Tinjau Pelabuhan Merak, Wakapolri: Kalau Ada Penumpukan di Pelabuhan Harus Diinfokan ke Pemudik

0
198

MERAK,BANTENDAY.co.id-Untuk memastikan arus mudik berjalan lancar, Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Ari Dono Sukmanto Jum’at pagi tadi memantau arus mudik lebaran 2019 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (31/05/2019).

Wakapolri didampingi Kapolda Banten Irjen Pol. Tomsi Tohir, Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Al Muktabar dan jajaran Kepolisian serta jajaran ASDP Cabang Merak.

Dalam kunjungannya Wakapolri beserta rombongan melihat secara langsung aktivitas arus mudik yang terjadi di Pelabuhan merak.

Selanjutnya Wakapolri menyempatkan berbicang dengan pemudik yang mengunakan kendaraan roda 2, dan menanyakan langsung bagaimana situasi pelabuhan dari segi kenyamanan dan kemanan di pelabuhan merak ini.

“Mereka merasa sangat puas karena fasilitas untuk para pemudik masuk ke pelabuhan seperti disiapkan tenda selama mengantri untuk naik ke kepal, sangat puas,” ujar Wakapolri.

Ari Dono juga mengatakan pelabuhan penyebrangan merak ini jauh lebih baik dari sebelumnya. “Bisa kita lihat di dermaga VI ini begitu bagus saran prsarana yang di berikan untuk para pemudik,” ujarnya.

Sekarang , lanjut Ari tidak ada lagi kemacetan yang begitu signifikan, ini karena berkat kerjasama pihak terkait.

“Namun saya harapkan apabila ada kemacetan atau penumpukan kendaraan untuk di infokan kepada pemudik agar mereka dapat berhenti atau beristirahat di titik- titik yang ditentukan atau rest area sehingga tidak menupuk di pelabuhan merak,” jelas Ari.

Selain hal tersebut, Wakapolri juga mengharapkan semua pihak yang terlibat untuk memprsiapkan hal hal yang tidak terduga, contohnya antisipasi adanya pemudik yang melahirkan, serta menyiapkan toilet mobile di titik titik kemacetan.

Wakapolri mengatakan dari hasil pantauanya maupun laporan dari Kapolda Banten bahwa beberapa hari lalu ada peningkatan kendaraan yang melintas di daerah merak, untuk kendaraan roda empat sampai dengan 56 persen dan untuk kedaraan roda dua sekitar 200 persen lebih.

”Tetapi saya lihat pelayanan dari pemerintah daerah mapun pihak pelabuhan cukup signifikan untuk kesiapan pasilitas-pasilitas yang ada,” imbuhnya.

Sekda Banten Al Muktabar dalam keteranganya mengatakan bahwa Provinsi Banten dalam batas kewenangannya dan kemampuan terus melakukan pelayanan secara optimal dalam rangka menyambut Idul Fitri terutama koordinasi terkait arus mudik di pelabuhan merak. Selain itu, mengenai hal hal teknis pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pemeritah pusat untuk mengambil langkah-langkah tindakan khusus dalam rangka melayani masyarakat.

“Kita bersama-sama Wakapolri melakukan tinjauan langsung arus mudik ke dermaga VII pelabuhan merak, beliau mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan pemerintah, Polri, pihak pelabuhan maupun pihak terkait dalam mengatisipasi arus mudik ini cukup baik,” kata Sekda (sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here