Warga Warunggunung Lebak Alami Krisis Air Bersih

0
532

LEBAK,BANTENDAY.co.id – Warga Kampung Oteng Pasir Desa Padasuka Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak, mengalami krisis air bersih. Akibatnya warga harus mencari sumber air bersih yang lebih jauh, untuk kebutuhan sehari-hari.

Akibat krisis air bersih, warga terpaksa harus berjalan kaki dengan menempuh jarak hingga ratusan meter. Itupun warga harus bersusah payah melawati area persawahan yang mengering dan masuk kedalam hutan untuk mengambil air bersih di sumur.

Bermodalkan sebuah ember atau jerigen kecil para warga ini pun bergantian mendatangi sumur tersebut. Tak jarang warga harus mengantri dan kerap tidak kebagian air lantaran kapasitas sumber air sangat kecil dan mudah habis.

Warga Kampung Oteng Pasir, Sartiwi mengaku harus turun keadalam sumur dan mengambil air di mata air yang dibuat dan sumur yang masih terdapat persediaan air bersih.

“Ya harus turun ke bawah untuk mengambil air yang ada di lubang sana,” kata Sarwiti, Senin (1/7/2019)

Sarwiti mengukapkan, warga hanya bisa memanpatkan sumur tersebut untuk kebutuhan sehari – hari mulai dari mandi,mencuci dan berwudhu,karena air di sumur warga dan tempat lainya sudah mengering

“Sumur di rumah sudah mengering semua, jadi semua warga ngambil air di sini,” ungkapnya

Sementara Entin, warga lainnya mengatakan krisis air bersih sudah berlangsung hampir satu bulan lebih, dan hampir setiap hari warga berebut air sejak pagi hari.

“Harus ngantri dari pagi sudah pada kumpul dan biasanya tar sore juga,” katanya.

Warga mengaku hingga saat ini belum belum ada bantuan atau upaya penanggulangan krisis air bersih yang dilakukan Pemkab Lebak. (A1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here