Pemkab Tangerang Teken MoU Program Sekolah Tangguh Bencana

0
150



TANGERANG,BANTENDAY.co.id -Sebagai upaya antisipasi penanggulangan bencana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang (menandatangani perjanjian kerja sama (memorandum of understanding).

MoU ditanda tangani bersama sejumlah unsur penanganan bencana yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), organisasi sosial Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan Palang Merah Indonesia (PMI).



“Antisipasi penanganan bencana perlu bersinergi, apalagi sebagian wilayah Kabupaten Tangerang terletak di pesisir pantai utara dan terdapat pula aliran sungai-sungai besar yang melewati wilayah Kabupaten Tangerang,” ungkap Asisten Daerah (Asda) l Bidang Kesra, Heri Heryanto, Sabtu 7 Maret 2020.



Heri mengatakan MoU bersama sejulamh unsur itu dilakukan sebagai program sekolah tangguh bencana. Selain itu Heri juga mengingatkan warga agar lebih waspada dan proaktif dalam menghadapi bencana. Selain itu memberi informasi yang akurat kepada Pemkab Tangerang, sehingga penanganan bencana bisa dilakukan secara tepat dan akurat.



“Mungkin bencana yang terjadi selama ini hanya bencana-bencana lokal yang berada di titik rawan bencana seperti banjir, air laut pasang dan angin puting beliung,” ucapnya.



Sekertaris 1 RAPI 3004 Wilayah Kabupaten Tangearang, Oktalio Wahyudi mengatakan, nota kesepakatan itu digagas untuk menjalin kerjasama antara Pemkab Tangerang bersama RAPI. Kerjasama itu terutama soal penyampain informasi kepada warga karena RAPI adalah wadah dan alat komunikasi seperti handy talky (HT).



“Anggota RAPI selalu membekali diri dengan HT, juga selalu terjun membantu untuk kemanusiaan,” katanya. (Nursanto DC/A1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here