SIAP Berbasis Elektronik, Trobosan Baru Divisi Legal Angkasa Pura 1

0
482

I Wayan Sutawijaya, Vice President legal Angkasa Pura 1

JAKARTA,BANTENDAY.co.id- Divisi Legal PT Angkasa Pura I (Persero)/ AP1 mengadakan Rakornas di Jakarta, sekaligus sosialisasi Analisa Pelayanan Hukum Berbasis Elektronik yang bernama “Sistem Informasi Analisa Pelayanan Hukum” (SIAP), mulai tanggal 9 Desember 2019 sampai dengan 11 Desember 2019.

Rakornas Legal dihadiri oleh seluruh Manager dan analis legal di seluruh Bandar Udara yang di kelola oleh PT Angkasa Pura I.

“Rakornas kali ini meluncurkan SIAP yang merupakan digitalisasi komprehensif atas pelayanan hukum yang terdiri atas pembuatan Legal Drafting, Legal Opinion, Legal Audit, Legal Due Diligence dan Legal Aid. Sistem ini merupakan forum Analisa yang dapat disimak dan diikuti oleh seluruh insan Legal karena terdapat e-learning, real time alert, e-library atas seluruh produk pelayanan legal termasuk rangkaian proses hukum di Pengadilan dan lembaga penyelesaian sengketa lainnya,” jelasnya, Vice President legal Angkasa Pura 1, I Wayan Sutawijaya.

Wayan juga memaparkan, bahwa SIAP di rancang untuk mengedepankan efisiensi birokrasi dalam proses penyediaan layanan hukum termasuk persetujuan yang dibutuhkan, bahkan SIAP memiliki mesin pencari pintar yang dapat menampilkan seluruh produk legal yang serupa atau mirip sehingga produk pelayanan hukum yang diminta akan standard bahkan akan memperkaya produk legal sebelumnya.

“SIAP merupakan produk orisinil yang dikembangkan oleh tim legal Angkasa Pura I sehingga sistem ini dapat di andalkan karena mengenal karakter kerja dan proses bisnis di Angkasa Pura I,” ungkap Wayan dalam penjelasnya.

Pada Rakornas kali ini juga membahas isu-isu utama dalam bisnis kebandarudaraan, yaitu efisiensi birokrasi termasuk penerapan omni bus law, restrukturisasi piutang perusahaan dan perkuatan inti bisnis perusahaan.

Wayan menegaskan bahwa Legal Angkasa Pura I bukan merupakan unit supporting tetapi merupakan unit utama yang wajib memimpin seluruh lini proses bisnis di Perusahaan, karena seluruh hasil proses kerja Legal dijadikan rekomendasi utama Direksi di dalam mengambil keputusan, sehingga insan legal harus kreatif, lincah dan tajam pemikirannya.

Disamping itu Rakornas juga menghadirkan pembicara dari unsur Kejaksaan yaitu Amir Yanto yang merupakan Direktur Pertimbangan Hukum Kejaksaan Agung RI dan Robert Waloni yang merupakan aviation expert.

Sebagaimana diketahui beberapa waktu yang lalu, AP1 berhasil meraih penghargaan In House Team of The Year Indonesia Law Award 2019.

Penghargaan ini merupakan hasil kinerja terbaik Divisi Legal yang dipimpin wayan dan merupakan kado di penghujung tahun 2019.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here