Pengawalan Ketat De Jong Berbuah Juara UEFA Nations Untuk Portugal

0
283
Goncalo Guedes jadi bintang kemenangan Portugal.Goncalo Guedes jadi bintang kemenangan Portugal. (Action Images via Reuters/Carl Recine)
Goncalo Guedes jadi bintang kemenangan Portugal.Goncalo Guedes jadi bintang kemenangan Portugal. (Action Images via Reuters/Carl Recine)

Olahraga, BANTENDAY.co.id – Pelatih timnas Portugal Fernando Santos menilai kemenangan timnya di final UEFA Nations League dengan mengalahkan Belanda 1-0 di Stadion Dragao, Senin (10/6) dini hari WIB, karena sukses mematikan pergerakan Frenkie de Jong.

Portugal yang dihuni banyak pemain senior ditahan imbang 0-0 oleh Belanda dengan mayoritas pemain muda. Gol kemenangan Selecao das Quinas itu baru tercipta di menit ke-60 lewat gol Goncalo Guedes yang memanfaatkan assist Bernardo Silva.

Baca Juga :  Pengembangan Wisata Bayah Dome Lebak Jadi Kawasan Geopark

Di sepanjang pertandingan, penguasaan bola menjadi milik Belanda. Tetapi timnas Portugal menyerang dengan efektif setelah melepaskan 12 tembakan ke arah gawang Belanda, empat di antaranya tepat sasaran.

Usai pertandingan Fernando Santos mengungkapkan faktor kunci kemenangan timnya atas Belanda di UEFA Nations League edisi pertama ini.

Frenkie de Jong mendapat pengawalan ketat dari pemain Portugal. (Action Images via Reuters/Carl Recine)
Frenkie de Jong mendapat pengawalan ketat dari pemain Portugal. (Action Images via Reuters/Carl Recine)

Bagi Santos, mematikan pergerakan gelandang muda Frenkie de Jong adalah aspek utama keberhasilan timnya juara UEFA Nations League.

Baca Juga :  Tiga Anggota Sat Samapta Polres Lebak Gelar Patroli Bersepeda

De Jong dianggap sebagai salah satu pemain yang memegang kontrol pemainan Tim Oranye. Karena itu, pergerakan gelandang yang musim depan bermain di Barcelona itu perlu dibatasi.

“Kami menyadari kualitas gelandang tim Belanda dan De Jong, seorang kreator hebat dengan potensi besar,” ucap Santos dikutip dari Sportskeeda.

“Kami tahu bahwa jika kami membatasi kebebasannya, kami akan unggul. Instruksi kepada pemain saya adalah memainkan bola dan menyeimbangkan pertahanan kami dengan mengawasi pergerakan De Jong dan [Virgil] van Dijk,” Santos menambahkan.

Baca Juga :  UIN Taekwondo Championship 3, SNTC Segel 17 Medali

Trofi UEFA Nations League adalah yang kedua bagi Fernando Santos setelah Piala Eropa 2016. Santos yakin edisi pertama ini akan menjadi pertandingan klasik.

“Seluruh keluarga sepak bola Eropa tampil di sini, dan memenangi edisi pertama adalah kegembiraan. Ini akan ada dalam sejarah,” kata Santos. (sry/ptr/cnnindonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here