KPM-PKH Lebak Keluhkan Kualitas Bansos Beras

0
212


LEBAK,BANTENDAY.co.id- Keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH) di Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, mengeluhkan kualitas beras bantuan sosial. Bansos beras yang disalurkan Bulog Subdrive Lebak-Pandeglang sebanyak 15 kilogram per KPM itu, berbau dan dinilai tidak layak dikonsumsi.

“Saya memang sudah dapat batuan beras, tapi berasnya jelek bau apek, tidak enak dimakan,” keluh salah satu KPM PKH di Desa Cikarang, Juha kepada wartawan, Sabtu17 Oktober 2020.

Meskipun kualitas beras yang diterima dianggap buruk, namun pihak Bulog belum pernah datang untuk memeriksa kualitas beras yang sampai ke KPM. Juha mengaku pasrah meski kecewa dengan bansos beras tersebut.

“Harpanya ya berasnya bagus dan layak buat dimakan, tapi mau gimana lagi mau bilang kesiapa,” katanya.

Sementara itu Divisi Sosial Naga Harapan Aliyudin mengatakan, pogram bantuan sosial beras itu untuk mengurangi beban KPM-PKH, agar kebutuhan pangan beras bagi warga terkena dampak Covid-19 bisa terpenuhi dan tetap terjaga kesehatannya. Namun jika Bulog menyalurkan bantuan beras kualitas buruk justru tidak sesaui dengan tujuan bantuan tersebut.

“Ya kalau beras kualitasnya jelek, itu malah bisa membuat KPM PKH jadi sakit bukan sehat,” ujarnya.

Sebab itu kata dia, pihak bulog harus memperbaiki persoalan distribusi dan kualitas beras bantuan tersebut.

“Ini soal moral karena ini menyangkut konsumsi harian orang, jadi bulog jangan main-main harus segera diperbaiki masalah ini. Harusnya Bulog punya program untuk mengatasi persoalan-persoalan itu. Jika alasannya kelebihan stok sehingga beras kelamaan di gudang sehingga kualitasnya menurun, kan beras itu bisa dilelang di pasar,” jelasnya.

Sekedar diketahui Program Bantuan Sosial Beras kepada 10 juta keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH) di seluruh Indonesia, termasuk keluarga petani yang terkena dampak Pandemi Covid-19 untuk masa waktu Agustus-Oktober 2020. (A1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here