Aplikasi Belajar Online Terbaik Gratis Di Indonesia 2021

BantenDay.co.id – Pada saat pandemi saat ini, aplikasi belajar online menjadi salah satu alternatif agar siswa tetap dapat mengenyam pendidikan. Seperti yang diketahui bahwa aturan PPKM tidak membolehkan atau lebih tepatnya menyarankan agar semua orang tetap di rumah saja. Siswa atau mahasiswa juga terkena dampak dari peraturan tersebut. Tidak ada yang perlu disalahkan, aturan tetap menjadi aturan yang wajib ditaati.

Bukan berarti dengan adanya aturan tersebut lantas membuat siswa atau anak-anak lepas dari tanggung jawab utama mereka, yakni belajar. Sebisa mungkin proses belajar mengajar tetap harus berjalan, meskipun lewat daring. Adanya aplikasi yang memungkinkan untuk belajar jarak jauh semakin mempermudah niat siswa untuk tetap mendapatkan pendidikan yang layak. Meskipun terbilang kurang efektif, namun masih tetap bisa dikatakan langkah bagus daripada tidak sama sekali.

Aplikasi pembelajaran daring terdiri dari banyak macam, kebanyakan berupa komunikasi tidak langsung. Walaupun begitu, ada juga yang bisa langsung melakukan komunikasi dua arah jika memungkinkan. Lantas, bagaimana proses berjalannya belajar mengajar dengan menggunakan aplikasi? Biasanya berupa sebuah forum tanya jawab, dimana siswa dapat menanyakan hal-hal yang belum diketahuinya, kemudian dijawab oleh pengguna lain yang sudah diseleksi ahli sebelumnya.

Aplikasi Belajar Online Terbaik

Apakah anda hanya mengetahui RuangGuru sebagai aplikasi belajar online terbaik untuk anak-anak? Tentu saja tidak bukan? Banyak sekali aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mendukung proses belajar anak di rumah. Tentunya tidak semua aplikasi memberikan hasil terbaik, baik berupa menu, sistem yang digunakan, atau kemudahan aksesnya. Lalu apa saja aplikasi yang terbaik? Berikut kami berikan beberapa rekomendasi yang bisa anda pertimbangkan!

RuangGuru

Aplikasi pertama pastinya wajar jika kami rekomendasikan RungGuru, dimana anda juga sudah familiar dengan aplikasi yang dimaksud. Bagaimana tidak, mereka sering menggencarkan iklan di televisi nasional dalam beberapa waktu. Bahkan pada momen tertentu, mereka menggelar acara live dengan mengontrak beberapa stasiun televisi ternama secara serentak

Memang tidak dapat di pungkiri kualitas aplikasi pembelajaran daring yang satu ini. Anak anda bisa memahami pertanyaan yang sulit dengan cara yang mudah. Tersedia video animasi dan gambar pendukung untuk memudahkan pemahaman siswa. Bukan hanya itu, dibalik kesuksesan ruang guru, ternyata banyak ahli yang mendukung sesuai dengan bidang masing-masing. jadi, jangan ragu untuk memberikan anak anda kebutuhan aplikasi terbaik dengan bergabung di RuangGuru.

Rumah Belajar

Jika anda ingin mencari aplikasi belajar online kemendikbud, kayanya pas jika menggunakan ‘Rumah Belajar’ untuk mendukung proses belajar mengajar anak dengan sistem daring. Aplikasi ini dikembangkan oleh pemerintah Indonesia, tepatnya oleh kemendikbud.

Meskipun penggunanya tidak sebanyak RuangGuru, setidaknya anda bisa menjadikannya sebagai alternatif untuk mendukung pembelajaran anak di rumah. Apalagi Rumah Belajar tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi, anda bisa langsung mengunjungi satunya melalui https://belajar.kemendikbud.go.id.

Google Classroom

Bukan hanya sebagai raksasa internet yang mempunyai database luas untuk kepentingan sehari-hari, Google juga merilis aplikasi untuk mendukung lancarnya proses belajar mengajar dari rumah. Google Classroom layaknya seperti forum yang bisa digunakan untuk tanya jawab seputar pendidikan.

Guru dan murid bisa melakukan komunikasi interaktif dua arah, misalkan tanya jawab tentang soal yang belum dimengerti, atau memberikan penilaian dari tugas yang diberikan. Keunggulan dari aplikasi yang sudah digunakan lebih dari 100 juta pengguna ini tidak lain ialah sudah terhubung dengan akun Gmail masing-masing. jadi tidak perlu membuat akun baru ketika ingin menggunakannya.

Edmodo

Nama aplikasi belajar online berikutnya yakni Edmodo, dimana para siswa dan guru bisa langsung terhubung dan melakukan komunikasi. Terdapat fitur chat sehingga memudahkan guru untuk memantau tugas yang diberikan. Selain itu, orang tua juga bisa ikut andil dalam mengawasi anaknya ketika belajar daring.

Aplikasi Belajar Online Quipper

Selain untuk pembelajaran online, Quipper juga bisa digunakan untuk aplikasi belajar offline SMA, SMP atau SD. Sistem yang digunakan bukan interaktif antara siswa dan guru, melainkan kumpulan soal dan jawaban yang cukup lengkap dan sudah sesuai dengan kurikulum terbaru.

Namun sayangnya, Quipper bukan termasuk salah satu aplikasi belajar online gratis tanpa biaya. Jika ingin menggunakannya, anda diharuskan membayar per item, atau bisa juga dengan menjadi pelanggan bulanan.

Zenius (Aplikasi Belajar Online untuk Mahasiswa)

Zenius sangat cocok digunakan sebagai aplikasi pembelajaran daring untuk mahasiswa, atau siswa SMA yang sedang menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Didirikan sejak tahun 2004 lalu, aplikasi yang satu ini sudah mempunyai ratusan ribu alumni yang tersebar di beberapa perguruan tinggi ternama.

Selain gratis, Zenius menyediakan fitur yang tidak kalah dengan aplikasi lain. Misalkan saja tersedianya video konsep untuk SD, SMP dan SMA serta banyak soal latihan yang berikan. Satu hal yang tidak dimiliki aplikasi alin yaitu adanya fitur ZenBot yang membantu menjawab soal hanya dengan menyediakan foto.

KelasKita

Kelas belajar online dari KelasKita memungkinkan untuk proses belajar mengajar dimana pun dan kapan pun. Menariknya, setiap siswa dapat berinteraksi secara langsung untuk mengenal lebih jauh. Selain itu, ada program khusus jika siswa berminat untuk mendalaminya, yaitu pembelajaran pemrograman dan pembuatan website.

Penutup

Dari semua aplikasi belajar online diatas, kira-kira mana yang cocok untuk digunakan? Jika menaruh pilihan pada RuangGuru, tentu saja anda membuat keputusan yang cocok. Namun bukan berarti yang lain tidak layak untuk dicoba ya! Bisa jadi anda menemukan suatu hal yang menarik pada aplikasi lain yang tidak ditemukan di RuangGuru.