Gapura Bambu Artistik Festival Seni Multatuli Menarik Perhatian

0
1556

BANTENDAY.co.id – Nuansa seni Festival Seni Multatuli (FSM) 2018 mulai terasa di Alun-alun Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Hal yang menjadi perhatian adalah gapura bambu artistik di sekitar Alun-alun.

Panitia Festival Seni Multatuli 2018 yang merupakan gabungan masyarakat, seniman, dan pemerintah (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lebak) kurang dari empat bulan telah secara intensif mempersiapkan pelaksanaan festival tersebut.

Untuk memperindah lokasi pelaksanaan para seniman lebak mulai berbenah menghias Alun-alun Kota Rangkasbitung sebagai pusat pelaksanaan kegiatan Festival. Gapura Bambu mulai dipasang di beberapa sisi ke alun-alun untuk menambah nuansa seni dan budaya di tengah festival.

Upaya pemerintah dalam membangun ekosistem kebudayaan dalam rangka perwujudan pelaksanaan Undang-Undang No. 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan secara perlahan mulai dirasakan. Platform Indonesiana menjadi salah satu wadah perwujudan pelaksanaan program kebudayaan.

Festival Seni Multatuli 2018 adalah salah satu cara mengenalkan sejarah kepada masyarakat terutama kaum muda di Kabupaten Lebak secara menyenangkan. Melalui Museum Multatuli dan Multatuli Arts Festival dengan beragam kegiatan di dalamnya.

Festival ini sebagai bagian dari ikhtiar mengenalkan Multatuli dan Museum Multatuli kepada masyarakat secara gotong royong. Multatuli, pengarang yang memberikan ilham kemerdekaan, harmoni, kesederajatan, keberagaman, dan kemanusiaan kepada dunia.

Festival Seni Multatuli yang untuk pertama kali diadakan di Kabupaten Lebak merupakan hasil kerja bersama antar sub ekosistem kebudayaan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang saling mendukung untuk menghidupkan geliat event kebudayaan di Kabupaten Lebak. Festival Seni Multatuli dirangkai dalam suatu rangkai kegiatan. (A1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here