulan April tahun 2020 lalu, prakerja dirilis pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat yang belum bekerja atau belum terdaftar di bidang perusahaan tertentu, terutama bagi warga yang terdampak Covid-19. Saat ini, prakerja sudah memasuki gelombang 21 dan masih dibuka untuk umum dengan persyaratan tertentu.

Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 telah merumuskan dan menciptakan lapangan kerja virtual ini. Berdasarkan aturan tersebut, prakerja resmi diperpanjang selama pandemi Covid yang melanda setiap negara. Seperti yang diketahui, virus tersebut telah menghentikan semua aktivitas ekonomi masyarakat. Akibatnya, banyak pekerja, baik dari kalangan butuh maupun karyawan yang dirumahkan.

Kehadiran program kartu prakerja membuat masyarakat sedikit terbantu, tak ayal banyak sekali yang berminat sehingga kuota selalu terpenuhi ketika dibuka gelombang baru. Hingga gelombang 17 yang sudah berlalu Juni 2021 kemarin, program pemerintah untuk membantu menghidupkan ekonomi masyarakat ini telah menghabiskan setidaknya 10 triliun dengan angka peserta mencapai 2,8 juta. Jika anda ingin menjadi salah satu bagian peserta berikutnya, langkah pertama yakni mengetahui cara daftar kartu prakerja dengan benar.

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22

Seperti yang sudah kami katakan diatas, program prakerja berikutnya sudah memasuki gelombang 18. Sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta, ada baiknya jika anda mengetahui apa saja persyaratannya. Hal ini penting, agar apa yang anda lakukan tidak sia-sia. Karena jika tidak memenuhi satu syarat saja, bisa dipastikan anda gagal mengikuti program dari Kemnaker ini.

  • Warga negara Indonesia minimal usia 18 tahun atau yang sudah memiliki identitas berupa KTP.
  • Tidak dalam pendidikan formal, seperti sekolah atau kuliah.
  • Semua yang tidak terdaftar di sebuah perusahaan atau instansi lain boleh mendaftar. Berlaku juga bagi mereka yang terkena PHK, pengurangan pegawai, dan juga pelaku usaha kecil (UKM).
  • Bukan termasuk penerima bantuan sosial lain seperti PKH, program UKM pemerintah, bantuan terdampak Covid-19 DLL.
  • Bukan pejabat dan aparatur sipil, misalkan anggota DPR, pegawai kelurahan dan perangkat desa, direktur dan pegawai BUMN DLL.
  • Maksimal 2 NIK dalam satu KK, artinya hanya 2 orang yang bisa mengikuti program kartu prakerja dalam satu KK.

Apabila anda sudah memenuhi semua persyaratan diatas, langsung saja mendaftar menjadi peserta prakerja,. Namun apabila sebaliknya, jangan habiskan waktu anda untuk mencobanya, karena hampir dipastikan gagal mengikuti program tersebut.

Cara Daftar Kartu Prakerja Online Lewat HP

Tidak seperti yang anda takutkan seperti mendaftar pada beberapa perusahaan untuk bisa bekerja di sana. Cara daftar kartu prakerja sangat mudah, asal anda sudah yakin dengan persyaratan diatas. Selanjutnya, and hanya perlu mengisi formulir sesuai dengan identitas asli dan juga mengikuti tes yang bisa dibilang cukup mudah. Silahkan ikuti cara daftar program prakerja berikut!

  1. Buka aplikasi browser di HP, kemudian kunjungi https://www.prakerja.go.id.
  2. Klik ‘daftar sekarang’ di bagian kanan atas.
  3. Isi alamat email, password dan juga konfirmasi password di kolom sebelah kiri.
  4. Centang persetujuan kemudian klik ‘buat akun’.
  5. Verifikasi akun anda dengan membuka tautan yang dikirim melalui email.
  6. Kemudian silahkan masuk (login).
  7. Lakukan verifikasi data diri dengan mengisi NIK, nomor KK, tanggal lahir, DLL, klik ‘lanjutkan’ jika sudah selesai.
  8. Anda akan diminta verifikasi KTP, silahkan upload KTP yang sudah disiapkan dalam bentuk digital (foto).
  9. Masukkan nomor telepon sebagai proses verifikasi, kemudian masukkan kode OTP yang didapat.
  10. Jika dirasa sudah selesai semua, silahkan kirim atau klik ‘OK’.

Sampai di sini, anda sudah berhasil membuat akun kartu prakerja. Selanjutnya, silahkan melakukan tes dasar kemudian memilih gelombang yang tersedia.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 21

Apakah proses pendaftaran diatas sudah bergabung dengan gelombang yang tersedia? Sudah pasti belum, karena jika anda mendaftar pada saat gelombang tidak tersedia, maka langkah diatas hanya sebagai pembuatan akun saja. Namun anda bisa juga melanjutkan dengan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

Agar dapat bergabung di gelombang berikutnya, yaitu gelombang 21,  anda harus melakukan cara daftar kartu prakerja gelombang 21 berikut!

  1. Kunjungi situs https://www.prakerja.go.id.
  2. Klik ‘masuk’.
  3. Isi email dan password sesuai yang didaftarkan sebelumnya.
  4. Setelah masuk, silahkan scroll ke bawah, jika ada gelombang 18 yang tersedia, anda bakal menemukannya.
  5. Klik pada gelombang yang tersedia.
  6. Selanjutnya pilih ‘gabung’.

Jika sebelumnya anda sudah melakukan tes motivasi, maka langkah berikutnya hanya menunggu apakah diterima atau tidak. Namun jika masih belum, anda harus melakukan tes motivasi sebelum dapat bergabung menjadi peserta program prakerja 2021 gelombang 21.

Penutup

Berapa yang anda dapatkan dari program resmi pemerintah tersebut? bisa dikatakan cukup lumayan kok, namun yang perlu diingat hanya bisa mendaftar satu kali untuk satu NIK. Jadi jika anda sudah pernah mengikuti program prakerja, dipastikan tidak bisa mengikuti kedua kalinya.

Total insentif yang didapatkan yakni 2,4 juta rupiah yang akan diberikan selama 4 bulan (600 ribu/bulan). Ditambah insentif dari pengisian survey dengan total 150 ribu rupiah untuk 3 kali survey. Selain itu, anda juga akan mendapatkan saldo akun sebesar 1 juta rupiah yang bisa dimanfaatkan untuk membeli alat (produk digital) yang mendukung pembelajaran.

Namun yang perlu diingat, saldo sebesar 1 juta tersebut tidak dapat diuangkan. Anda harus benar-benar menghabiskan untuk membeli produk yang sudah ditunjuk oleh pemerintah sesuai kebutuhan.  Lumayan bukan? Maka tidak heran jika banyak yang mencari bagaimana cara daftar kartu prakerja dengan tujuan bergabung dan menjadi pesertanya.

  • Share