Material SIM di Polres Pandeglang Kosong

0
241

PANDEGLANG,BANTENDAY.CO.IDMeskipun material Surat Izin Mengemudi (SIM) yang tersedia di Polres Pandeglang, mengalami kekosongan terhitung sejak Rabu (11/7/2028. Namun, pelayanan pembuatan SIM terhadap masyarakat tetap berjalan.

Kasat Lantas Polres Pandeglang, AKP Tesyar Rhofadli mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan membuat SIM, Polres Pandeglang tetap melakukan pelayanan meskipun material SIM sudah habis.

“Material SIM di Polres Pandeglang, terhitung hari ini sudah habis. Jadi, untuk mengganti itu kita menggunakan surat keterangan terlebih dahulu yang berlaku di Pandeglang saja. Namun untuk pelayanan tetap berjalan tidak ada masalah sama sekali,” kata Tesyar diruang kerjanya, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, untuk mengganti surat keterangan yang telah diberikan, sekitar dua hari akan diganti dengan material SIM dengan cara menghubungi pemohon setelah memberikan nomor telepon yang telah diberikan.

“Kalau yang sudah-sudah, setelah dua hari orangnya kita telpon dan suruh mengambil SIM tersebut bagi yang telah lulus. Bagi yang berhalangan, kita yang akan mengantarkannya ke rumahnya,” ujarnya.

Kelangkaan material SIM tersebut, lanjut Tesyar, karena adanya kendala distribusi yang terjadi di pusat. Namun, kendala tersebut terjadi paling lama hanya sekitar dua saja dan selanjutnya terpenuhi kembali.

“Dari pusatnya seperti itu, mungkin ada kendala distribusi saja. Seperti minggu kemarin, itu cuma dua hari terpenuhi lagi. Mungkin ini juga sedang diusahakan ke pusat agar secepatnya bisa memenuhi kebutuhan material SIM yang sudah kosong dan untuk minggu ini baru terjadi pada hari ini saja,” terangnya.

Tesyar menambahkan, pihaknya memastikan kekosongan material SIM tidak mengganggu pelayanan. Apalagi dalam sehari, pemohon SIM di Pandeglang hanya berkisar sekitar 50 pemohon pembuatan baru dan 20 pengajuan perpanjangan SIM.

“Jika diakumulasi, kebutuhan kuota material dalam satu bulan untuk wilayah Pandeglang, sekitar 1.500 material dan yang paling banyak pemohon pembuatan SIM C, intinya pelayanan tidak terganggu. Kami pun sudah sampaikan kepada masyarakat. Apalagi keterlambatan ini bukan hanya di Pandeglang, tetapi juga terjadi di hampir seluruh wilayah lain di Indonesia,” jelasnya.

Untuk mengethaui kapan situasi akan normal kembali, Tesyar mengatakan, pihaknya belum mengetahuinya karena sejauh ini Polres sifatnya hanya menunggu dari Poda Banten.

“Informasi keterlambatan dan kekosongan ini kami belum tahu, termasuk sampai kapan situasinya bisa normal lagi,” ucapnya (A3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here