Banjir Bandang Lebak, Jokowi Sebut 30 Jembatan Rusak

0
415

LEBAK,BANTENDAY.co.id- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau ke beberapa titik lokasi terdampak bencana banjir bandang dan longsor yang menimpa 6 Kecamatan di Kabupaten Lebak, Selasa (7/1/20)

Sebelum mendatangi posko pengungsian Gedung Serbaguna Kec. Lebakgedong, Presiden RI terlebih dahulu melihat salah satu gedung Pondok Pesantren yang terdampak bencana di Kecamatan Cipanas.

Dalam kesempatan itu Jokowi mengatakan akan segera menindaklanjuti laporan kerusakan infrastruktur sebanyak 30 Jembatan permanen dan non permanen yang menghubungkan antar desa dan wilayah.

“Tadi dilaporkan ada 30 Jembatan penting yang menghubungkan antar desa, antar wilayah, saya minta agar segera diselesaikan, tadi saya udah perintah Menteri PUPR agar dalam tiga atau empat bulan semuanya bisa diselesaikan,” kata Jokowi

Selain Jembatan, Pemerintah pusat juga akan memperbaiki kerusakan gedung sekolah yang hanyut terbawa arus dan beberapa rusak berat serta akan mendata 1.410 rumah warga yang rusak.

“Ada juga sekolah yang rusak sebanyak 19, saya sudah perintah juga ke Kementerian Mendikbud dan PUPR agar segera diperbaiki, rumah yang rusak tadi dilaporkan Ibu Bupati ada 1.410 ini akan kita data dilapangan secara lengkap,” ujarnyam

Untuk pemulihan pasca bencana banjir bandang dan longsor, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, Pemerintah Daerah tidak bisa menyelesaikan dalam waktu yang singkat tanpa dibantu Pemerintah Provinsi dan Pusat, mengingat banyaknya kerusakan infrastruktur yang harus diperbaiki.

“Untuk pemulihan pasca bencana ini, tentunya Pemerintah Daerah perlu dbantu Pemerintah Provinsi dan Pusat, mengingat banyaknya kerusakan infrastruktur yang harus segera diselesaikan,” jelasnya.

Seusai itu, sebanyak 1.067 Kepala Keluarga pengungsi Gedung Serba Guna menyambut gembira kedatangan orang nomor 1 di Indonesia yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Juliari P Batubara, Menteri Kesehatan dr. Terawan, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya serta anggota Forkopimda.

Setelah mengunjungi Kecamatan Lebakgedong dan Cipanas, Presiden RI beserta rombongan langsung melanjutkan perjalanan guna melihat kondisi 509 Kepala Keluarga yang tinggal di posko pengungsian Gedung PGRI Kecamatan Sajira, kemudian menuju Dodiklatpur Ciuyah untuk kembali melalui jalur udara.

Bencana alam banjir bandang dan tanah longsor pada 1 Januari 2020 di Kabupaten Lebak menimbulkan sebanyak 46 Titik Lokasi bencana yang tersebar di 30 desa pada 6 Kecamatan yaitu Kecamatan Lebakgedong, Cipanas, Curugbitung, Maja dan Cimarga.

Bencana pada awal tahun 2020 ini menelan korban jiwa sebanyak 10 orang, selain itu juga menyebabkan kerusakan infrastruktur 30 jembatan permanen dan non permanen, 2 ruas jalan, 1.419 rumah, 19 Gedung Sekolah meliputi PAUD, TK, SD, SMP, untuk bangunan dan tanah SMP 4 Lebakgedong hanyut terbawa arus air, sedangkan gedung SDN 1 dan SDN 2 Banjaririgasi Kec. Lebakgedong mengalami rusak berat. (A1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here