Manfaatkan Lahan Tidur, PT APA Gaet Bumdes Desa Pasirkembang Maja Lebak, Kembangkan Kacang Hijau

0
211

Tim dari PT Aam Prima Artha saat lakukan Penanaman Kacang Hijau (Foto : ist)

LEBAK, BANTENDAY.co.id – Perusahaan penyedia komoditi bahan pokok PT Aam Prima Artha menggaet Badan Usaha Milik Desa (BumDes) untuk mengoptimalkan lahan tidur mengembangakan komoditas Kacang Hijau dan meningkatkan ketahanan pangan serta penghasilan petani.

Dikatakan Dani Samiun Wakil Direktur PT Aam Prima Artha pihaknya bersama Bumdes akan menanam Kacang Hijau di lahan seluas 40 hektare di Desa Pasir Kembang dan Padasuka, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak.

“Insyaallah kita akan tanam dan kembangkan Kacang Hijau di lahan seluas 40 hektare. Untuk tahap pertama, kami melakukan penanaman bibit Kacang Hijau seluas 20 hektar di Desa Pasirkembang,” ujar Dani kepada wartawan Kamis (17/9/2020).

Ia menjelaskan, dalam pengembangan komoditas Kacang Hijau tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Bumdes setempat serta memberdayakan masyarakat sekitar. Kacang Hijau yang  ditanam kata dia, merupakan Kacang Hijau Organik.

“Kami memilih mengembangkan Kacang Hijau Organik karena dari mulai pemupukan hingga pengembangan, semuanya dari bahan-bahan organik. Ke depan, mungkin masyarakat bisa mengembangkan hal seperti ini,” ujar Dani.

Kata Dani, Kacang Hijau tersebut disamping untuk ‘support’ program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Provinsi Banten khususnya di Kabupaten Lebak, ke depannya akan dipasarkan ke luar sehingga nanti memiliki branding khusus dan bisa dipasarkan untuk masyarakat luas diluar program BPNT.

“Kacang Hijau hasil produksi petani Kabupaten Lebak ini selain untuk program BPNT, ke depannya akan dipasarkan secara luas,” tukas Dani.

Sementara Kepala Desa Pasir Kembang, Ahmad mengapresiasi PT Aam Prima Artha sebagai mitra usaha yang bersama-bersama meningkatkan produktifitas pertanian untuk ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan tidur dan memberdayakan masyarakat.

“Alhamdulillah, kami bangga dengan adanya mitra kerja usaha antara Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pasir Kembang dan PT Aam Prima Artha yang melakukan penanaman Palawija Kacang Hijau dengan memanfaatkan dan memaksimalkan lahan tidur sehingga diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan serta penghasilan masyarakat,” ujarnya.

Terpisah, pengelola Bumdes Kembang Kenanga yang juga sebagai Direktur Indonesia Kewiraperkasa, Oten menjelaskan, sebagai antisipasi Surat Peringatan dari FHO tentang Krisis Pangan Nasional dan Dunia. Pihaknya bersama PT Aam Prima Arta saat ini mulai melakukan penanaman Kacang Hijau.

Hal tersebut dilakukan karena diharapkan di bulan Desember 2020 memiliki cadangan pangan.

“Ini kan terkait masalah Intruksi Presiden Ketahanan Pangan, tentang Siaga Pangan, kemudian juga tentang surat peringatan dari FHO tentang Krisis Pangan Nasional sama Dunia. Kita mempersiapkannya dari sekarang karena pertimbangannya bulan Januari 2021 mungkin sudah terjadi Krisis Pangan,” jelasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here