Ruang Kelas SMAN 1 Cilograng Ambruk

0
437

LEBAK- Diduga akibat kontruksi rangka atap baja ringan tak kuat menahan beban, satu unit ruangan kelas SMAN 1 Cilograng tiba-tiba ambruk, sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (6/6).  Dalam insiden ambruknya atap ruang kelas sekolah tersebut tak ada korban jiwa, lantaran tidak ada kegitan belajar mengajar.

Wakil Kepala Bidang Kehumasan SMAN 1 Cilograng Rahmat Haidir menyebutkan ambruknya ruang kelas dengan matrial atap baja ringan dan genting plentong itu diduga akibat dampak gempa bulan Januari 2018 lalu.

“Mohon jangan salah istilahnya, kalau roboh kan semuanya, ini hanya rangka baja dan genting satu ruang yang roboh sekitar pukul 09.00 WIB pada Selasa kemarin, kronologis awalnya Januari lalu terjadi gempa, kemudian ruangan itu mengalami dampak gempa dan laporan ini telah di proses dinas,” ujar Rahmat.

Menurut Rahmat, pembangunan ruang kelas baru sekolah tersebut dianggarkan dari bansos yang diswakelolakan kepada komite sekolah pada tahun 2013 lalu.

“Perlu diketahui, ruang kelas tersebut dibangun secara bertahap, dan yang roboh tersebut merupakan pembangunan ruang kelas baru pada tahun 2013 dengan anggaran sekira 300 juta, yang dibangun oleh komite sekolah,” katanya.

Pihak SMAN 1 Cilograng membantah ambruknya kontruksi atap bangunan itu bukan karena buruknya kualitas material kerangka baja, namunnakibat dampak gempa yang terjadi Januari lalu.

“Akibat gempa, dan sebelumnya telah ada tanda-tanda keretakan dinding, kemudian kami memindah siswa ke ruangan yang lain untuk KBM, jadi saat kejadian ruangan tersebut sudah dikosongkan” jelas Rahmat.

Bagian kontruksi atap baja ringan dengan genting plentong ambruk akibat tak kuat menahan beban berat itu yakni satu ruangan kelas XI, dan dua ruang kelas lainnya dikosongkan untuk menghindari kemungkinan ambruk.(A1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here