Guru Honorer di Lebak Lulusan PPG 2019, Pertanyakan Dana Tunjangan

4
345

LEBAK, BANTENDAY.co.id – Sebanyak 44 orang guru honorer di Kabupaten Lebak yang sudah di nyatakan lulus Pendididikan Profesi Guru (PPG) pada tahun 2019 lalu merasa resah lantaran Surat keputusan (SK) tunjangan yang belum terbit.

Salah seorang Guru honor yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa para Guru honor Sekolah Negeri (SD) yang telah mengikuti PPG tahun 2019 dan dinyatakan lulus dengan bukti Sertifikat Pendidik sebagai Guru Profesional belum bisa menikmati tunjangan sebagai Guru profesional. Lantaran tekendala dengan aturan dari Kemendikbud dimana SK tunjangan bisa terbit apabila ada Surat Tugas atau SK dari Bupati.

“Kami sudah mengikuti PPG dan sudah lulus tapi tunjangan untuk kami hingga saat ini tidak jelas”, ujar sumber.

Lanjut sumber berdasarkan tersebut ia juga pernah meminta keterangan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, namun hanya mendapatkan jawaban bahwa pihak Dinas masih mengkaji sebagai efek domino dari terbitnya SK atau ST tersebut. Akan tetapi sampai saat ini menjelang pencairan Tunjangan Profesi Triwulan II belum ada keterangan yang pasti.

“Pendidikan Profesi Guru Itu lamanya 5 bulan, 2 bulan online 3 bulan kita mengikuti pelatihan sesuai Universitas yang ditunjuk Kementrian, dimana biaya pendidikan di bayarkan negara tetapi biaya hidup selama mengikuti pelatihan itu oleh masing – masing, dapat dibayangkan Guru honor yang berpenghasilan minim mesti jadi anak kost, biaya makan sendiri selama 3 bulan”, tambahnya.

Ia juga juga menjelaskan bahwa semua yang diharapkan adalah hanya satu yaitu mendapatkan tunjangan profesi dan setelah menunggu sekian lama malah terkendala dengan aturan.

“Adapun tunjangan memang tidak seberapa untuk para Guru honorer hanya sebesar satu juta lima ratus ribu rupiah per bulannya akan tetapi nilai itu sangat berarti untuk kami para Guru honorer,” pungkasnya. (Red/LH).

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here