Di Bulan Ramadan, Ponpes Mabdaul Hidayah Lebak Kaji Kitab Kuning

0
423

Pimpinan Ponpes Mabdaul Hidayah Kampung Cikuda, Kelurahan Rangkasbitung Barat Kabupaten Lebak, /foto: Sukaeji/bantenday.co.id

LEBAK, BANTENDAY.co.id– Para santri di sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Lebak, Banten, mendalami dan melakukan kajian kitab kuning selama Ramadan.

Seperti di Ponpes Mabdaul Hidayah Kampung Cikuda, Kelurahan Rangkasbitung Barat Kabupaten Lebak, Selain kajian kitab kuning, juga para santri mengkitu tadarus Al-Qur’an dan belajar qiroat untuk menjadi seorang qori.

Sebelum berbuka puasa bersama, para santri menyiapkan menu untuk berbuka, seperti membuat minuman air kelapa dan memasak nasi dengan menggunakan kayu bakar, dan ada pula santirawati yang sudah menggunakan kompor gas.

“Pengkajian untuk memperdalam kajian kitab kuning yaitu Alfiah dan Fiil gofilin, sudah menjadikan tradisi selama bulan Ramadan,” kata Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Rangkasbitung KH Dase Sopyan, di Rangkasbitung Selasa 14 Mei 2019.

Mereka para santri yang memperdalam kitab kuning itu datang dari berbagai daerah dari Lebak ataupun dari luar daerah Lebak

Pengajian khusus kitab kuning tersebut melalui coretan dengan menggunakan tinta untuk memaknai isi kitab itu.

Sebab, kata dia, kitab kuning atau kitab gundul karena huruf-hurufnya belum memiliki tanda baca dzoma, fathah dan kasrah.

Selain itu, makna harfiah bisa berubah dan perlu pengkajian khusus serta diskusi sehingga mereka memiliki kompetensi di bidang pengetahuan agama Islam.

Metode pengajian khusus itu setelah kiai atau ulama menyampaikan kajian kitab kuning kepada santri atau peserta didiknya.

Pengkajian kitab kuning, antara lain ilmu Fiqih, Akidah, Tasauf, Ibadah, Muamalah dan Tafsir Al Quran.

Pendalaman ilmu Fiqih, katanya, seperti kitab Fathul Muin, Tafsir Al Quran kitab Jalalen, dan ilmu kalimat bahasa Arab kitab Alfiyah dan Nahu.

“Kami berharap pengkajian kitab kuning diharapkan santri mampu membaca kitab gundul dengan benar juga memaknainya,” katanya.( Sukaeji/A1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here