Warga Cibuah Kecewa, PT Indomarco Prismatama Dc Lebak Dituding Abaikan Permintaan Warga

0
648

LEBAK, BANTENDAY.co.id – Pasca ditutupnya jalan warga diatas tanah milik seorang warga Desa di Kecamatan Warunggunung Lebak tepatnya di Kamounh Cibuah Kerta Mukti. Masyarakat bersama-sama gotong royong membuat jalan baru guna menunjang aktivitas kegiatan masyarakat setempat.

Dalam kegiatan pembagunan tersebut, beberapa donasi turut berdatangan membantu sebagai bentuk kepedulian baik dari perorangan maupun korporasi.

Tetapi perusahaan PT. Indomarco Prismatama Dc. Lebak yang di duga tak peduli terhdap warga

Tokoh pemuda Desa Cibuah, Ahmad Lutfi Mahdiana menyamapikan rasa kecewa terhadap sikap perusahaan PT. Indomarco yang terkesan tutup mata terhadap lingkungan, padahal menurutnya, taggung jawab sosial dan lingkungan adalah bagian dari pemenuhan komitmen perusahaan terahadap UU No. 40 Tahun 2007 pasal 74 tentang Tanggung Jawab Sosial dan lingkungan.

“Saya kecewa terhadap sikap perusahaan yang ada di desa kami yaitu PT. Indomarco, seolah olah tutup mata dan tidak peduli terhadap lingkungan masyarakat setempat,” sesal Lutfi kepada Bantenday.co.id Jum’at (9/4/2021).

Padahal kata dia, ada beberapa perusahaan yang berada di desa Cibuah yang ikut membantu pembuatan jalan tersebut. “Tetapi hanya PT. Indomarco saja yang sama sekali tidak memberikan sumbangsih terhadap warga kami,” kayanya.

Lanjut Lutfi, jalan tersebut yaitu salah satu jalan yang digunakan ketika proses pembangunan perusahaan tersebut.

“Saya sudah melalukan komunikasi terhadap management perusahaan tetapi tidak ada tanggapan, begitu juga dengan warga sudah mengajukan proposal juga tidak ada respon sama sekali,” lanjutnya.

Dana CSR di perusahaan tersebut sangat besar kenapa tidak di alokasikan saja untuk jalan lingkungan untuk kepentingan masyarakat desa cibuah.

“Karena sejak berdirinya perusahaan ini dana CSR belum pernah langsung dapat di rasakan oleh masyarakat setempat,” tukasnya.

Terpisah Kepala desa (Kades) Cibuah, Dayat mengaku sangat menyayangkan sikap pihak PT. Indomarco yang minim akan kepedulian terhadap lingkungan di desa yang dipimpinnya padahal ketika pembahasan Amdal dulu pihak perusahaan berjanji akan peduli terhadap lingkungan.

“Saya selaku kepala desa berharap perusahaan segera merespon keluhan masyarakat karena gudang tersebut berada di lokasi Kampung Cibuah Kerta Mukti dimana masyarakat yang sedang membangun jalan baru tidak jauh dari gudang perusahaan ini,” katanya.

Ia mengaku kecewa dengan sikap salah satu perusahaan yang keberadaannya ada wilayah desa Cibuah.

“Saya kecewa terhadap perusahaan yang tidak peduli terhadap lingkungan,” tegasnya.

Anggota Komisi IV DPRD Lebak, Agus Ider Alamsyah angkat bicara soal perusahaan Indomarco yang notabene berada di lingkungan Desa setempat idealnya perusahaan membantu untuk meringankan beban masyarakat yang sedang membangun jalan.

“Seharusnya perusahan jangan abai terhadap kewajibannya kepada masyarakat, disitu ada kewajiban perusaan mengeluarkan dana CSRnya,” kata Agus Ider.

Ia juga mendesak kepada perusahaan Indomarco untuk segera tanggapi permintaan masyarakat, jangan sampai perusahaan mengambil untungnya saja.

“Tetapi tidak peduli terhadap lingkungan sekitar, Segera tanggapi permintaan masyarakat, manakala tidak direspon permintaan masyarakat. Saya dengan tim Komisi IV akan turun tangan dan memanggil pihak perusaan,” tegasnya (Red/Lukman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here