Berbuka Puasa Dengan Ketan Bintul, Makanan Favorit Sultan Banten

0
406

BANTENDAY.co.idKetan bintul merupakan makanan khas Banten. Warga Banten menyukai dan menggemari kudapan satu ini karena rasanya yang lezat.

Ketan bintul ini dulunya merupakan makanan favorit sultan Banten pada zaman kesultanan Banten. Ketan bintul biasanya hanya muncul selama bulan suci Ramadan saja. Pada saat bulan Ramadan banyak masyarakat di Banten yang menjual ataupun yang membuatnya sendiri, untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Ketan bintul terbuat dari bahan dasar ketan dan serundeng (parutan kelapa). Untuk membuat ketan bintul khas Banten ini cukup mudah kok, berikut langkah pembuatannya.

Bahan dan Olahan Ketan Bintul

250 ml santan kental, dari 1/2 butir kelapa parut.
Garam dapur sesuaikan dengan selera200 gram beras ketan.
Rendam selama 20 menit
100 gram kacang tolo.
Daun pisang
Minyak sayur, untuk mengoles.

Bahan Serundeng

100 gram kelapa setengah tua, yang sudah diparut4 lembar daun jeruk2 lembar daun salam1/4 sdt gula pasir
2 buah cabai merah keriting
10 butir bawang merah
4 buah cabai merah besar
4 siung bawang putih

Rebus santan dan masukkan garam dapur secukupnya sambil diaduk perlahan hingga mendidihMasukkan beras ketan, masak jangan lupa sambil diaduk ya. Sampai air terserap habis ke dalam ketanAngkat lalu kukus di dalam wadah tempat pengukusan panasan sampai matangAngkat adonan ketan selagi panas, tumbuk ketan sampai terasa halusSiapkan loyang datar berukuran 18 x 10 x 3 cm. Berikan alas pada loyang dengan daun pisang, olesi minyak goreng hingga merataSendokkan ketan tumbuk di atasnya serta ratakan adonan ketan

Adonan serundeng:

Campurkan semua bahan serundeng. Sangrai di atas api kecil hingga setengah kering Angkat adonan serundeng, haluskan dan sangrai kembali serundeng hingga kering

Setelah pembuatan adonan ketan sudah selesai, belah atau potong ketan menjadi berbentuk kotak, dan bisa juga ketan dibuat berbentuk bulat. masukan taburan serundeng ke atas ketan yang sudah dibentuk menjadi kotak atau berbentuk bulatMakanan ketan bintulpun sudah jadi, dan siap dihidangkan untuk menjadi menu saat berbuka puasa.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here