Ikut Pelatihan Disnakertrans Lebak, Lima Perempuan Ini Siap Jadi Bengkel Motor

0
296

LEBAK,BANTENDAY.co.id-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lebak, kembali menggelar pelatihan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, di Gedung UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Lebak di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Jl raya Cipanas kecamatan Sajira, pada Selasa 11 Juni 2019.

Namun dalam pelatihan ini ada yang beda dari pelatihan biasanya, pasalnya peserta pelatihan otomotif dari kalangan perempuan. Padahal biasanya pelatihan perbengkelan itu selalu hanya diikuti peserta laki-laki.

Dari 32 peserta terdapat lima orang peserta perempuan mengikuti pelatihan otomotif, sementara yang lainya mengikuti pelatihan komputer. Kelima orang peserta perempuan asal Kecamatan Cimarga yang mengikuti pelatihan otomotif itu diantaranya, Danisa (20), Erika (18), Sindy (18), Tiara (17) dan Siti Uminah (17). Mereka mengaku menyukai otomotif sehingga mengikuti pelatihan tersebut.

Baca Juga :  Program Jamsosratu di Lebak Rawan Diselewengkan

“Ya pengen belajar otomotif aja,” kata Erika.

Kepala Disnakertrans Lebak, H Maman SP mengatakan, pelatihan dan pembinaan yang dilakukan tersebut untuk meningkatan kualitas dan Produktivitas calon tenaga kerja sesuai keahliannya masing-masing dan menanamkan jiwa kewirausahaan pada peserta.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan calon tenaga kerja dan wirausahawan yang potensial sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan dunia usaha,” katanya.

Baca Juga :  KPK Dorong Implementasi Jaga pada Sektor Desa di Lebak

Selain itu kata Maman, pelatihan ini adalah bagian dari konsentrasi Pemerintah Kabupaten Lebak dalam mengurangi angka pengangguran.

“Ini jadi perhatian. Ibu Bupati tujuannya untuk menekan angka pengangguran di Lebak,” katanya.

Diharapkan pengetahuan yang di dapat para peserta dalam pelatihan kata Maman, dapat bermanfaat baik di perusahaan tempatnya bekerja mau pun bagi peserta yang berniat berwirausaha sendiri.

Baca Juga :  Pramuka Kwaran Banjarsari Gelar Musran

Maman mengungkap, ada yang menarik pada pelatihan yang dilakukan pihaknya saat ini. Dimana ada lima orang perempuan asal Kecamatan Cimarga mengikuti pelatihan perbengkelan (Otomotif) kendaraan jenis motor.

“Ini luar biasa dan baru sekarang ini ada perempuan memilih mengikuti pelatihan otomotif. Untuk menyalurkan bakat mereka, tentu kami akan berkoordinasi dengan perusahaan otomotif untuk di magangkan,” ungkap Maman.(A1)

Tinggalkan Balasan