Aplikasi PDF Terbaik Gratis Untuk HP Android, PC, & Laptop

  • Share
Aplikasi PDF

BantenDay.co.id – Seperti halnya Microsoft Office yang memerlukan aplikasi atau program khusus untuk membaca file tersebut, dokumen PDF juga memerlukannya. Tentunya, aplikasi PDF berbeda dengan aplikasi yang ada pada MS office, seperti MS Word, MS excel DLL. Maksud dalam hal ini ialah untuk membaca dan membuka format dokumen tersebut. Jadi, anda tidak bisa membuka dan membaca file berupa PDF jika tidak mempunyai aplikasi sejenis PDF reader.

File atau dokumen dengan format PDF lebih banyak digunakan oleh instansi pemerintah atau sekolah. Hal ini menjadi sangat penting karena file jenis tersebut memiliki beberapa kelebihan jika dibanding dengan format lain. Katakanlah mempunyai fitur dapat dikunci sehingga identitas dan isi di dalamnya terjamin akan kerahasiaannya. Fitur lain yang tidak kalah penting yakni tidak dapat diedit jika hanya menggunakan aplikasi PDF reader. Selain itu, dokumen format PDF tidak dapat di copy paste secara langsung. Jadi lebih aman untuk menjaga hak cipta maupun hak milik.

Portable Document Format (PDF) tidak hanya bisa digunakan untuk membuat dokumen berisi teks saja, melainkan juga bentuk gambar, diagram, konten interaktif DLL. Maka dari itu, file jenis ini lebih banyak digunakan oleh instansi pemerintah dan juga sekolah seperti yang disinggung diatas. Supaya bisa membaca PDF di laptop, biasanya digunakan sebuah program atau software sejenis adobe reader. Bagaimana jika ingin membuka dan membacanya melalui perangkat Android?

Aplikasi PDF Reader untuk Android

Kehadiran ponsel pintar membawa berkah tersendiri bagi (hampir) semua orang. Bagaimana tidak, dengan adanya ponsel berbasis Android atau iPhone, segala jenis kemudahan bisa didapatkan. Termasuk jika ingin membaca dokumen format PDF yang dulunya hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC.

Baca Juga :   TikTok Mod Apk Unlimited Coins, Fans, & Tanpa Watermark 2021

Pada perangkat PC harus menggunakan program atau software yang sudah mendukung untuk membaca file tersebut. Sama halnya jika menggunakan perangkat Android yang juga harus menggunakan aplikasi. Banyak aplikasi yang tersebar di internet dan sebagian besar gratis digunakan. Bagi pengguna  Android bisa mencarinya di Playstore, dan silahkan mencarinya di AppStore bagi pengguna iPhone.

1. Adobe Acrobat Reader

Selain menyediakan versi PC berupa software atau program, Adobe Acrobat Reader juga menyediakan aplikasi yang khusus digunakan untuk ponsel pintar. Bukan hanya untuk melihat dan membacanya, namun anda juga bisa mencetak dokumen PDF melalui aplikasi yang sudah di download lebih dari 500juta pengguna Android ini.

Fitur lain yang bisa dinikmati yakni mengedit file PDF langsung di dalamnya, menghubungkan ke Google Drive, menandatangani dokumen, menandai bagian penting DLL. Apakah anda tertarik menggunakan aplikasi PDF reader terbaik yang dikembangkan oleh Adobe ini? Silahkan langsung mengunduhnya di Playstore, gratis!

2. Foxit PDF Editor

Selain untuk membuka dan membaca file PDF, Foxit juga bisa digunakan untuk mengedit file tersebut. Pastinya akan sangat membantu pekerjaan anda, dimanapun dan kapanpun. Terlebih, aplikasi yang dikembangkan oleh Foxit Software Inc ini gratis digunakan sepanjang waktu, setidaknya sampai saat ini.

3. PDF Reader

Hanya membutuhkan apk yang bisa membaca file PDF saja? PDF Reader mungkin cocok untuk digunakan. Selain ringan, aplikasi yang dikembangkan oleh BLUELINE STUDIO ini juga bisa membaca file PDF berupa Ebook. Jadi tidak perlu aplikasi lain, karena satu aplikasi saja sudah cukup memenuhi kebutuhan anda.

4. Google Play Books

Siapa sangka bahwa aplikasi yang sebenarnya dibuat untuk membaca buku digital ini juga bisa digunakan untuk membaca file PDF! Selain itu bagi yang ingin membuka dokumen berupa EPUB juga bisa menggunakan Google Play Books sebagai aplikasinya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google LLC ini sudah digunakan lebih dari 1miliar pengguna Android.

Baca Juga :   Aplikasi Penghasil Uang Halal Tanpa Undang Teman Tanpa Modal

5. CamScanner, Aplikasi PDF Android Ringan

Bukankah aplikasi tersebut digunakan untuk scan dokumen? Iya memang benar, apakah scan file tidak memerlukan membacanya terlebih dahulu? Tentunya harus kan? Makanya anda juga bisa menggunakan aplikasi CamScanner sebagai PDF reader. Selain itu, fungsi utamanya juga harus dipertimbangkan, yaitu membuat dokumen PDF dari buku fisik yang ada.

6. OfficeSuite + PDF Editor

Sebutan aplikasi pembaca PDF terbaik layak diberikan kepada OffiiceSuite, dimana fitur yang diberikan cukup lengkap. Dengan aplikasi gratis tersebut, anda bisa melakukan editing mengisi formulir, konversi PDF ke word DLL. Sudah siap mencobanya? Silahkan bergabung dengan 100juta pengguna lainnya dengan download aplikasi OffiiceSuite melalui Playstore.

7. Aplikasi PDF Reader Gratis Xodo

Aplikasi ringan yang cocok digunakan untuk ponsel pintar dengan spec pas-pasan yaitu Xodo. Meskipun ringan, anda tidak bisa menyepelekan fitur unggulan yang ditawarkan.  Selain bisa membaca tulisan PDF, aplikasi yang sudah di download lebih dari 10juta pengguna ini juga bisa untuk menyorot, menandai bagian penting, sinkronisasi dropbox dan Google Drive DLL.

8. WPS Office

Aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk membaca file PDF terakhir yaitu WPS Office, dimana sudah dikenal sebagian besar pengguna ponsel pintar. Hal itu dikarenakan aplikasi yang ditawarkan oleh WPS SOFTWARE PTE. LTD bisa dikatakan multifungsi. Selain bisa membaca format PDF, anda juga bisa menggunakannya untuk membaca file berupa Word, Excel, Teks DLL.

Penutup

Masih kurang dengan aplikasi PDF yang BantenDay.co.id sebutkan diatas? Silahkan mencari yang lain langsung melalui Playstore. Namun kami rasa 8 aplikasi diatas sudah cukup mewakili dari aplikasi yang ada. Pasalnya, beberapa aplikasi memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama.

  • Share