Festival Cikoromoy 2018 Suguhkan Kearifan Lokal

0
504

 

PANDEGLANG,BANTENDAY.co.id-Penyelenggaraan event Festival Cikoromoy 2018, yang diselenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) Pandeglang, dengan tema “Mencintai Wisata, Kuliner dan Kesenian Pandeglang Dengan Sepenuh Hati” mendapat respon dari masyarakat. Meskipun diwilayah Pandeglang, banyak destinasi wisata yang menjadi favorit tujuan para wisatawan, namun penyelenggaraan Festival Cikoromoy 2018 menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk dikunjungi.

Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan yang datang pada event tersebut, jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisatawan pada hari biasa yang hanya sekitar kurang lebih sekitar 500 orang. Namun, dengan adanya penyelenggaraan Festival Cikoromoy 2018 jumlah pengunjung meningkat hingga 2000 orang, bahkan pada Sabtu dan Minggu bisa mencapai 3000 orang.

“Animo masyarakat yang datang berkunjung dalam penyelenggaraan Festival Cikoromoy 2018 sangat tinggi, bahkan saya sendiri tidak menyangka event ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung yang sangat signifikan,” kata  Kasi Obyek Wisata Bidang Pengembangan Dispar Pandeglang, Cicih Nurlaela, Jum’at (22/6).

Menurutnya, acara yang diselenggarakan sejak 16 hingga 24 Juni 2018, di kawasan Wisata Kolam Renang Prestasi Cikoromoy, Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang, tersebut juga menyelenggarakan Bazar kuliner, Parade Band, Pentas Kesenian Daerah dan doorprize.

“Mungkin ini yang menjadi daya tarik para wisatawan yang datang, selain menikmati wisata kolam pemandian mereka dimanjakan dengan sajian kegiatan bazar kuliner dan pentas kesenian yang menonjolkan kearifan lokal. Terus terang saja kegiatan ini murni non APBD, kita rangkul para sponsor untuk penyelenggaraan kegiatan ini,” terangnya.

Tujuan dari kegiatan ini, lanjut Cicih, selain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada di buferzone pariwisata terutama masyarakat yang ada di lokasi wisata Cikoromoy.

“Jika lokasi wisatanya menjadi daya tarik wisatawan, otomatis jumlah pengunjungnya akan meningkat dan tentunya PAD juga akan tercapai. Selain itu, masyarakat yang ada disekitar lokasi tempat wisata juga dapat memanfaatkannya dengan menjual kuliner khas Pandeglang,” ujarnya.

Kepala Dispar Pandeglang, Salman Sunardi mengatakan, kegiatan ini memang tidak ada dalam jadwal kegiatan 2018. Namun,  ini merupakan sebuah gagasan bagus untuk memajukan wisata kolam renang berprestasi di Pandeglang.

“Ini ide yang bagus, tahun depan kegiatan Festival Cikoromoy ini harus masuk di agenda tahunan karena untuk akses Cikoromoy cukup bagus dapat dijangkau darimana saja dan sangat potensial,” katanya.

Menurutnya, event ini merupakan event pertama yang di selenggarakan di kolam renang Prestasi Cikoromoy, sebagai upaya untuk mempromosikan destinasi wisata serta melestarikan kearifan lokal baik kesenian maupun kuliner yang ada di Pandeglang.

“Event ini merupakan event perdana yang di selenggarakan di Cikoromoy, sebagai upaya untuk mempromosikan obyek wisata kolam renang Cikoromoy,” ungkapnya.(A3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here