Pemdes Margaluyu Sajira Lebak Dorong Pengrajin Bambu Kembangkan Produk Lokal

21
585

Kepala Desa Margaluyu, Yahya

LEBAK,BANTENDAY.co.id-Pemerintah Desa Margaluyu Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, terus berupaya menumbuhkan ekonomi warga dengan berbagai terobosan.

Selain melakukan perbaikan infrastruktur jalan sebagai sarana pendukung, juga produk lokal hasil kerajinan warga terus dipertahankan dan dikembangkan. Sehingga roda ekonomi warga desa terus tumbuh.

Produk hasil kerajinan tangan warga Desa Margaluyu, yaitu berupa peralatan dapur tradisional yang terbuat dari bahan baku bambu dan digunakan secara turun temurun olah warga desa. Meskipun kini hampir punah tergilas jaman dengan derasnya alat-alat elektronik yang modern, namun Pemdes Margaluyu mencoba mempertahankan produk lokal dan tradisional tersebut.

“Memang tidak mudah mempertahankan atau melestarikan produk lokal yang harus bersaing dengan produk modern yang serba mudah dan cepat, tapi kami tetap berjuang mempertahankan dan bahkan mengembangkan produk hasil kerajinan tangan warga dari bahan baku bambu itu” ungkap Kepala Desa Margaluyu, Yahya kepada bantenday.co.id, Kamis 4 Juli 2019.

Sebab itu kata Yahya pihaknya terus mendorong warga pengrajin sejumlah peralatan memasak tradisional yang terbuat dari bambu tersebut. Hal itu dimaksudkan dapat memberi nilai tambah bagi ekonomi warga dari hasil kerajinan tangan tersebut.

“Produk kerajinan tangan berupa alat memasak orang disini menamkanya, sair, hihid, nyiru dan aseupan. Kesemuanya terbuat dari anyaman bambu,” paparnya.

Yahya mengaku bersyukur meskipun harus bersaing dengan peralatan modrn, namun produk kerajinan tangan yang terbuat tangan itu kini mulai berkembang kembali, terbukti sudah banyak peminat bukan hanya dari wilayah Sajira, namun ternyata pesanan juga datang dari luar daerah.

“Sebab itu kami terus mendorong pengrajin untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya, sehingga warga mendapat penghasilan dari hasil kerajinan tersebut,” ujarnya.(Apud/Aa)

21 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here