Banyak Dikunjungi Wisatawan, Fasilitas Danau Biru Tangerang Perlu Maksimal

16
739

TANGERANG,BANTENDAY.co.id – Pesona danau Biru yang berada di Kampung Cigaru Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang, menjadi daya tarik tersendiri. Suasana danau yang indah memikat warga Tangerang bahkan Jakarta untuk sedikit melepas penat dari sibuknya ibukota.

Seorang Warga Cigaru Kardi, mengaku banyak pengunjung yang sengaja datang ke tempat wisata, baik itu dari Tengerang, Jakarta bahkan ada pengunjung datang dari Bogor Jawabarat.

Pelaku usaha kecil menengah yang berada dikawasan danau biru itupun ikut terbantu dengan adanya danau tersebut.

Angota Pokdarwis Cisoka, Suwito berharap Pemkab Tangerang mengembangkan obyek wisata tersebut, dengan menambah sejumlah fasilitas wisata.

“Kami harap Pemkab segera menambah fasilitas danau biru, agar pengunjung meningkat,” harapnya, Rabu 3 Juli 2019.

Danau atau telaga Cigaru lahir akibat dari aktivitas penggalian pasir dari tahun 2006 sampai 2012. Setelah mencapai kedalaman maksimal dan sudah tak dapat digali lagi, tempat ini lambat laun ditinggalkan dan hujan memunculkan genangan seperti genangan air pada umumnya, namun di kemudian hari warna airnya bisa berubah-ubah.

Walaupun diberi embel-embel ‘biru’, air di Telaga Biru Cigaru sejatinya mempunyai tiga telaga disertai warna berbeda-beda, antara lain biru, hijau dan hijau toska. Telaga yang berwarna hijau toska merupakan warna perpaduan dari kedua telaga.

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perubahan warna biru di telaga lantaran tingkat keasaman airnya. Ditambah keberadaan alga ganggang yang bisa berubah warna ketika terkena sinar matahari langsung.

Bekas galian tambang pasir membuat Telaga Cigaru memiliki tebing pasir berwarna putih. Nah, di sinilah para pengunjung sering menghabiskan waktunya dengan duduk santai serta mengabadikan gambar berlatar belakang danau biru. (Nursanto/A1)

16 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here