Aktivis Kumala Bogor Dukung Pemkab Lebak Lestarikan Alam melalui Geopark Bayah Dome

0
394

LEBAK, BANTENDAY.co.id – Konsep yang direncanakan terkait dengan Geopark Bayah Dome oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak sangat positif terlebih dari aspek pengembangan wilayah didaerah Kabupaten lebak.

Hal tersebut dikatakan ketua Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) Perwakilan Siliwangi Bogor, Hendriana Pratama. Menurutnya, konsep Geopark adalah pembangunan sebuah wilayah geografis, dengan aset geologi didaerah dengan konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat didalamnya.

“Ditambah lagi Kabupaten Lebak secara keseluruhan mempunyai potensi-potensi sumber daya alam disetiap daerahnya dan Geopark Bayah Dome inimerupakan salah satu pengaplikasian dari visi-misi Kabupaten Lebak yaitu ‘Kabupaten Lebak menjadi destinasi pariwisata nasional berbasis potensi lokal,” kata Hendriana kepada Bantenday.co.id Jum’at (16/4/2021).

Akan tetapi lanjut dia, dengan berjalnnya Geopark Bayah Dome, selain menajdikan industri pariwisata hal yang harus diutamakan dan sangat diperhatikan yaitu terhadap aspek kelestarian alam dan lingkungan.

“Karena berbicara lingkungan ada tiga unsur yaitu lingkungan alami, lingkungan buatan dan lingkungan sosial, ketiga aspek tersebut sangat berperan penting dalam kehidupan dan penghidupan manusia dimasa sekarang dan yang akan datang
karena bukan tidak sedikit dibeberpa daerah kabupaten lebak terdapat eksploitasi alam yang berelebihan dan ini akan mengakibatkan kerusakan ekosistem dan ligkungan yang ada,” lanjutnya

Ia berharap dengan adanya konsep Geopark Bayah Dome ini bisa menjadikan alat alternatif dan meningkatkan kepedulian.

“Baik itu pemerintah dan elemen  masyarakat untuk terus menjaga  kelestarian alam dan lingkungan di Kabupaten Lebak ini,” harapnya (Red/Lukman)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here