Dinilai Tidak Transparan, Proyek SAB Desa Cirende Solear Kembali Disoal

0
350




TANGERANG,BANTENDAY.co.id – Proyek Sarana Air Bersih (SAB) di Desa Cirende Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang, kembali disoal. Sebab proyek yang dibiayai anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2020 itu diduga tidak transparan soal bentuk dan specifikasi teknik (Bestek) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).


Sejumlah wartawan mencoba menanyakan soal dasar penghitungan RAB proyek untuk dicocokan dengan fisik yang dibangun. Namun sayangnya Kepla Desa Cirende, Epen tidak ada ditempat Kamis 21 Januari 2021.

Pelaksana kegiatan yang juga Kaur Kesra Desa Cirendae Supardi, mengaku bahwa sebelumnya material pesanan belum terkirim pihak suplayer. Namun kini SAB sudah terpasang dan air sudah berfungsi untuk kebutuhan masyarakat.

“Kalau kemarin (13/01/2021) untuk torn air belum terpasang karena torn yang kami pesan ke toko material belum di kirim, tapi untuk saat ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan SAB untuk kebutuhan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Saat konfirmasi di kantor Desa Cirende juga dihadiri Babinsa setempat Muhyar dan Siswanto Binamas Desa Cirende. Sebelum sejumlah media menerbitkan pembangunan SAB yang diduga tidak sesuai RAB dan Bestek. Namun ternyata janji itu tidak ditepati kades.

Seorang tokoh masyarakat Desa Cirende yang meminta identitasnya dirahasiakan mengatakan, permasalahan proyek SAB harus dijelaskan pihak desa. Hal itu agar masyarakat paham dengan jumlah pembiayaan dan bisa menjaga serta merawat hasil pembangunan yang telah diupayakan Pemdes.

“Kami dari masyarakat berharap kepada pihak Desa Cirende bisa memaparkan dan menjelaskan jumlah anggaran RAB proyek SAB ini, agar masyarakat paham dan bisa menjaga juga merawat SAB ini yang telah di upayakan oleh Kepala Desanya,” harapnya. (DC/Bagus/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here