Hari Libur Lebaran, Destinasi Wisata di Lebak Dibuka bagi Wisatawan Lokal, Catatan Harus Patuh Prokes

0
284

Kepala dinas pariwisata (Kadispar) Lebak, Imam Rismahayadin (Foto : ist)

LEBAK, BANTENDAY.co.id Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebak membuka aktvitas wisata pada libur Lebaran 2021 mendatang. Meski objek wisata diperlonggar, namun pengelola harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat di lokasi wisata.

Kepala dinas pariwisata (Kadispar) Lebak, Imam Rismahayadin mengatakan, pada libur Lebaran 2021 nanti objek wisata tetap dibuka. Namun, kunjungan hanya diperbolehkan bagi wisatawan lokal. Pengelola wisata juga wajib menerapkan Prokes secara ketat.

Penerapan Prokes sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 1 Tahun 2021, tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pencegahan dan penanganan Covid-19,” kata Imam Rismahadin, Jumat (30/4/2021).

Penerapan prokes, juga tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kadispar Nomor 556 Tahun 2020, tentang pedoman penyelenggaraan tatanan normal baru sektor pariwisata pada kondisi pandemi Covid-19.

Karena itu, kata Imam, pengelola destinasi wajib menyiapkan sarana prokes di semua fasilitas destinasi, membatasi jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas normal, mematuhi jam operasional dan membuat himbauan berupa spanduk, baligo, leafleat  terkait prokes serta melengkapi rambu-rambu sosial distancing dan menerapkan protokol CHSE (cleanlinees, health, safety, environment sustainabelity), yaitu menjaga kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan pada semua sektor pariwisata, baik atraksi, akomodasi dan amenitas.

“Langkah persiapan yang telah kami lakukan, yaitu melaksanakan rapat koordinasi teknis dengan para pengelola destinasi dan stakeholder lainnya sebagai tindaklanjut rekomendasi rapat dengan Forkopimda,” ucapnya.

Setiap destinasi, sambung dia, juga wajib menyiapkan posko siaga wisata di lokasi destinasi yang terintegrasi dengan posko/pospam Polres dan juga BPBD, optimalisasi posko PPKM yang ada ditingkat kecamatan/desa yang memiliki lokasi objek destinasi tujuan wisata.

“Kita juga optimalisasi para penggiat pariwisata dilapangan mulai dari Pokdarwis, Balawista, Genpi, Masata, Prades, Karang Taruna, PMI, Saka Pariwisata serta komunitas relawan lainnya, yang ada di tingkat tapak,” katanya.

Kemanparekraf dan Dispar Banten juga sedang melakukan persiapan pembentukan Tim Monev gabungan Libur Lebaran 2021.

“Kami tetap mengimbau wisatawan mematuhi prokes dan peraturan yang ada, agar kita semua tetap aman dalam berwisata,” tutupnya (Red/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here